Menu

Mode Gelap
Qodari Sebut Golkar Partai Brutus? AMPI Sumut : 100 Persen Error! Polgan Medan MoU Kolaborasi Bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi Nekat Curi Handphone, Abdul Diringkus Polsek Medan Baru Pembelian BBM Jenis Pertalite Pakai Jerigen Di Duga Menjadi Ajang Pungli Di SPBU 14.211.212 Lapas Kelas 1 Medan Laksanakan Tes Urine Bagi WBP Yang Ikut Rehabilitasi

Berita Terkini · 11 Mei 2023 09:36 WIB · waktu baca : ·

SPB Tak Akan Terbit Terhadap Kapal Ikan Bermasalah


 SPB Tak Akan Terbit Terhadap Kapal Ikan Bermasalah Perbesar

Foto : Faisal B Aritonang.

Belawan, NET24JAM – Penertiban  kapal-kapal penangkapan ikan di perairan Pelabuhan Belawan Pelabuhan Perikanan Samudera (PPS) Belawan melalui Syahbandar Perikanan tidak akan menerbitkan Surat Persetujuan Berlayar (SPB) terhadap kapal ikan yang memiliki dokumen bermasalah. Demikian juga dengan kapal ikan yang menggunakan alat penangkap ikan yang dilarang oleh negara. 

Demikian dikatakan Kepala Seksi Kesyahbandaran Pelabuhan Perikanan Samudera (PPS) Belawan, Faisal B. Aritonang kepada wartawan diruang kerjanya, Rabu (10/5/2023) siang

“Ditegaskan oleh Syahbandar Perikanan pihaknya tidak akan pernah menerbitkan Surat Persetujuan Berlayar (SPB) terhadap kapal-kapal ikan yang dokumen kapal ikannya tidak lengkap dan kapal ikan yang menggunakan alat tangkap ikan yang dilarang,” jelas Faisal. 

Baca Juga:  Rutan Labuhan Deli Giat Rutin Pelaksanaan Ibadah WBP Yang Beragama Nasrani

Lebih lanjut di katakan Faisal B. Aritonang, SPB merupakan dokumen negara yang dikeluarkan oleh syahbandar perikanan kepada setiap kapal ikan diatas 5 gross ton (GT) yang akan berlayar ke laut.Setelah kapal ikan tersebut memenuhi persyaratan dokumen kelautan kapal dan kewajibannya.

“Intinya SPB akan diterbitkan, apabila kapal perikanan itu telah memiliki surat laik operasional (SLO) yang dikeluarkan oleh PSDKP Belawan. ” jelas Faisal. 

Selain itu juga, kata Faisal B. Aritonang, pihak Syahbandar Perikanan tidak akan mempersulit pengusaha Perikanan dalam kepengurusan SPB.Bahkan setelah terbitnya SPB tersebut, maka kapal perikanan itu akan mendapatkan surat rekomendasi untuk mendapatkan BBM bersubsidi. Dengan syarat kapal perikanan di bawah 30 GT. 

Baca Juga:  Tak Terima Asetnya Dirusak Kuasa Hukum Ahli Waris Lapor Ke Poldasu

“Dalam pengurusan SPB, Syahbandar Perikanan tidak pernah mengutip biaya apapun”Gratis”. Kita juga  memberitahukan kepada pengusaha perikanan, apabila surat-surat mereka tidak lengkap dan untuk segera melengkapinya. Apabila menggunakan alat tangkap ikan yang dilarang, kita juga memberitahukan agar merubah alat tangkapnya. Sehingga kapal ikan dapat  berlayar untuk menangkap ikan. Itu lah tugas kita sebagai pelayanan kepada masyarakat,”ungkap Faisal.

Ketika ditanya tentang adanya isu, bahwa Syahbandar Perikanan selalu mempersulit dalam pengurus SPB dan diduga ada pungli Faisal B. Aritonang membantahnya. Karena Selagi pihak pengusaha maupun pemilik kapal perikanan dapat menunjukan kelengkapan izin dan dokumen kapalnya. Pihak syahbandar tetap melayaninya. 

Baca Juga:  Peredaran Narkotika Makin Marak BNN Tebing Tinggi Lakukan Ini

“Salah kita, kalau pemilik atau pengusaha perikanan memiliki izin dan dokumen kapal yang lengkap lalu kita tidak menerbitkan SPB nya,” tuturnya. 

Jelasnya, pihak Syahbandar Perikanan tidak akan menerbitkan SPB yang izin kapalnya tidak lengkap atau telah mati dan apabila kapal  menggunakan alat tangkap  ikan yang dilarang negara,” tutup Faisal. 

(Fendi)

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Qodari Sebut Golkar Partai Brutus? AMPI Sumut : 100 Persen Error!

22 Mei 2024 - 14:38 WIB

Polgan Medan MoU Kolaborasi Bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi

22 Mei 2024 - 00:25 WIB

Nekat Curi Handphone, Abdul Diringkus Polsek Medan Baru

21 Mei 2024 - 23:09 WIB

Pembelian BBM Jenis Pertalite Pakai Jerigen Di Duga Menjadi Ajang Pungli Di SPBU 14.211.212

21 Mei 2024 - 10:19 WIB

Lapas Kelas 1 Medan Laksanakan Tes Urine Bagi WBP Yang Ikut Rehabilitasi

21 Mei 2024 - 10:10 WIB

Respon Cepat Polisi Tangkap Pelaku Begal di Desa Manunggal

21 Mei 2024 - 01:25 WIB

Trending di Berita Terkini