Menu

Mode Gelap
Laporan Di SP3kan Keluarga Monang Samosir Prapidkan Penyidik Polres Dan Kejari Simalungun Plt. Bupati Labuhanbatu Saksikan Pagelaran Wayang Kulit di Hari Bhayangkara Sambut 1 Muharram 1446 H, BKM Nurul Islam Gelar Gotong-royong Kapolres Sergai Resmikan Sarana Air Bersih di Desa Makmur UNITA Taput Larang Mahasiswa Ikuti Aksi Demonstrasi

Berita Terkini · 14 Jun 2024 15:33 WIB · waktu baca : ·

Tim Gabungan SFQR Lanal Balikpapan Gagalkan Penyelundupan Kosmetik Ilegal


 Tim Gabungan SFQR Lanal Balikpapan Gagalkan Penyelundupan Kosmetik Ilegal Perbesar

NET24JAM.ID || Balikpapan – Komandan Pangkalan Angkatan Laut (Danlanal) Balikpapan Kolonel Laut (P) Edi Kuswanto, M.Tr.Hanla., M.M., melaksanakan Press Conference tentang kasus penggagalan dan penyerahan barang bukti paket kosmetik ilegal hasil dari operasi gabungan Tim Second Fleet Quick Response (SFQR) Lanal Balikpapan, Polres Balikpapan, BPOM Balikpapan, Bea Cukai Balikpapan, Pelindo IV Balikpapan, KSOP Kelas I Balikpapan, Pelni Balikpapan, setelah mendapat informasi dari Lantamal XIII Tarakan dan Lantamal VI Makassar.

Terduga pelaku SS yang berprofesi sebagai kurir pembawa sejumlah kosmetik ilegal di dalam mobilnya yang telah diangkut dari atas KM. Lambelu, pada Selasa (11/6/2024), saat sandar di Dermaga Pelabuhan Semayang Balikpapan dan paket tersebut akan dibawa ke tempat pengiriman barang selanjutnya. 

Baca Juga:  Wakil Bupati Labuhanbatu Sambut Kedatangan Tim Supervisi TP. PKK Provsu

Peristiwa penangkapan ini diawali dengan adanya informasi dari Lantamal XIII Tarakan dan Lantamal VI Makassar bahwa diduga akan ada pengiriman paket kosmetik Ilegal dari Tarakan tujuan Makassar yang kemungkinan transit Balikpapan melalui KM Lambelu.

Setelah kapal tersebut sandar tim SFQR Lanal Balikpapan beserta tim gabungan yang terdiri dari Polres Balikpapan, BPOM Balikpapan, Beacukai Balikpapan, Pelindo IV Balikpapan, KSOP Kelas I Balikpapan, Pelni Balikpapan melaksanakan pemeriksaan dan pengamatan secara visual yang kemudian terdapatlah paket tersebut dimasukkan kedalam mobil box yang dibawa oleh SS (25) yang akan dibawa ke tempat pengiriman Cargo atas perintah dari staf operasional Cargo tersebut.

Baca Juga:  Kabar Gembira!! 596 Kilometer Tol Trans Sumatera Telah Beroperasi

“Dari hasil penggagalan tersebut didapatkan paket kosmetik sebanyak 7 koli (12 kardus) yang berisi 1200 Box Hydroquinone Tretinoin Solution (Toner) 60 ml, 1200 Box Hydroquinone Topical Cream 10 g, 1200 Box Essencials Kojic Acid Soap 135 g, 998 Pot Essencial Sunscreen Gel-Cream 10 g, 203 Pcs Essencial Sunscreen Gel-Cream 10 g-New Look dan 1200 Pcs Kemasan,” ungkap Danlanal Balikpapan, Jumat (17/6/2024).

Baca Juga:  Komitmen Polda Sumut Berantas Narkoba, 998 Pelaku Ditangkap

Kepala Loka Bpom Balikpapan Bpk. Gerson Pararak, S.Si., Apt., M.H. juga menyampaikan “Setelah diselidiki baru diketahui, kosmetik ilegal itu mengandung bahan berbahaya yang tidak boleh dimasukkan ke dalam bahan kosmetik dan dilarang untuk beredar di masyarakat.” 

Penggagalan beredarnya barang ilegal ini tentunya merupakan penekanan dari Kepala Staf Angkatan Laut untuk terus menjaga keamanan laut maupun jalur laut dan pengiriman barang melalui laut guna menjaga keselamatan masyarakat khususnya Kota Balikpapan. 

Lanal Balikpapan yang merupakan satuan dibawah Koarmada 2 turut mempedomani penekanan tersebut. Bersama dengan Stakeholder menjaga keamanan Kota Balikpapan.

(Puspen TNI)

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Lapas Medan Gelar Razia Deteksi Dini, Musnahkan Ratusan HP

12 Juli 2024 - 16:52 WIB

Laporan Di SP3kan Keluarga Monang Samosir Prapidkan Penyidik Polres Dan Kejari Simalungun

12 Juli 2024 - 10:03 WIB

Tim Eksekusi Fidusia Dituduh Merampok, Ternyata Mobil Menunggak 11 Bulan dan Dijual Ilegal

11 Juli 2024 - 12:55 WIB

Pj Bupati Taput Akan Perkuat Fasilitasi dan Sinergitas Sukseskan Pilkada

10 Juli 2024 - 12:21 WIB

318 Jama’ah Haji Labuhanbatu Kembali Dengan Selamat

10 Juli 2024 - 11:13 WIB

HNSI Kota Medan dan Relawan Wak Young Bantu Dana Pembangunan Masjid Al Ikhlas

10 Juli 2024 - 11:04 WIB

Trending di Berita Terkini