Menu

Mode Gelap
Wujudkan Generasi Berakhlak Mulia Melalui Hikmah Isra’ Mi’raj 1445 H Bersama Ratusan Masyarakat Plt Bupati Ikuti Senam Sehat di Car Free Day Caleg Partai PAN Dominasi Lima Kecamatan Di Deli Serdang PSI Tapanuli Utara Geruduk Kantor KPU dan Bawaslu, Ada Apa? 102 Peserta Ikuti Seleksi MTQ Tingkat Kecamatan Bandar Huluan

Berita Indonesia · 3 Jun 2022 15:15 WIB · waktu baca : ·

Wacana Duet Ganjar dan Anies di Pilpres 2024 Mencuat ke Publik


 Wacana Duet Ganjar dan Anies di Pilpres 2024 Mencuat ke Publik Perbesar

Foto (Istimewa) : Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo.

Jakarta, NET24JAM – Beredar kabar wacana duet Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo pada Pemilihan Presiden (Pilpres) tahun 2024 mendatang mencuat ke publik.

Dikutip dari laman CNN Indonesia, Fungsionaris DPP Partai Nasdem Sugeng Suparwoto mengatakan, bahwa Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh mengusulkan skenario duet Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan sebagai calon presiden (Capres) dan calon wakil presiden (cawapres) pada Pilpres 2024.

“Duet pasangan ini adalah dari salah satu skenario memasangkan Ganjar dan Anies. Skenario ini yang menurut hemat kami dan menurut Pak Surya juga termasuk skenario terbaik,” kata Sugeng belum lama ini.

Baca Juga:  Bar Bar !! Oknum Satpam PT Wiraraja group Aniaya Wartawan di Batam

Kendati demikian, lanjut Sugeng, duet ini sebagai salah satu skenario opsi yang ditawarkan. Bila nanti tak berhasil, Ia mengatakan pihaknya memiliki skenario lain untuk diajukan demi kepentingan negara dan bangsa.

“Dalam Rapimnas nanti, calon dari Nasdem ada tiga calon. Siapa-siapa dan kemungkinan-kemungkinannya, nanti terbuka siapa yang akan kita ajukan di [Rapimnas] tanggal 15 dan 16 Juni,” sebutnya.

Tak hanya itu, masih kata Sugeng, pasangan ini juga dinilai ideal karena mampu mengarungi Pilpres 2024 mendatang tanpa ada luka-luka politik seperti yang telah terjadi sebelumnya.

“Bagaimana parpol lain merespons itu tergantung dari perspektif kepartaian. Kalau tak tercapai kita punya skenario lain. Skenario Ganjar-Anies ini termasuk skenario utama,” tuturnya.

Baca Juga:  Tak Becus Atasi Polemik SDN 122349 Kinerja Disdik Pematangsiantar di Nilai Bobrok

Respon Pengamat Politik

Dilansir dari Kompas TV, Duet Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan pada Pilpres 2024 dinilai dapat meminimalkan politik identitas.

Demikian diungkapkan pengamat politik dari Lingkar Madani Indonesia (LIMA Indonesia) Ray Rangkuti dalam keterangan tertulisnya baru-baru ini.

“Pertimbangan memasangkan keduanya, nampaknya, tidak sekedar karena elektabilitas keduanya merupakan bagian dari tokoh yang tertinggi, juga sebagai upaya memadamkan polarisasi politik akibat residu politik identitas dari pilkada DKI Jakarta 2017 lalu dan pilpres sebelumnya,” ucap Ray.

“Dengan memasangkan keduanya, pembelahan politik akan dapat diminimalisir dan politik identitas akan dapat ditekan,” tambahnya.

Baca Juga:  Mafia Tanah Desa Helvetia Buramnya Potret Hukum Sumatera Utara

Lain halnya dengan pengamat komunikasi dan politik Jamiluddin Ritonga. Jamiluddin, sapaan akrabnya mengatakan, duet Anies-Ganjar memang terkesan prospektif.

“Secara matematis, jika mereka dipasangkan, akan memperoleh elektabilitas tinggi,” ujar Jamiluddin kepada GenPI.co, Senin (30/5/2022) lalu.

Namun, pendekatan matematis itu tidak berlaku dalam politik, khususnya terkait elektabilitas. “Dua sosok yang elektabilitas tinggi jika dipasangkan justru akan menurun,” jelasnya.

Akademisi dari Universitas Esa Unggul itu menjelaskan, bahwa hal itu bisa terjadi karena pendukung masing-masing calon bisa saling meniadakan.

“Pendukung Anies bisa saja menarik dukungannya jika berpasangan dengan Ganjar, begitu juga sebaliknya,” kata Jamiluddin.

Lantas bagaimana menurut Anda?

(Red/Sum)

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Wujudkan Generasi Berakhlak Mulia Melalui Hikmah Isra’ Mi’raj 1445 H

26 Februari 2024 - 06:05 WIB

Plt. Bupati Ellya Rosa Siregar Mengucapkan Selamat Merayakan Hari Cap Gomeh Kepada Masyarakat Tionghoa.

25 Februari 2024 - 11:35 WIB

Plt. Bupati Labuhanbatu Meresmikan Pembangun Masjid An-Nurani di Panai Tengah.

25 Februari 2024 - 11:24 WIB

1 Unit Rumah Habis di Lahap Sijago Merah

24 Februari 2024 - 13:20 WIB

Plt. Bupati Labuhanbatu Meletakan Batu Pertama Ponpes Al -Haramain.

23 Februari 2024 - 22:45 WIB

Polsek Firdaus Amankan Mesin Judi Tembak Ikan- Ikan di Desa Sei Bamban

23 Februari 2024 - 22:25 WIB

Trending di Berita Daerah