Menu

Mode Gelap
Gegara Narkoba Dua Pria di Labuhanbatu Ditangkap Polisi Polres Taput Gelar Bakti Sosial Sambut HUT Bhayangkara ke 78 Tim PEOJF Klarifikasi Tuduhan Penarikan Mobil Secara Paksa Idul Adha 1445 H, KSOP Utama Belawan Qurban 9 Ekor Lembu Danlanud Yohanis Kapiyau Timika Kerahkan Personel Sukseskan MTQ

Berita Terkini · 28 Okt 2023 18:09 WIB · waktu baca : ·

TNI Gagalkan Penyelundupan Ratusan Miras Ilegal dari Malaysia


 TNI Gagalkan Penyelundupan Ratusan Miras Ilegal dari Malaysia Perbesar

NET24JAM.ID || Nunukan – Anggota Pos Labang Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) RI- Malaysia Batalyon Artileri Pertahanan Udara 8/Marawaca Bhuana Kodam V/Brawijaya berhasil menggagalkan penyelundupan  240 kaleng minuman keras ilegal jenis Huster asal Malaysia, di pinggir sungai Sembakung Mansalong Desa Beringin, Kecamatan Lumbis Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara, Sabtu (28/10/2023).

Penggagalan penyelundupan Miras perbatasan Indonesia-Malaysia terjadi pada Jum’at 27 Oktober 2023 sekira pukul 05.10 Wita.

Kejadian bermula saat 5 orang anggota pos yang sedang melaksanakan jaga melihat kapal longboat berukuran sedang yang berpenumpang dua orang dari arah utara (Malaysia) melewati sungai di depan pos dengan kondisi mesin dimatikan, kemudian anggota pos jaga memerintahkan untuk menepi.

Baca Juga:  Fantastis! Bimbingan Kerja Lapas Kelas IIA Pematangsiantar Hasilkan Panen 300 KG Ikan Lele Budi Daya Warga Binaan

Namun dua penumpang tersebut menghidupkan mesin dan kabur ke arah selatan (Mansalong Desa Beringin) mengikuti arah sungai. 

Selanjutnya Sertu Ri dan Prada Fa  melaporkan kejadian ini kepada Komandan Kompi (Danki) SSK IV, yang kemudian langsung memerintahkan penghadangan di daerah Mansalong Desa Beringin.

Beberapa saat kemudian, anggota pos mendengar suara mesin dan melihat ada kapal longboat bergerak dari arah atas lalu menepi dan berhenti sekitar 150 meter dari tempat penghadangan, yang terlihat sedang membongkar muatan. 

Baca Juga:  Viral Dikubur Dalam Rumah Kapolsek Lumban Julu Kunjungi Keluarga Frida Tambun

Tim Satgas  lalu bergerak mendekati lokasi berhentinya kapal longboat tersebut, namun kapal longboat berhasil kabur kembali. Beberapa waktu kemudian, anggota pos  menemukan longboat tersebut dan menemukan barang-barang yang ditinggalkan berupa 240 kaleng minuman keras (Miras) Ilegal Jenis Huster.

Lebih lanjut, Danki SSK IV melaporkan kejadian penemuan miras ini kepada Komandan Satgas dan berkoordinasi dengan Pihak Bea Cukai terkait hasil penindakan tersebut. 

Baca Juga:  Tim Forki Sumut Tinjau Persiapan Adhyaksa Cup KKI Open 2022

Saat dikonfirmasi, melalui rilis tertulisnya Kapuspen TNI Laksda TNI Julius Widjojono membenarkan kejadian tersebut  dan Kapuspen TNI mengatakan akan terus memperketat penjagaan di semua Perbatasan.

“Tentunya akan kita perketat penjagaan di semua titik Perbatasan, tidak hanya di Kalimantan, tapi di semua Perbatasan, kita tidak mau ada penyelundupan baik lewat  darat, laut maupun udara,” ucap Kapuspen TNI.

(Puspen TNI)

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Polres Sergai Tindak Lokasi Diduga Tempat Perjudian di Kota Pari

21 Juni 2024 - 23:10 WIB

Sat Lantas Polres Pelabuhan Belawan Pengurusan SIM Berdasarkan SOP

21 Juni 2024 - 21:58 WIB

Kecamatan Bandar Huluan Gelar Sosialisasi Penguatan Dan Pengawasan Pengelolaan Keuangan Nagori

21 Juni 2024 - 21:49 WIB

Gegara Narkoba Dua Pria di Labuhanbatu Ditangkap Polisi

21 Juni 2024 - 14:25 WIB

Polres Taput Gelar Bakti Sosial Sambut HUT Bhayangkara ke 78

21 Juni 2024 - 14:02 WIB

Tim PEOJF Klarifikasi Tuduhan Penarikan Mobil Secara Paksa

21 Juni 2024 - 11:15 WIB

Trending di Berita Terkini