Menu

Mode Gelap
Laporan Di SP3kan Keluarga Monang Samosir Prapidkan Penyidik Polres Dan Kejari Simalungun Plt. Bupati Labuhanbatu Saksikan Pagelaran Wayang Kulit di Hari Bhayangkara Sambut 1 Muharram 1446 H, BKM Nurul Islam Gelar Gotong-royong Kapolres Sergai Resmikan Sarana Air Bersih di Desa Makmur UNITA Taput Larang Mahasiswa Ikuti Aksi Demonstrasi

Tak Berkategori · 18 Sep 2021 03:27 WIB · waktu baca : ·

Tawuran Antar Warga Terjadi di Medan Labuhan, Pengamat : Masih Belum Aman?


 Tawuran Antar Warga Terjadi di Medan Labuhan, Pengamat : Masih Belum Aman? Perbesar

Eka Putra Zakran, SH., MH.

Medan, NET24JAM.ID – Kembali Pecah aksi tawuran antar kelompok warga di Kelurahan Pekan Labuhan Kecamatan Medan Labuhan tepatnya di Jl. KL. Yos Sudarso Km.18 pada Kamis 16 September 2021 malam.

Terindikasi bahwa persoalan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) di Kecamatan Medan Labuhan Kota Medan Sumatera Utara, masih belum aman. 

Hal itu disampaikan pengamat Hukum dan Sosial Eka Putra Zakran, SH., MH., kepada media, pada Sabtu (18/9/2021).

Pria yang akrab disapa Epza ini mengatakan, sangat menyesalkan terjadinya tawuran antar kelompok warga masyarakat yang sering terjadi di Wilayah Hukum (Wilkum) Polres Pelabuhan Belawan. 

Baca Juga:  Rp6,5 M Renovasi Ruangan, Kemendikbud-Ristek Disenggol Pengamat

“Jaminan Kamtibmas itu sangat penting, agar masyarakat menjadi tenang,” ujar Ketua Gerakan Pemuda Pelajar Peduli Medan Utara (GP3MU) tersebut.

Oleh karena itu, masih kata Epza, sebagai warga Kelurahan Tangkahan yang notabene adalah wilayah Medan bagian utara, dirinya mengaku sangat menyesalkan adanya aksi-aksi tawuran  dari kelompok warga itu.

Ia berharap agar Medan bagian utara maupun Kota Medan secara keseluruhan aman bebas dari aksi-aksi tawuran kelompok masyarakat.

“Saya heran, mengapa di daerah Pekan Labuhan dan Belawan acap kali pecah tawuran antar kelompok warga, Tawuran ini efeknya tidak baik, kendati tak menelan korban jiwa namun sejumlah rumah warga jadi sasaran pelemparan batu dan benda-benda lainnya oleh para pelaku tawuran,” tuturnya.

Baca Juga:  Dampak PPKM Darurat? Pengamat : Kalau Tidak Ada Solusi Konkrit Rakyat Menderita

Lebih jauh Epza menerangkan, bahwa pecahnya tawuran antar kelompok warga Pekan Labuhan kali ini kabarnya diduga buntut dari aksi balas dendam, lantaran beberapa waktu lalu ada seorang pemuda yang diamuk warga.

Akibat seringnya terjadi aksi-aksi brutal berupa tawuran antar kelompok warga masyarakat ini di Kecamatan Medan Labuhan dan warga Belawan diharapkan agar aparat Kepolisian supaya lebih meningkatkan lagi jaminan pengamanan terhadap Kamtibmas di wilayah hukum Polres Pelabuhan Belawan. 

Baca Juga:  Kapolsek Medan Baru Monitoring Giat Vaksinasi Dosis Tahap 2 Kampung Sejahtera Medan

“Harapan kita ke depan, jangan ada lagi aksi-aksi tawuran antar kelompok warga, walau kali ini belum ada korban tewas tapi tak tertutup kemungkinan hal itu bisa saja terjadi,” sebutnya.

Epza meminta seluruh masyarakat agar sama-sama merawat dan menjaga Kamtibmas sehingga Kota Medan secara umum dan Medan bagian utara khususnya menjadi lebih tertib, lebih aman dan tentram.

“Analisis saya, untuk mewujudkan hal tersebut, maka sangat diperlukan akal pikiran yang jernih, orisinil dan sehat. Sehat dalam artian bukan hanya fisik tapi juga psikis masyarakat harus sehat,” tutup Epza.


(Misdi W)

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Gawat Proyek DD TA 2023 Tak Terealisasi Diduga Pangulu Lestari Indah Selewengkan Anggaran

27 Juni 2024 - 14:23 WIB

Terkait Video Mesum Mirip Sekda Taput, Polisi Layangkan Surat Panggilan Ke TS.

20 Juni 2024 - 08:57 WIB

Dinas Sosial Salurkan Bantuan Untuk Korban Kebakaran

4 Juni 2024 - 12:19 WIB

Tergabung Di Kloter 13 Kakan Kemenag Bersama Plt Bupati Lepas 318 Jemaah Haji Labuhanbatu

27 Mei 2024 - 08:18 WIB

Terpilih Secara Aklamasi Boster Sitio Pimpin Koni Labuhanbatu Hingga 2028

28 April 2024 - 08:52 WIB

Forkopimda Labuhanbatu dan Labura Buka Puasa Bersama Kapolres Labuhanbatu

24 Maret 2024 - 09:13 WIB

Trending di Tak Berkategori