Menu

Mode Gelap
Wujudkan Generasi Berakhlak Mulia Melalui Hikmah Isra’ Mi’raj 1445 H Bersama Ratusan Masyarakat Plt Bupati Ikuti Senam Sehat di Car Free Day Caleg Partai PAN Dominasi Lima Kecamatan Di Deli Serdang PSI Tapanuli Utara Geruduk Kantor KPU dan Bawaslu, Ada Apa? 102 Peserta Ikuti Seleksi MTQ Tingkat Kecamatan Bandar Huluan

Berita Indonesia · 7 Agu 2022 13:16 WIB · waktu baca : ·

Striving for Equality : Indonesia Juara Umum Asean Para Games 2022


 Striving for Equality : Indonesia Juara Umum Asean Para Games 2022 Perbesar

Atmaji Priambodo, peraih medali emas cabor Para Angkat Berat di ASEAN Para Games 2022.

Surakarta, NET24JAM – Pesta Olahraga Difabel Asia Tenggara  ASEAN Para Games) adalah ajang olahraga dua tahunan yang diadakan setelah Pesta Olahraga Asia Tenggara (SEA Games) untuk atlet-atlet yang mengalami cacat fisik (difabel). ASEAN Para Games diikuti oleh 11 negara yang terletak di Asia Tenggara. Ajang ini mengikuti konsep dan merupakan ajang persiapan Paralimpiade.

Dengan mengikuti pola Paralimpiade, ASEAN Para Games merupakan pesta olahraga dua tahunan. Atlet-atlet difabel dari negara-negara ASEAN, yakni Indonesia, Brunei, Kamboja, Laos, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Thailand, Timor Leste, dan Vietnam berkompetisi di acara ini.

ASEAN ParaGames di bawah pengawasan ASEAN Para Sports Federation (APSF). Tuan rumah penyelenggaraan ajang ini sama dengan negara penyelenggara SEA Games.

Sebelumnya, ASEAN Para Games (APG) 2022 resmi dibuka di Stadion Manahan, Solo, Sabtu (30/7/2022) malam. Upacara pembukaan APG 2022 kental akan unsur budaya Tanah Air.

Upacara pembukaan APG 2022 dihadiri oleh Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin beserta sejumlah pejabat negara seperti Menpora Zainudin Amali, Menko PMK Muhadjir Effendy, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, hingga Wali Kota Solo Gibran Rakabuming.

Baca Juga:  Fakta Baru!! Ibu Muda si Pencabul 17 Anak Dibawah Umur

Penyelenggaraan ajang olahraga ASEAN Para Games XI Tahun 2022 sejak 30 Juli tersebut akhirnya secara resmi di tutup Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), pada Sabtu (6/8/2022) malam.

Selama ajang ASEAN Para Games 2022 ini berlangsung, Indonesia berhasil menjadi juara umum dengan raihan 175 medali emas, 144 medali perak dan 106 medali perunggu.

Keluar sebagai juara umum dengan perolehan 175 medali emas, 144 medali perak, dan 106 medali perunggu, dengan total perolehan medali 425 adalah kontingen Indonesia,” ujar Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali dalam laporannya.

Kegiatan yang bertemakan “Striving for Equality” ini, ujar Menpora, diikuti oleh 1.907 orang, yang terdiri dari 1.248 atlet dan 659 ofisial dari 11 negara ASEAN. APG 2022 mempertandingkan 14 cabang olahraga dengan 457 nomor pertandingan yang memperebutkan 1.260 medali baik emas, perak, dan perunggu.

Zainudin mengungkapkan, jumlah medali emas yang diraih Indonesia pada APG 2022 merupakan yang terbesar sepanjang keikutsertaan Indonesia di ASEAN Paragames, mulai ASEAN Paragames I Tahun 2001 di Kuala Lumpur, Malaysia. Jumlah ini juga melampaui target yang sebesar 104 medali emas.

Baca Juga:  Berawal dari Tabung Gas! Adik Hantam Abang Kandung Hingga Tewas

“Telah memenuhi target bahkan melampaui dari target awal 104 medali emas yang dijanjikan, melesat jauh ke atas menjadi 175 medali emas,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, Menpora juga mengungkapkan rasa syukurnya karena dengan persiapan yang sangat singkat, yaitu sekitar lima bulan setelah Indonesia ditunjuk resmi oleh ASEAN Para Sports Federation (APSF), Indonesia dapat menggelar APG 2022 dengan sukses.

“Indonesia telah berpengalaman melaksanakan event yang sama pada tahun 2011 yang lalu di tempat yang sama, yakni di Kota Surakarta, dan juga telah sukses menjadi penyelenggara Asian Games dan Asian Para Games Tahun 2018 yang lalu, serta sukses menjadi tuan rumah beberapa single event internasional, sehingga Indonesia dapat mempersiapkan dan melaksanakan ASEAN Para Games XI ini dengan baik,” tuturnya.

Selain mengucapkan rasa syukur, Menpora juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung suksesnya penyelenggaraan  APG 2022. Ucapan terima kasih disampaikan kepada Presiden Jokowi, para menteri Kabinet Indonesia Maju, jajaran dan pimpinan lembaga terkait, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo beserta jajaran pemerintahan provinsi, kabupaten, dan kota se-Jawa Tengah, Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka selaku Ketua Pelaksana Indonesian ASEAN Para Games Organizing Committee (INASPOC), hingga seluruh jajaran panitia dan sukarelawan yang tergabung dalam INASPOC.

Baca Juga:  Danyonmarhanlan IV Dampingi Komandan Lantamal IV Sambangi 6 Perusahaan Media di Kota Tanjungpinang

Kami juga menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Ketua National Paralympic Commitee (NPC) Indonesia, Bapak Senny Marbun beserta jajaran pengurus NPC yang telah berusaha keras mempersiapkan para atlet maupun membantu penyelenggaraan, sehingga menjadi sukses dengan raihan prestasi 175 medali emas,” pungkasnya.

Hadir dalam penutupan APG 2022 antara lain Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, Presiden APSF Osoth Bhavilai, Ketua Pelaksana INASPOC Gibran Rakabuming Raka, Ketua NPC Indonesia Senny Marbun, Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Raja Sapta Oktohari, Chef de Mission Kontingen Indonesia di APG 2022 Andi Herman, serta duta besar dari negara-negara ASEAN. (FID/UN)

Sumber : 

  • Humas Sekretariat Kabinet RI
  • Humas Kemenpora 

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Wujudkan Generasi Berakhlak Mulia Melalui Hikmah Isra’ Mi’raj 1445 H

26 Februari 2024 - 06:05 WIB

Plt. Bupati Ellya Rosa Siregar Mengucapkan Selamat Merayakan Hari Cap Gomeh Kepada Masyarakat Tionghoa.

25 Februari 2024 - 11:35 WIB

Plt. Bupati Labuhanbatu Meresmikan Pembangun Masjid An-Nurani di Panai Tengah.

25 Februari 2024 - 11:24 WIB

1 Unit Rumah Habis di Lahap Sijago Merah

24 Februari 2024 - 13:20 WIB

Plt. Bupati Labuhanbatu Meletakan Batu Pertama Ponpes Al -Haramain.

23 Februari 2024 - 22:45 WIB

Polsek Firdaus Amankan Mesin Judi Tembak Ikan- Ikan di Desa Sei Bamban

23 Februari 2024 - 22:25 WIB

Trending di Berita Daerah