Menu

Mode Gelap
Asisten I: Peraturan Kesejahteraan Ibu dan Anak Perlu Dikuatkan dengan Undang-Undang Khusus Plt. Bupati Apresiasi Pelantikan 45 Anggota PPK di Labuhanbatu untuk Pilkada 2024 Polsek Firdaus Sergai Amankan Dua Anggota Geng Motor Meresahkan Warga Hatonduhan Ragukan Integritas KPUD Simalungun, Diduga Langgar Kode Etik Penyelenggaraan Pemilu Picu Kemacetan Depo Milik JIU Resahkan Warga Sekitar Dan Pengguna Jalan

News · 16 Mei 2024 10:15 WIB · waktu baca : ·

Warga Hatonduhan Ragukan Integritas KPUD Simalungun, Diduga Langgar Kode Etik Penyelenggaraan Pemilu


 Warga Hatonduhan Ragukan Integritas KPUD Simalungun, Diduga Langgar Kode Etik Penyelenggaraan Pemilu Perbesar

NET24JAM.ID || Simalungun.- Untuk memuluskan kepentingan ataupun keuntungan golongan/pribadi, KPUD Simalungun diduga lakukan Pelanggaran Kode Etik  Penyelenggara Pemilu 2024 dengan menetapkan oknum-oknumnya di kecamatan tertentu padahal oknum tersebut mulanya bukan berdomisili dikecamatan tersebut. Tapi entah bagaimana caranya untuk melengkapi administrasi pendaftaran sebagai PPK Kecamatan bisa mendapatkan KTP dengan secepat kilat.

Padahal masyarakat Simalungun bisa mengerti sendiri dalam pengurusan KTP tidaklah bisa secepat kilat, lain halnya dengan oknum tersebut walaupun baru pindah tapi dengan mudah mendapatkannya.

Kekesalan warga Hatonduhan terhadap KPUD Simalungun yang dinilai langgar kode etik dikarenakan telah meluluskan dan menetapkan warga tanah jawa berinisial AM sebagai PPK Kecamatan Hatonduhan yang dinilai dipaksakan untuk kepentingan pribadi sehingga dikhawatirkan menimbulkan kemarahan warga

Diketahui pada DPT Pemilihan Umum nama tersebut tercatat sebagai pemilih di kecamatan Tanah Jawa Nagori  Pematang Tanah Jawa dengan Nama Arga Hot Parulian Manurung tetapi di Penetapan KPUD hanya bernama Agra Manurung sehingga menimbulkan adanya Maladministrasi yang melibatkan Disdukcapil Kabupaten Simalungun

Foto : Daftar DPT Nagori Pematang Tanah Jawa

Dengan keluarnya KTP dengan nama Agra Manurung menimbulkan banyak pertanyaan di masyarakat apakah nama tersebut sudah keluar dari KK yang lama, karna yang bersangkutan mendapat KK Tunggal, dan proses pergantian namanya sudah ditetapkan pengadilan.

Baca Juga:  Polisi Ringkus Pelaku Pengoplos Gas Elpiji Subsidi di Labura

Terkait warga Kecamatan Tanah Jawa yang lulus PPK di Kec. Hatonduhan diduga memiliki dua nama. Dan hal ini tidak mungkin tidak diketahui oleh KPU Simalungun, karena kita ketahui bersama KPU pastinya selektif dalam pengecekan berkas administrasi.

Namun sungguh disayangkan, jika satu orang memiliki dua nama ini, diketahui oleh KPU Simalungun namun terjadi pembiaran, bahkan meluluskan menjadi PPK.

Saat pelaksanaan Pileg dan Pilpres, diketahui Arga Manurung memiliki DPT di Tanah Jawa dengan nama Arga Hot. P. Manurung, bahkan dia adalah petugas PPS Kelurahan Tanah Jawa.

Baca Juga:  LKS Almanda Tanggamus Lampung Kunjungi Disabilitas

Dan ianya lulus di Kecamatan Hatonduhan sebagai PPK dengan memakai nama Arga Manurung, yang hari ini beserta PPK se Kabupaten Simalungun dilantik sesuai jadwal yang disahare oleh KPU di Hotel Sing a Song P. Siantar.

Hal ini diungkapkan salah satu warga Kecamatan Hatonduhan yang identitasnya tak ingin disebutkan kepada NET24JAM.ID, Kamis (16/5/2024) Merasa keberatan dan dilecehkan bahkan dikangkangi, seolah olah di Kecamatan Hatonduhan tidak ada SDM yang mampu untuk hal ini.

“Jujur integritas KPU diragukan dan masyarakat Hatonduhan merasa dikangkangi, seperti tidak ada lagi putra kecamatan Hatonduhan yang berdomisili tetap di Hatonduhan yang mampu menjadi PPK. Ini arahnya seperti kepemenangan calon tertentu nantinya ”jelasnya

“Memang distel mereka si AM ini untuk di Hatonduhan, karena Kuota Tanah Jawa sudah penuh. Artinya memang dititipkan, bagaimananya proses pengurusan KTP antar kecamatan?! Aku pun belum paham. Saat seleksi Panitia penyelenggara tingkat Nagori (PPS) dia KTP Tanah Jawa. dan setelah Johan ini ketua KPU, disetting untuk PPK Hatonduhan, bahkan penetapan ini tanpa melibatkan Eka Sri Nova Hasibuan dan Nico Olyvin Aritonang,”jelasnya lebih lanjut

Baca Juga:  Begini Akhir dari Fadli Nicolas Pencuri BBM dari Pipa Pertamina

Bahkan informasi yang didapat NET24JAM.ID penetapan rapat pleno ada intervensi dari caleg terpilih DPRD Simalungun berinisial ARS, dengan menggelar rapat pleno dirumahnya di daerah Nagori Karang Sari Kecamatan Gunung Maligas

Sementara Ketua KPUD Simalungun Johan Septian Pradana saat dikonfirmasi NET24JAM.ID Kamis (16/5/2024) melalui pesan Whatsapp sampai berita ini ditayangkan belum memberikan jawaban.

Diharapkan dengan informasi ini KPU sumut dan DKPP (Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu) dapat mengambil tindakan agar tidak menimbulkan ketegangan dan mosi tidak percaya warga terhadap penyelenggara pemilu.

(Bambang)

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Asisten I: Peraturan Kesejahteraan Ibu dan Anak Perlu Dikuatkan dengan Undang-Undang Khusus

18 Mei 2024 - 06:31 WIB

Plt. Bupati Apresiasi Pelantikan 45 Anggota PPK di Labuhanbatu untuk Pilkada 2024

18 Mei 2024 - 06:16 WIB

Jalani Desk Evaluasi Lapas Medan Optimis Raih Predikat WBK

16 Mei 2024 - 22:39 WIB

Plt. Bupati Ajak Masyarakat Untuk Mensukseskan Program Bangga Kencana

16 Mei 2024 - 20:57 WIB

Kaban BPBD Labuhanbatu MOU dengan Pengembang Perumahan Karya Mandiri Residence

16 Mei 2024 - 20:36 WIB

Polsek Firdaus Sergai Amankan Dua Anggota Geng Motor Meresahkan

16 Mei 2024 - 17:01 WIB

Trending di Berita Terkini