Menu

Mode Gelap
Ciptakan Sitkamtibmas Yang Kondusif Kapolres Dairi Lounching Program Lapor Pak Kapolres Maraknya Galian C Ilegal Kredibilitas SDM PTPN IV Unit Kebun Balimbingan Di Pertanyakan Tangkap Pelaku Ekspor Minyak Goreng? BEM PTNU Apresiasi Langkah Polri Pidato Peringatan Hardiknas 2022, Nadiem Makarim Banjir Pujian Apresiasi Kinerja Polri Menangani Mudik Lebaran

Tak Berkategori · 24 Mei 2021 03:37 WIB ·

Ungkap Penjualan Vaksin Secara Ilegal, Epza Apresiasi Kinerja Polda Sumut


 Ungkap Penjualan Vaksin Secara Ilegal, Epza Apresiasi Kinerja Polda Sumut Perbesar

Eka Putra Zakran, SH.

Medan, NET24JAM.ID – Ditetapkannya empat orang tersangka dalam kasus penjualan vaksin Covid-19 secara Ilegal diduga terjadi di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Tanjung Gusta Medan oleh Polda Sumut, layak untuk diapresiasi.

Hal itu disampaikan Eka Putra Zakran, SH., dalam keterangan persnya kepada net24jam.id, Senin (24/5/2021).

Advokat yang akrab disapa Epza ini menyayangkan perbuatan tidak terpuji tersebut. Menurutnya penjualan vaksin secara ilegal dilakukan oleh ASN dan dokter itu seharusnya tidak boleh terjadi, sebab masih banyak yang belum mendapatkan vaksin, lebih-lebih ini adalah vaksin Covid-19.

“Sanksi hukumnya sangat berat, karena vaksin merupakan bantuan pemerintah yang bertujuan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 secara nasional,” ujar Epza.

Dikatakannya, sejak bulan November 2020 yang lalu, pihaknya dari Korp Advokat Alumni UMSU (KAUM) sudah mengantisipasi jangan sampai terjadi penyelewengan terhadap bantuan sosial Covid-19, apalagi bantuan vaksin dari pemerintah pusat tujuannya untuk penanggulangan dan pencegahan penyebaran virus Covid19 agar tidak meluas. 

“Jadi, jangan disalahgunakan atau diperjual belikan secara ilegal,” kata Epza.

Dia menilai kinerja Polda Sumatera Utara (Sumut) layak diapresiasi dan didukung karena telah menangkap keempat pelaku dan berhasil mengungkap penjualan vaksin ilegal.

“Kita apresiasi tindakan cepat penyidik Polda Sumut yang telah menangkap keempat pelaku atau tersangka penjual vaksin Covid-19 secara ilegal. Dimasa pandemi ini, semua dituntut untuk taat dan patuh pada protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah. Malah ada tim dari bidang kesehatan berbuat curang sungguh sangat mengecewakan,” ketusnya.

“Harapannya para tersangka diberi hukuman berat, apalagi mereka dari unsur Aparatur Sipil Negara (ASN), sejatinya memberi contoh atau teladan yang baik, bukan malah berbuat curang,” tandas Epza.

Diketahui sebelumnya, Pada Selasa, 18 Mei 2021, sekira pukul 15.00 Wib, SW selaku penyelenggara melaksanakan kegiatan vaksinasi yang tidak sesuai peruntukannya kepada beberapa kelompok warga masyarakat di Kompleks Perumahan Jati Residence, Jalan Perintis Kemerdekaan.

Vaksinasi Covid-19 tersebut dilakukan oleh 2 tenaga kesehatan sebagai petugas vaksinator, yaitu CHS dan ENS. Keduanya merupakan tenaga kesehatan dari Lapas Tanjung Gusta Medan, serta diikuti oleh 50 orang.

Vaksin Covid-19 yang diperjualbelikan merupakan dari Lapas Tanjung Gusta yang diperuntukkan bagi Tenaga Lapas dan Warga Binaan, namun disalahgunakan dengan diperjualbelikan kepada pihak yang tidak berhak.

Kapolda Sumut, Irjen Pol Panca Putra Simanjuntak mengatakan, para tersangka masing-masing berinisial IW, dokter Rumah Tahanan (Rutan) Tanjung Gusta Medan. Kemudian KS dan SH, dokter di Dinas Kesehatan Provinsi Sumut. Lalu SW agen properti di Medan Polonia.

“Para dokter ini (IW, KS, dan SH) menerima suap dari SW,” kata kapolda dalam konferensi pers di Mapolda Sumut, Jumat (21/5/2021) seperti dikutip dari Liputan6.com.

(Ridwan)

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Demi Kenyamanan Warga Polres Tanjung Balai Tugaskan Personil Jaga Lokasi Rekreasi

9 Mei 2022 - 00:58 WIB

Antisipasi Guantibmas, Polres Dairi Gelar Apel Kesiapan Pengamanan Malam Takbir.

1 Mei 2022 - 14:29 WIB

Jaga Situasi Aman Dan Kondusif, Sat Polairud Polres Tanjung Balai Gelar Patroli

25 April 2022 - 14:40 WIB

Pengurus Sub Rayon AMPI Kelurahan Karang Berombak Giat Bagi TakjilJelang Waktu Berbuka Puasa

25 April 2022 - 08:35 WIB

Proyek MCK TA Tahun 2021 Mangkrak, Kabid Perkim Janji Akan Tinjau Lokasi Proyek

19 Januari 2022 - 08:04 WIB

Unit Reskrim Polsekta Belawan Doorr Dua Residivis Rampok Yang Resahkan Warga

14 Januari 2022 - 04:19 WIB

Trending di Tak Berkategori