Menu

Mode Gelap
Laporan Di SP3kan Keluarga Monang Samosir Prapidkan Penyidik Polres Dan Kejari Simalungun Plt. Bupati Labuhanbatu Saksikan Pagelaran Wayang Kulit di Hari Bhayangkara Sambut 1 Muharram 1446 H, BKM Nurul Islam Gelar Gotong-royong Kapolres Sergai Resmikan Sarana Air Bersih di Desa Makmur UNITA Taput Larang Mahasiswa Ikuti Aksi Demonstrasi

Berita Terkini · 26 Jun 2024 22:51 WIB · waktu baca : ·

Sosialisasi Peningkatan Kapasitas Masyarakat Nagori Dalam Bela Negara


 Sosialisasi Peningkatan Kapasitas Masyarakat Nagori Dalam Bela Negara Perbesar

NET24JAM.ID || Simalungun.- Camat Bandar Huluan yang diwakili Kasi Trantib Syalan, saat memberikan kata sambutan, dalam Sosialisasi Peningkatan Kapasitas Masyarakat dalam kesadaran Bela Negara yang di laksanakan pada hari Rabu (26/6/2024) di ruang Harungguan Kantor Pangulu Nagori Bahgunung, Kecamatan Bandar Huluan, Kabupaten Dimalungun, sekira Pukul 10.00 Wib mengatakan,

“kami atas nama Pemerintahan Kecamatan Bandar Huluan sangat bangga dan senang, dengan diadakanya Sosialisasi Pembinaan Kesadaran Bela Negara bagi Masyarakat. Sehingga Program Bela Negara, nantinya dapat diiplementasikan ke masyarakat. Harapan saya,

Foto bersama Nara Sumber usai sosialisasi Bela Negara

“setelah bapak, ibu mengikuti kegiatan sosialisasi ini, diharapkan semua yang hadir dapat menyebarluaskan nilai-nilai dasar belanegara kepada keluarga, saudara, dan masyarakat luas kata Syalan.

Baca Juga:  BSSN Jadi Leading Sector Pengamanan Siber KTT G20

Sertu Peron Sinaga, Kodim 02/07 Simalungun selaku nara sumber mengatakan, “kegiatan ini sangatlah positif. ”Bela Negara menjadi modal sosialisasi bangsa untuk membangun diri menjadi bangsa yang maju, berkepribadian dan berkebudayaan dengan negara maju lainnya dalam peradaban dunia”.

”Dalam era Globalisasi dan informasi menghadirkan berbagai permasalahan, dibeberapa wilayah NKRI mengalami berbagai krisis kebangsaan akibat konflik, kekerasan kolektif horizontal dan vertikal, serta terorisme yang menyentuh kehidupan ideologi negara, sendi-sendi sosial budaya masyarakat, dan pertahanan.

Lanjut Peron Sinaga, “Sosialisasi Pembinaan Kesadaran Bela negara sangatlah penting untuk menyegarkan kembali rasa nasionalisme” pungkasnya.

Sosialisasi Kesadaran Bela Negara yang sedang kita laksanakan saat ini adalah, dalam rangka menyebarluaskan Nilai Dasar Bela Negara.

Bela Negara tidak hanya menjadi tanggung jawab Kementerian Pertahanan RI, dan TNI semata, tetapi menjadi tanggung jawab bersama seluruh Kementerian/Lembaga termasuk Pemerintah Daerah serta seluruh komponen bangsa lainnya. Seperti yang tertuang Dalam Pasal 27 ayat 3 UUD 1945 mengamanatkan, bahwa setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta membela Negara ujarnya.

Baca Juga:  Berjuang Raih WBK, Imigrasi Sibolga Sambut Kedatangan Tim Penilai Internal

Di sampaikannya, kegiatan sosialisasi pembinaan Kesadaran Bela Negara bagi masyarakat sangat penting, guna mengatasi dan mengantisipasi ancaman yang dapat merusak tatanan kehidupan masyarakat, serta yang dapat menimbulkan terjadinya disintegrasi bangsa kata Sertu Peron Sinaga.

Di waktu yang sama Edy Candra Barus, nara sumber dari Kesbangpol mengatakan
Adapun tujuan sosialisasi ini, disebutnya untuk membangun dan menanamkan sikap mental dan prilaku warga negara untuk senantiasa cinta tanah air, memiliki kesadaran berbangsa dan bernegara, setia pada Pancasila sebagai ideologi negara, rela berkorban untuk bangsa untuk dan negara, serta memiliki jiwa Nasional pungkaanya.

Baca Juga:  Komandan Pasmar 1 Dianugerahi Dua Brevet Kehormatan

Kegiatan ini bagian dari upaya membangun sikap mental dan karakter kita sebagai warga Negara ujarnya. Maka Jadikan Pancasila sebagai pandangan hidup,

“Sila pertama mengajarkan kita untuk toleransi beragama, Sila ke dua mengajarkan kita menjalin komunikasi dengan lingkungan, Sila ke tiga mengajarkan kita bernegara, Sila ke empat mengajarkan kita berdemokrasi Sila ke lima mengajarkan kita mewujudkan keadilan,”Terang Edy Candra Barus.

Sosialisasi Peningkatan Kapasitas Masyarakat Nagori Dalam Bela Negara dihadiri tiga pangulu, Darto Budiono, Legimun, Nazaruddin Damanik, dan puluhan warga, dari tiga Nagori, dengan Nara Sumber dari Kesbangpol Edi Candra Barus, dan Sertu Peron Sinaga Kodim 02/07 Simalungun.

(Mariono)

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Kapolres Serdang Bedagai Pimpin Apel Ops Patuh Toba 2024

15 Juli 2024 - 17:32 WIB

Polres Taput Laksanakan Apel Gelar Operasi Patuh Toba 2024.

15 Juli 2024 - 14:26 WIB

Partai Nasdem Resmi Dukung Pasangan Firsa-Efri Di Pilkada Kabupaten Muratara

15 Juli 2024 - 12:51 WIB

Media Nasional NET24JAM.ID Laksanakan ULTAH Yang Ke4 Tahun.

15 Juli 2024 - 00:18 WIB

DPD Tipikor Labuhanbatu Ucapkan Selamat ke-4 Tahun untuk NET24JAM.ID

14 Juli 2024 - 13:11 WIB

Lapas Medan Gelar Razia Deteksi Dini, Musnahkan Ratusan HP

12 Juli 2024 - 16:52 WIB

Trending di Berita Terkini