Menu

Mode Gelap
Plt Bupati Labuhanbatu Doa Di Rumah Duka Personel Kompi 3 Yon B Sat Brimob Polda Sumut Danyonmarhanlan X Jayapura Sambut Silaturahmi Korps Brimob Polda Papua Bentrok Oknum Brimob Vs Anggota TNI di Sorong Berakhir Damai Plt. Bupati Tinjau Persiapan TMMD ke-120 di Desa Selat Beting Diduga Hanyut di Sungai Bilah , Tim BPBD Labuhanbatu Melakukan Pencarian Selama 15 Jam dan Ditemukan Korban Telah Meninggal .

Tak Berkategori · 6 Agu 2021 08:51 WIB · waktu baca : ·

Dugaan Diskriminasi Anak, DPRD Simalungun Didesak RDP Kepastian Hukum


 Dugaan Diskriminasi Anak, DPRD Simalungun Didesak RDP Kepastian Hukum Perbesar


Simalungun, NET24JAM.ID – Lambatnya penanganan kasus diskriminasi Anak yang terjadi di Kabupaten Simalungun membuat Ketua LPA Pematangsiantar yang juga pemegang mandat Plt LPA Simalungun Ida Halanita Damanik, SHut angkat bicara.

Kepada NET24JAM.ID kak ida begitu panggilan namanya, pada Kamis (5/8/2021), menyatakan kegeramannya akan lambatnya proses hukum kekerasan/diskriminasi terhadap anak yang terjadi di Kecamatan Gunung Maligas, dugaan seorang guru agama yang begitu tega menghukum beberapa muridnya dengan menyuruh menyedot air closed toilet memakai pipet dengan mulutnya.

Menurut Ida hal ini telah dilaporkan para orangtua korban melalui pengaduan masyarakat sejak 15 Februari 2021 yang lalu ke Polres Simalungun dan para korban juga saksi telah diperiksa penyidik PPA namun oknum guru tersebut hingga kini belum juga ditetapkan sebagai tersangka.

Baca Juga:  Nyanyi Saat Ditangkap, Maling Daun Pintu Seret Tiga Rekannya ke Sel

“Ada yang janggal, pihak penyidik meminta untuk melengkapi berkas para korban harus di visum psikis, tetapi mereka bilang apapun hasil dari visum psikis belum bisa untuk menetapkan pelaku sebagai tersangka, memang betul untuk menetapkan tersangka perlu alat bukti selain saksi korban dan saksi, menurut saya untuk alat bukti bisa saja pakaian yang digunakan saat terjadi kejadian itu,” jelas Ida.

Baca Juga:  Tekan Laju Covid-19, Mulai 22 Juni Pengetatan PPKM Mikro, Ini Ketentuannya

Lebih lanjut ida mengatakan, menurut informasi yang ia terima pihak penasehat hukum korban telah membuat pengaduan ke Komisi IV DPRD Simalungun.

“Jadi untuk itu, saya berharap pihak Komisi IV DPRD Simalungun yang menangani masalah Ibu dan Anak agar segera memproses dan RDP dengan instansi terkait yaitu Dinas Pendidikan Kabupaten dan Kementerian Agama Simalungun agar keadilan bagi anak di Simalungun ini dapat berjalan dengan baik,” terangnya kembali.

Di sisi lain, penasehat hukum para korban yakni Ikhsan Gunawan, SH., kepada NET24JAM.ID, pada Kamis (5/8/2021), menanggapi akan melakukan berbagai upaya untuk menuntut keadilan bagi para korban.

Baca Juga:  Sat Reskrim Polres Tanjung Balai Ringkus Tersangka 480 Total Kerugian Rp25 juta

“Benar, saya telah mengirim pengaduan ke komisi IV DPRD Simalungun, bahkan untuk yang kedua kali, namun hingga kini belum terlihat untuk ditindak lanjuti, begitu juga nantinya saya akan mengirim laporan ke Kanwil Kementerian Agama Sumut, Bid Propam Poldasu, Ombudsman bahkan ke Kompolnas,” terang Ikhsan.

Sementara Ketua Komisi IV Binton Tindaon melalui Sekretarisnya Andre Sinaga, SPd saat dikonfirmasi awak media Jumat (6/8/2021) melalui pesan whatsapp terkait surat pengaduan masyarakat apakah sudah diterima dan bagaimana tindak lanjutnya hingga saat ini belum memberikan jawaban.

(Bambang)

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Forkopimda Labuhanbatu dan Labura Buka Puasa Bersama Kapolres Labuhanbatu

24 Maret 2024 - 09:13 WIB

Bandar Huluan Gelar Rapat Materi Sosialisasi Penggunaan ADN Dan Dana Desa Tahun 2024

20 Maret 2024 - 05:52 WIB

PTPN IV Ragional II Kebun Dolok Ilir Dan Pengusaha CV Sinar Tenera Sepakat Melakukan Perawatan Jalan Protokol

6 Maret 2024 - 11:43 WIB

Paskas Ajak Masyarakat Kota Tebing Tinggi Untuk Bersedekah

27 November 2023 - 20:03 WIB

BNN Pinjam Pakai Gedung TC Sosial Untuk Tempat Rehabilitasi Penyalahgunaan Narkoba

5 Oktober 2023 - 11:25 WIB

Cabuli Anak Dibawah Umur Warga Naga Kesiangan Di Jemput Polisi Tebing Tinggi

5 Oktober 2023 - 10:24 WIB

Trending di Berita Terkini