Menu

Mode Gelap
Didampingi Kakan Kemenag Plt Bupati Lepas 318 Jemaah Haji Labuhanbatu Bayi Laki Laki Ditemukan Warga Tergeletak di Pinggir Jalan Polres Taput Lidik Orang Tua Anak Duarrr! Diduga Gudang Oplosan Elpiji Meledak 13 Orang Jadi Korban Kebakaran Kapolres Pelabuhan Belawan Pimpin Sertijab Kasat Narkoba Dan Kasat Lantas Plt. Bupati Hadiri Pelantikan Panwaslu Kecamatan se-Kabupaten Labuhanbatu

Berita Terkini · 18 Jul 2023 08:19 WIB · waktu baca : ·

Wabup Labuhanbatu Resmi Launching Rumah Kolaborasi Pendampingan Bumdes


 Wabup Labuhanbatu Resmi Launching Rumah Kolaborasi Pendampingan Bumdes Perbesar

Labuhanbatu. NET24JAM.ID – Bumdes atau Bumdesma harus mampu menjadi lokomotif atau penggerak pengembangan perekonomian masyarakat desa untuk mewujudkan kemandirian desa, sehingga kedepan pengelolaan Bumdes/ Bumdesma harus diperbaiki sehingga Bumdes kita menjadi sehat, untuk itu perlu dilakukan upaya peningkatan kualitas manajemen pelaksana operasional dan pengawas Bumdes/ Bumdesma, khususnya pada aspek pengelolaan keuangan Bumdes/ Bumdesma.

Hal itu sampaikan Wakil Bupati Labuhanbatu Hj. Ellya Rosa Siregar, SPd. MM., saat Launching Rumah Kolaborasi, Pendampingan Bumdes dan Aplikasi Laporan Keuangan Bumdes / Bumdesma, di Aula Dinas PMD Kabupaten Labuhanbatu, Jalan Gouse Goutama. Kecamatan Rantau Selatan. Senin (17/7/2023).

Baca Juga:  Paten Kale Bahhh, Tenggak Miras Berseragam ASN, Dugaan di Kabupaten Humbahas Sumut

Turut hadir Mewakili Para OPD, Inspektorat, Para Kepala Desa, Rumah Kreatif Labuhanbatu, Bank BTN dan Tamu Undangan Lain.

Terkait hal itu, kata Wabup Dinas PMD Kabupaten Labuhanbatu telah menyusun dan membuat aplikasi laporan keuangan secara online, sehingga kedepan pelaksana operasional Bumdes/ Bumdesma wajib menggunakan dan memberikan laporan keuangan Bumdes/ Bumdesma secara online setiap bulan kepada kepala desa sebagai penasehat sekaligus pemilik saham Bumdes/ Bumdesma.

Baca Juga:  Mobil Fuso Tabrak Angkutan Umum, 2 Penumpang Mengalami Luka-luka

“Selanjutnya kepala Desa memberikan laporan keuangan tersebut kepada Camat dan Dinas PMD Kabupaten Labuhanbatu,” kata Wabup.

Dengan menggunakan aplikasi laporan keuangan Bumdes/ Bumdesma secara online, diharapkan Wabup, pengelolaan keuangan Bumdes/ Bumdesma dapat tertib. Karena dengan menggunakan aplikasi ini pemasukan dan pengeluaran keuangan Bumdes/ Bumdesma terekam atau tercatat dengan baik karena disertai dengan bukti kwitansi pengeluaran.

Wabup juga menjelaskan melalui rumah kolaborasi ini menjadi wadah atau tempat para OPD dan Stakeholder lainnya seperti Bank BTN dan Rumah Kreatif dan lain – lainnya berkumpul dalam memberikan saran, ide dan pemikirannya untuk memajukan Bumdes/ Bumdesma di Labuhanbatu.

Baca Juga:  Warga Medan Kota Apresiasi TPS Ramah Lingkungan di Teladan Barat

“Jadi, saya meminta kepada semua pihak yang tergabung dalam rumah kolaborasi khususnya para OPD agar aktif dalam rumah kolaborasi, mari berkolaborasi dalam Bolo Desa di Kabupaten Labuhanbatu,” tutup Wabup.

Kepala Dinas PMD Labuhanbatu Abdi Jaya Pohan mengatakan kegiatan launching rumah kolaborasi ini bertujuannya agar pengelolaan keuangan Bumdes/ Bumdes yang ada di Kabupaten Labuhanbatu kedepan semangkin lebih baik.

(Julip Ependi)

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Bawaslu Medan Diduga Tetapkan Anggota Parpol Jadi Panwascam

26 Mei 2024 - 15:05 WIB

Bawaslu Kota Medan Lantik 63 Anggota Panwascam se- Kota Medan

26 Mei 2024 - 14:50 WIB

Gunakan KAI Plt Bupati Dampingi Calon Jama’ah Haji Menuju Embarkasi

26 Mei 2024 - 08:01 WIB

Didampingi Kakan Kemenag Plt Bupati Lepas 318 Jemaah Haji Labuhanbatu

26 Mei 2024 - 07:52 WIB

Bayi Laki Laki Ditemukan Warga Tergeletak di Pinggir Jalan Polres Taput Lidik Orang Tua Anak

25 Mei 2024 - 19:08 WIB

Duarrr! Diduga Gudang Oplosan Elpiji Meledak 13 Orang Jadi Korban Kebakaran

25 Mei 2024 - 19:00 WIB

Trending di News