Menu

Mode Gelap
Bayi Laki Laki Ditemukan Warga Tergeletak di Pinggir Jalan Polres Taput Lidik Orang Tua Anak Duarrr! Diduga Gudang Oplosan Elpiji Meledak 13 Orang Jadi Korban Kebakaran Kapolres Pelabuhan Belawan Pimpin Sertijab Kasat Narkoba Dan Kasat Lantas Plt. Bupati Hadiri Pelantikan Panwaslu Kecamatan se-Kabupaten Labuhanbatu Pimpinan Forkopimda Labuhanbatu Melepas Pawai Lilin Waisak 2568

Berita Terkini · 15 Jun 2023 18:20 WIB · waktu baca : ·

Tingkatkan Kompetensi Pejabat, PKA BPSDM Sumut Stula ke Bali


 Tingkatkan Kompetensi Pejabat, PKA BPSDM Sumut Stula ke Bali Perbesar

Denpasar, NET24JAM – Untuk meningkatkan kompetensi dan kapasitas peserta Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA), Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) membawa peserta Studi Lapangan (Stula) ke Provinsi Bali, Kamis (15/6/2023). 

Rombongan yang dipimpin langsung Kepala BPSDM Sumut Aprilla H. Siregar berkunjung  ke Kantor Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Provinsi Bali, dan selanjutnya dibawa ke beberapa OPD untuk melihat keberhasilan (success story) penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan publik di Provinsi Bali, diantaranya ke Kantor Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga,  serta Kantor Camat Kuta Utara Kabupaten Badung Provinsi Bali. 

Aprilla H. Siregar, yang diwakili oleh Kabid Pengembangan Aparatur Badan Kepegawaian Provsu,  Pratiwi Mulya Ningrum mengatakan, bahwa 120 peserta PKA yang terdiri dari 3 angkatan Tahun 2023 sengaja dibawa untuk melihat inovasi dan perubahan yang dilakukan Pemerintahan Provinsi (Pemprov) Bali dalam melayani masyarakat pasca Covid-19. 

Baca Juga:  Kelurahan Teladan Barat Laksanakan Giat Pelatihan Untuk Masyarakat

“Provinsi Bali salah satu Pemprov yang cepat dalam melakukan pemulihan ekonomi dan pelayanan publik pasca pandemi Covid-19 di Indonesia. Segenap keunggulan kompetitif dan komperatif yang telah diraih Pemprov Bali menjadi dasar bagi kami untuk melakukan benchmarking kesini ,” ujarnya dalam pembacaan sambutan. 

Menurutnya, para pejabat eselon tiga peserta PKA perlu mengetahui bagaimana key succes sehingga bisa secara cepat dan tepat membuat program yang menyesuaikan dengan perubahan situasi. Juga harus mampu jadi pejabat yang lincah (agile) dalam kondisi apapun.

Kepala BKPSDM Provinsi Bali Ketut Lihadnyana yang diwakili oleh Sekretaris I Made Mahadi Sanatana menerima rombongan dengan hangat. Beliau menyampaikan ucapan terima kasih  dan sekaligus merasa bangga atas kepercayaan yang diberikan sehingga Pemprov Bali dijadikan tempat pembelajaran bagi para calon pemimpin terbaik di Sumut. 

Bahkan, kunjungan ini menurutnya, sebagai bentuk apresiasi atas terobosan yang dilakukan pihaknya selama ini di Bali.

Baca Juga:  102 Peserta Ikuti Seleksi MTQ Tingkat Kecamatan Bandar Huluan

“Semoga semua peserta membawa oleh-oleh pengetahuan dan inspirasi yang dapat diimplementasikan di Pemprov Sumut untuk Indonesia yang lebih maju,” ujar dalam sambutan penerimaan peserta. 

Kunjungan peserta Stula PKA yang terdiri dari para pejabat Eselon III Pemprov Sumut, Pemkab/Pemko se-Sumut, Kantor Kejaksaan Tinggi Sumut, serta Pemko Dumai Provinsi Riau, didampingi oleh para Widyaiswara BPSDM Sumut. Kunjungan dilakukan selama dua hari sebagai bagian dari pembelajaran dalam menyusun aksi perubahan masing-masing peserta yang akan diterapkan di setiap OPD. 

Inovasi pendidikan dalam kunjungan lokus ke Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Provinsi Bali, diketahui bahwa Pemprov Bali telah melakukan berbagai terobosan dan inovasi sebagai solusi atas berbagai persoalan yang ada. 

Kepala Bidang Guru dan Tenaga Kependidikan Disdikpora Provinsi Bali, I Gede Ketut Seputra Aryadi menguraikan inovasi yang dilakukan diantaranya e-Kepegawaian, e-Aset, e-Dupak Guru, Portal Bali Melajah, Layanan Konsultasi Aksara Bali dan lain-lain. 

Baca Juga:  MUI Sukabumi Larang Ajaran Ahmadiyah, Ustadz Martono : Cabut Fatwa Keliru

“Inovasi ini adalah upaya kita dalam memajukan dunia pendidikan, pemuda dan olahraga yang banyak menyesuaikan dengan perkembangan teknologi informasi,” Gede Ketut. 

“Khusus pengenalan Aksara Bali merupakan upaya untuk melestarikan budaya ke generasi masa depan dan masyarakat umumnya. Kita sedang bergiat membuat keyboard aksara Bali yang dibagi ke sekolah-sekolah untuk memasyarakatkan penggunaan bahasa Bali,” jelasnya di hadapan 20 orang peserta di bawah bimbingan Widyaiswara Suriya Jaya. 

Salah satu peserta, Muhammad Ilfan yang didampingi Suhendri dan Andres W. Simanjuntak mengatakan kedatangan ke kantor Disdikpora telah menambah khasanah dan wawasan peserta. 

“Sungguh inspiratif dan menambah semangat kami untuk melakukan upaya perubahan di OPD masing-masing. Inovasi dan perubahan akan kami tiru dan modifikasi sesuai kebutuhan,” tegasnya menutup pembicaraan.

(Rasyid)

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Bayi Laki Laki Ditemukan Warga Tergeletak di Pinggir Jalan Polres Taput Lidik Orang Tua Anak

25 Mei 2024 - 19:08 WIB

Duarrr! Diduga Gudang Oplosan Elpiji Meledak 13 Orang Jadi Korban Kebakaran

25 Mei 2024 - 19:00 WIB

Kapolres Pelabuhan Belawan Pimpin Sertijab Kasat Narkoba Dan Kasat Lantas

25 Mei 2024 - 18:40 WIB

Plt. Bupati Hadiri Pelantikan Panwaslu Kecamatan se-Kabupaten Labuhanbatu

25 Mei 2024 - 00:22 WIB

Pimpinan Forkopimda Labuhanbatu Melepas Pawai Lilin Waisak 2568

25 Mei 2024 - 00:08 WIB

Manager Operasional Klarifikasi Legalitas PT Koko Samudera

24 Mei 2024 - 23:56 WIB

Trending di Berita Terkini