Menu

Mode Gelap
Bayi Laki Laki Ditemukan Warga Tergeletak di Pinggir Jalan Polres Taput Lidik Orang Tua Anak Duarrr! Diduga Gudang Oplosan Elpiji Meledak 13 Orang Jadi Korban Kebakaran Kapolres Pelabuhan Belawan Pimpin Sertijab Kasat Narkoba Dan Kasat Lantas Plt. Bupati Hadiri Pelantikan Panwaslu Kecamatan se-Kabupaten Labuhanbatu Pimpinan Forkopimda Labuhanbatu Melepas Pawai Lilin Waisak 2568

Berita Terkini · 19 Mei 2023 07:24 WIB · waktu baca : ·

Tim PKM UNIMED Lakukan Pembinaan Generasi Gen-Z


 Tim PKM UNIMED Lakukan Pembinaan Generasi Gen-Z Perbesar

Tanjung Balai, NET24JAM – Tim Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Universitas Negeri Medan (UNIMED) melakukan pembinaan generasi muda Gen-Z melalui program life skill bootcamp pemanfaatan pelepah pohon nipah untuk menumbuhkan life skill dan kemandirian ekonomi pemuda Kota Tanjungbalai. Pelatihan tersebut dilaksanakan di Aula SMK Negeri 5 Tanjung Balai, pada 17 – 18 Mei 2023. 

Program ini diketuai oleh Dra. Rosdiana, M.Pd., dengan anggota tim yaitu Mahfuzi Irwan, S.Pd., M.Pd., Drs. Anam Ibrahim, M.Pd., dan Muhammad Takwim Machmud, S.Pd., M.Ed. 

Acara tersebut dibuka oleh Wali Kota Tanjung Balai H. Waris Tholib, S.Ag., MM. Diikuti juga oleh Kepala Sekolah SMK Negeri 5 Tanjungbalai Maya Wardani S.Pd., Ketua Komunitas Pembinaan Generasi Muda (KOPEMDA) Kota Tanjungbalai Aulia Rachman Hasibuan, S.Pd. beserta pengurus, pendamping PKM Unimed, dan puluhan peserta dari siswa SMK.

Baca Juga:  Peduli Polres Toba Berikan Bantuan Kemanusiaan Korban Gempa Tapanuli Utara

Selaku Ketua Tim PKM Unimed, Dra. Rosdiana, M.Pd. menyampaikan “dengan mengikuti program life skill Bootcamp ini, generasi muda akan dapat memperoleh keterampilan hidup yang berguna dan mempersiapkan diri untuk menjadi generasi yang lebih mandiri dan inovatif dalam menghadapi tantangan masa depan.”

“Selain itu, program ini juga bertujuan untuk memanfaatkan SDA yang ada di lingkungan sekitar, menjadi sumber penghasilan yang berkelanjutan, meningkatkan kemandirian ekonomi dan membantu pemerintah dalam mengurangi pengangguran serta meningkatkan UMKM handycraft di Kota Tanjungbalai. Kita lihat pohon nipah banyak tumbuh subur dan mudah dijumpai di Tanjungbalai. Dengan memanfaatkan sumber daya alam yang ada, kita bisa menghasilkan karya yang bernilai jual, seperti kerajinan tangan dan lainnya. Hasil kerajianan tangan berbahan pelepah nipah ini bisa dipasarkan di Tanjungbalai, Sumatera Utara, Indonesia maupun di luar negeri,” ujar Dra. Rosdiana, M.Pd.

Baca Juga:  Kadis Kominfo Sumut Ingatkan Pentingnya Standarisasi Aplikasi Layanan Pemerintah

Dalam sambutan pembukaan acara, Wali Kota Tanjungbalai, H Waris Tholib, S.Ag., MM. menyambut baik kegiatan yang diinisiasi oleh Unimed dalam membina generasi muda Gen-Z. 

“Kami juga akan menindaklanjuti program ini menjadi bagian dari peningkatan ekonomi bagi masyarakat. Pohon Nipah yang biasa tumbuh liar dan tidak dimanfaatkan dengan baik, sebenarnya memiliki potensi besar yang bisa dikembangkan menjadi berbagai macam kerajinan yang memiliki nilai jual dan daya tarik,” tutur Wali Kota.

“Mudah-mudahan hasil kerajinan ini nantinya bisa menjadi buah tangan atau oleh-oleh khas Tanjungbalai. Kami mendukung acara ini, nantinya akan kami buatkan pameran dan kompetisi untuk mendorong kreativitas dan inovasi anak-anak muda di kota Tanjungbalai. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada tim PKM Unimed bekerjasama dengan Kopemda Tanjung Balai yang mengadakan acara ini, guna mengembangkan SDM di Kota Tanjungbalai melalui pemanfaatan pelepah pohon nipah. Semoga acara ini tidak hanya sampai disini, namun bisa lebih ditingkatkan lagi dengan ragam kreasi,” ujarnya lagi.

Baca Juga:  Semarak HUT Bhayangkara Wakapolda Sumut Buka Kejurda Panjat Tebing Kapoldasu Cup 2022

Usai membuka resmi kegiatan tersebut, Wali Kota Waris melakukan penyerahan alat dan bahan secara simbolis dari Tim PKM kepada peserta pendampingan dan dilanjutkan foto bersama.

Selaku Ketua KOPEMDA Tanjungbalai Aulia Rachman Hasibuan, S.Pd. mengatakan peranan anak muda dalam membangun Kota Tanjungbalai sangat penting. 

“Untuk itu kita perlu kembangkan dengan melakukan kegiatan-kegiatan positif, seperti meningkatkan lifeskill, mendukung kreatifitas gen-z dan pengembangan minat bakat. Hal ini akan memberikan perubahan yang signifikan dalam membangun Kota Tanjungbalai menjadi lebih baik dan berdikari,” ucap Aulia Rachman Hasibuan.

(Rasyid)

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Bayi Laki Laki Ditemukan Warga Tergeletak di Pinggir Jalan Polres Taput Lidik Orang Tua Anak

25 Mei 2024 - 19:08 WIB

Duarrr! Diduga Gudang Oplosan Elpiji Meledak 13 Orang Jadi Korban Kebakaran

25 Mei 2024 - 19:00 WIB

Kapolres Pelabuhan Belawan Pimpin Sertijab Kasat Narkoba Dan Kasat Lantas

25 Mei 2024 - 18:40 WIB

Plt. Bupati Hadiri Pelantikan Panwaslu Kecamatan se-Kabupaten Labuhanbatu

25 Mei 2024 - 00:22 WIB

Pimpinan Forkopimda Labuhanbatu Melepas Pawai Lilin Waisak 2568

25 Mei 2024 - 00:08 WIB

Manager Operasional Klarifikasi Legalitas PT Koko Samudera

24 Mei 2024 - 23:56 WIB

Trending di Berita Terkini