Menu

Mode Gelap
Terungkap 7 TKP Dalam Rekontruksi Pembunuhan Yang Digelar Polres Tanjungbalai Hindari Mecat dan Pelanggaran, Satlantas Polres Tanjung Balai Laksanakan KRYD Ciptakan Sitkamtibmas Yang Kondusif Kapolres Dairi Lounching Program Lapor Pak Kapolres Maraknya Galian C Ilegal Kredibilitas SDM PTPN IV Unit Kebun Balimbingan Di Pertanyakan Tangkap Pelaku Ekspor Minyak Goreng? BEM PTNU Apresiasi Langkah Polri

Tak Berkategori · 10 Okt 2021 09:23 WIB ·

Siaga Bencana, Kogana Sumut Beri Pengenalan Dasar Pelatihan Water Rescue


 Siaga Bencana, Kogana Sumut Beri Pengenalan Dasar Pelatihan Water Rescue Perbesar


Medan, NET24JAM.ID – Komunitas Siaga Bencana (Kogana) Sumatera Utara (Sumut) memberikan Pengenalan Dasar Pelatihan Water Rescue kepada elemen masyarakat di Sumut.

Pengenalan dasar pelatihan water rescue dan Pelatihan dasar Pertolongan Pertama Gawat Darurat (PPGD) yang dilaksanakan di Taman Cadika, Jalan Karya Wisata Kelurahan Gedung Johor, Kecamatan Medan Johor ini dilaksanakan sebagai tindak lanjut dari pernyataan Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi pada apel kesiapsiagaan bencana di Lapangan Pangkalan Udara (Lanud) Soewondo Medan pada hari Senin, (13/9/2021) lalu.

“Pada apel kesiapsiagaan bencana di Lanud Soewondo bulan lalu, Pak Gubsu Edy Rahmayadi mengatakan ada 13 daerah di Sumut yang masuk kelompok risiko tinggi bencana. Pada kesempatan itu, Gubsu meminta semua pihak bersiaga mencegah korban akibat bencana,” ujar Ketua Kogana Sumut, Benny Yudi Purnama di sela pelatihan, Minggu, (10/10/2021).

Oleh sebab itu, lanjut Benny menjelaskan, sebagai tindak lanjut, Kogana ingin berkontribusi dalam penanganan bencana di wilayah Provinsi Sumut.

“Ini bagian dari kontribusi kita untuk penanganan bencana di Sumut. Maka dari itu, kita kerahkan segala potensi yang ada  sebagai tindak lanjut dari program gubernur dalam penanggulangan bencana,” jelasnya.

Oleh karena itu, kata Benny, Kogana berkolaborasi dengan Badan Sar Nasional (Basarnas) Kota Medan dan berbagai elemen lainnya mengadakan pelatihan yang hari ini dikhususkan untuk penyelamatan di air (Water Rescue) dan pertolongan pertama gawat darurat.

“Kita tentu tidak ingin terjadi bencana. Tetapi ketika terjadi kita harus siap. Maka dari itu, kami dari komunitas sudah mempersiapkan relawan siaga bencana dari berbagai elemen-elemen yang ada di Sumut. Pelatihan ini bagian dari persiapan kita,” pungkas Benny.

Pelatihan siaga bencana yang diikuti 51 orang peserta dari berbagai elemen masyarakat di Sumut ini didukung Kepala Kantor Basarnas Kota Medan, Toto Mulyono dan dibuka oleh Jony Supriadi,  Kepala Seksi SDM Basarnas Medan serta Kepala Seksi Operasional Zul Indra.

Sedangkan instruktur yang turut memberikan pelatihan di antaranya ialah Adi Pandawa dari Basarnas Kota Medan.

(Rasid)

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Demi Kenyamanan Warga Polres Tanjung Balai Tugaskan Personil Jaga Lokasi Rekreasi

9 Mei 2022 - 00:58 WIB

Antisipasi Guantibmas, Polres Dairi Gelar Apel Kesiapan Pengamanan Malam Takbir.

1 Mei 2022 - 14:29 WIB

Jaga Situasi Aman Dan Kondusif, Sat Polairud Polres Tanjung Balai Gelar Patroli

25 April 2022 - 14:40 WIB

Pengurus Sub Rayon AMPI Kelurahan Karang Berombak Giat Bagi TakjilJelang Waktu Berbuka Puasa

25 April 2022 - 08:35 WIB

Proyek MCK TA Tahun 2021 Mangkrak, Kabid Perkim Janji Akan Tinjau Lokasi Proyek

19 Januari 2022 - 08:04 WIB

Unit Reskrim Polsekta Belawan Doorr Dua Residivis Rampok Yang Resahkan Warga

14 Januari 2022 - 04:19 WIB

Trending di Tak Berkategori