Menu

Mode Gelap
Polri Mengabdi Untuk Pelayanan Terbaik Ribuan Masyarakat Taput Antusias Ikuti Senam Massal Bersama JTP Saat Memasak Teh Disawah Pria Ini Tewas Tertimpa Longsor Polres Labuhanbatu Tangkap Pencuri Pupuk Dari Gudang PT. Smart Tim Gabungan SFQR Lanal Balikpapan Gagalkan Penyelundupan Kosmetik Ilegal

Berita Terkini · 3 Jun 2022 15:15 WIB · waktu baca : ·

Wacana Duet Ganjar dan Anies di Pilpres 2024 Mencuat ke Publik


 Wacana Duet Ganjar dan Anies di Pilpres 2024 Mencuat ke Publik Perbesar

Foto (Istimewa) : Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo.

Jakarta, NET24JAM – Beredar kabar wacana duet Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo pada Pemilihan Presiden (Pilpres) tahun 2024 mendatang mencuat ke publik.

Dikutip dari laman CNN Indonesia, Fungsionaris DPP Partai Nasdem Sugeng Suparwoto mengatakan, bahwa Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh mengusulkan skenario duet Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan sebagai calon presiden (Capres) dan calon wakil presiden (cawapres) pada Pilpres 2024.

“Duet pasangan ini adalah dari salah satu skenario memasangkan Ganjar dan Anies. Skenario ini yang menurut hemat kami dan menurut Pak Surya juga termasuk skenario terbaik,” kata Sugeng belum lama ini.

Baca Juga:  Stakeholders Day : Imigrasi Sibolga Raih Penghargaan IKPA Terbaik Pertama

Kendati demikian, lanjut Sugeng, duet ini sebagai salah satu skenario opsi yang ditawarkan. Bila nanti tak berhasil, Ia mengatakan pihaknya memiliki skenario lain untuk diajukan demi kepentingan negara dan bangsa.

“Dalam Rapimnas nanti, calon dari Nasdem ada tiga calon. Siapa-siapa dan kemungkinan-kemungkinannya, nanti terbuka siapa yang akan kita ajukan di [Rapimnas] tanggal 15 dan 16 Juni,” sebutnya.

Tak hanya itu, masih kata Sugeng, pasangan ini juga dinilai ideal karena mampu mengarungi Pilpres 2024 mendatang tanpa ada luka-luka politik seperti yang telah terjadi sebelumnya.

“Bagaimana parpol lain merespons itu tergantung dari perspektif kepartaian. Kalau tak tercapai kita punya skenario lain. Skenario Ganjar-Anies ini termasuk skenario utama,” tuturnya.

Baca Juga:  Momentum Harkitnas Ke 115 Kapolres Toba Ajak Seluruh Komponen Bangsa Pertahankan Semangat Kebangkitan Nasional

Respon Pengamat Politik

Dilansir dari Kompas TV, Duet Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan pada Pilpres 2024 dinilai dapat meminimalkan politik identitas.

Demikian diungkapkan pengamat politik dari Lingkar Madani Indonesia (LIMA Indonesia) Ray Rangkuti dalam keterangan tertulisnya baru-baru ini.

“Pertimbangan memasangkan keduanya, nampaknya, tidak sekedar karena elektabilitas keduanya merupakan bagian dari tokoh yang tertinggi, juga sebagai upaya memadamkan polarisasi politik akibat residu politik identitas dari pilkada DKI Jakarta 2017 lalu dan pilpres sebelumnya,” ucap Ray.

“Dengan memasangkan keduanya, pembelahan politik akan dapat diminimalisir dan politik identitas akan dapat ditekan,” tambahnya.

Baca Juga:  Hasil Survey Kasus Duren 3 Mayoritas Publik Puas Dengan Kinerja Kapolri

Lain halnya dengan pengamat komunikasi dan politik Jamiluddin Ritonga. Jamiluddin, sapaan akrabnya mengatakan, duet Anies-Ganjar memang terkesan prospektif.

“Secara matematis, jika mereka dipasangkan, akan memperoleh elektabilitas tinggi,” ujar Jamiluddin kepada GenPI.co, Senin (30/5/2022) lalu.

Namun, pendekatan matematis itu tidak berlaku dalam politik, khususnya terkait elektabilitas. “Dua sosok yang elektabilitas tinggi jika dipasangkan justru akan menurun,” jelasnya.

Akademisi dari Universitas Esa Unggul itu menjelaskan, bahwa hal itu bisa terjadi karena pendukung masing-masing calon bisa saling meniadakan.

“Pendukung Anies bisa saja menarik dukungannya jika berpasangan dengan Ganjar, begitu juga sebaliknya,” kata Jamiluddin.

Lantas bagaimana menurut Anda?

(Red/Sum)

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Polisi Tangkap Pelaku Curanmor di Sergai

17 Juni 2024 - 20:24 WIB

Polri Mengabdi Untuk Pelayanan Terbaik

17 Juni 2024 - 17:53 WIB

Ribuan Masyarakat Taput Antusias Ikuti Senam Massal Bersama JTP

17 Juni 2024 - 14:37 WIB

Kapolres Sergai Tutup Tempat Perjudian di Desa Kota Pari

16 Juni 2024 - 11:47 WIB

Saat Memasak Teh Disawah Pria Ini Tewas Tertimpa Longsor

15 Juni 2024 - 16:30 WIB

Polres Labuhanbatu Tangkap Pencuri Pupuk Dari Gudang PT. Smart

15 Juni 2024 - 16:19 WIB

Trending di News