Menu

Mode Gelap
Bersama Ratusan Masyarakat Plt Bupati Ikuti Senam Sehat di Car Free Day Caleg Partai PAN Dominasi Lima Kecamatan Di Deli Serdang PSI Tapanuli Utara Geruduk Kantor KPU dan Bawaslu, Ada Apa? 102 Peserta Ikuti Seleksi MTQ Tingkat Kecamatan Bandar Huluan Tahun Baru Imlek 2575 Plt Bupati Labuhanbatu Patroli Dan Kunjungan Ke Vihara Dan Klenteng

Berita Terkini · 9 Jan 2022 16:18 WIB · waktu baca : ·

Tim Gabungan Polres Asahan Gagalkan PMI Masuk Negara Jiran Malaysia


 Tim Gabungan Polres Asahan Gagalkan PMI Masuk Negara Jiran Malaysia Perbesar


Asahan,NET24JAM.ID

Pekerja Migran Indonesia (PMI) Ilegal yang hendak memasuki Negara Jiran Malaysia berhasil digagalkan Tim gabungan Polres Asahan dan Lanal TBA Asahan melalui Jalur Kabupaten Asahan Sumatera Utara Jum’at sore (7/1/2022).

Hal tersebut disampaikan Kapolres Asahan AKBP Putu Yudha Prawira SIK SH MH beserta Lanal TBA Asahan pada Konfrensi Pers di Mapolres Asahan yang telah berhasil mengungkap 52 Pekerja Migran Indonesia (PMI) Ilegal hendak memaski Negara Jiran Malaysia tanpa Dokumen dan telah menetapkan beberapa tersangka dalam kasus tersebut.

“Tim kita berhasil ungkap kasus ini dan menetapkan beberapa orang sebagai tersangka yang para pelaku merupakan warga Jalan Beting Kuala Kapuas Kota Tanjung Balai,” ungkap Putu Yudha.

Baca Juga:  Sikap Wali Kota Medan Anti Pungli, Rion : Apresiasi dan Dukung

Kembali dijelaskan Putu Yudha, penangkapan terhadap Kapal Tanpa Nama tersebut mengangkut 52 Pekerja Migran Indonesia (PMI) Ilegal yang di Nahkodai oleh JM yang hendak memasuki Negara Jiran berhasil digagalkan dan dari pengakuan sang Nahkoda Kapal  berinisial JM, dirinya mengaku mendapat Telfon dari seorang perempuan berinisial N warga Pematang Pasir Teluk Nibung pada Kamis (6/1/2022) dan meminta JM mengantarkan para PMI tersebut dari Daerah Morit menuju ke Malaysia dengan upah Rp 5 juta dan seoramg Tehknisi Mesin mendapat Upah sebesar Rp 4 juta serta anggota lainnya juga mendapat upah sebesar Rp 2 juta.

Baca Juga:  Fantastis! Bimbingan Kerja Lapas Kelas IIA Pematangsiantar Hasilkan Panen 300 KG Ikan Lele Budi Daya Warga Binaan

Dalam hal ini, Tim Gabungan Polres Asahan bersama Lanal TBA Asahan akan terus melakukan Operasi Patroli diperairan Indonesia khusunya jalur Kabupaten Asahan Sumatera Utara dan atas kasus tersebut Tim masih melakukan penyelidikan dan mengejar pelaku lainnya.

Menerangkan Kapolres, tersangka diamankan di Mapolres Asahan beserta barang bukti dalam pemeriksaan lebih lanjut dan sudah ditetapkan pasal yang menjerat para pelaku.

“Saat ini para tersangka dan barang bukti sudah kita amankan di Mapolres Asahan guna pemeriksaan lebih lanjut, terhadap sang Nahkoda JM kita jerat Pasal 2 ayat(1) subs Pasal 10 lebih subs Pasal 11 UU RI No. 21Tahun 2007 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Perdagangan Manusia dan Pasal 81 jo Pasal 69 subs 83 jo UU No.18 Tahun 2017 tentang Perlindungan Pekerja Migran Indonesia jo Pasal 55,56 KUHPidana dengan ancaman hukuman paling singkat 3 Tahun penjara atau paing lama 15 Tahun penjara atau Denda paling banyak Rp 600 juta,” pungkas Putu Yudha.

Baca Juga:  Raperda APBD 2024 Wabup Labuhanbatu Prioritaskan Penyelenggara Pemerintahan Dan Pembangunan Daerah

(Red/Humas Poldasu)

Edittor : Misdi

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Plt Bupati Labuhanbatu Mengapresiasi Direktur RSUD Rantauprapat Dengan Cepat Menangani Warga Yang keracunan Massal.

21 Februari 2024 - 18:57 WIB

Asisten I Pimpin Rapat Persiapan MTQ dan FSQ Tingkat Kabupaten Labuhanbatu

21 Februari 2024 - 10:35 WIB

Puluhan Masyarakat Rantauprapat Keracunan Massal

21 Februari 2024 - 10:27 WIB

Plt Kadis Kominfo Labuhanbatu Silahtuhrami ke Kantor Badan Pusat Statistik

21 Februari 2024 - 07:21 WIB

Plt. Bupati Labuhan Batu Tinjau Rapat Pleno Rekapitulasi Tingkat Kecamatan

20 Februari 2024 - 11:07 WIB

Staf Ahli Bidang Ekonomi Sampaikan Pidato Plt Bupati Labuhan Batu di Hari Kesadaran Nasional

19 Februari 2024 - 16:56 WIB

Trending di Berita Daerah