Menu

Mode Gelap
Dugaan Pencurian Suara Caleg dari Partai Golkar di Medan Mulai Mencuat Korban Meninggal, Polisi Tangkap Pelaku Buron Penganiayaan di Belawan Plt Bupati Labuhanbatu Didampingi Kepala BPKAD Hadiri RUPS di Medan Wujudkan Generasi Berakhlak Mulia Melalui Hikmah Isra’ Mi’raj 1445 H Plt. Bupati Ellya Rosa Siregar Mengucapkan Selamat Merayakan Hari Cap Gomeh Kepada Masyarakat Tionghoa.

Tak Berkategori · 17 Des 2021 07:17 WIB · waktu baca : ·

Sosialisasi Balakar di Kampung Sejahtera Medan Renkon Bencana Alam


 Sosialisasi Balakar di Kampung Sejahtera Medan Renkon Bencana Alam Perbesar

Medan, NET24JAM.ID – Sosialisasi Barisan Sukarelawan Kebakaran (Balakar) di Kampung Sejahtera Kelurahan Petisah Tengah Kecamatan Medan Petisah Kota Medan Sumatera Utara, yang di Gelar dilapangan Kampung Sejahtera pada jum’at pagi (17/12/2021).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Lurah Petisah Tengah M. Hafiz TA Paranduri dan dari Dinas Kebakaran Kota Medan serta BPBD Kota Medan sebagai Narasumber dan Instruktur dalam kegiatan Sosialisasi tersebut.

Pada dasarnya bencana bisa terjadi dikarenakan benerapa faktor yakni faktor Alam, Non Alam dan Sosial. 

Siapapun di dunia ini tidak menginginkan terjadinya bencana tersebut, namun apabila bencana terjadi hendaknya sudah ada Manajemen Kesiapsiagaan yang jauh sebelumnya telah dipersiapkan.

Salah satu upaya untuk mengurangi resiko bencana perlu adanya Rencana Kontinjensi (Contingency Plan) atau sering disebut Rencana Kontingensi (Renkon), yakni upaya Scenario tujuan tindakan Teknis dan Manajerial serta Pengerahan Potensi Sumber Daya yang disepakati bersama guna mencegah atau menanggulangi secara lebih baik dalam situasi darurat atau kritis dengan rencana yang disusun untuk menghadapi suatu situasi krisis yang diperkirakan akan  terjadi atau pun tidak terjadi.

Baca Juga:  Pos Polisi Panton Reu Aceh Barat Diberondong Peluru OTK

Renkon tidak dimaksudkan untuk menyusun suatu Proyek melainkan upaya pemanfaatan semaksimal mungkin Sumberdaya Potensi Masyarakat yang tersedia untuk menghadapi bencana dalam keadaan darurat.

Disela sela kegiatan Lurah Petisah Tengah Kecamatan Medan Petisah M.Hafiz TA Paranduri mengatakan, dalam upaya meningkatkan kapasitas masyarakat dalam penanggulangan bencana kebakaran dan melaksanakan kegiatan Non Fisik dengan Pelatihan yang diikuti seluruh warga Kampung Sejahtera di Jalan KH Zainul Arifin tepatnya dilapangan Serbaguna Kampung Sejahtera.

Baca Juga:  Sat POM-AU Gerebek Lokasi Judi Mesin Tembak Ikan di Medan

Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan Edukasi dan Ilmu pengetahuan bagi warga Kampung Sejahtera.

“Kegiatan Pengurangan Resiko bencana berbasis masyarakat ini dilatih oleh Dinas Pemadaman Kebakaran Kota Medan dan BPBD Kota Medan yang bertindak sebagai Narasumber serta Instruktur nya, dan kegiatan ini menggunakanan Anggaran Dana Kelurahan, artinya dengan kegiatan ini masyarakat dapat mengambil tindakan Preventif, tindakan Represif, dan tindakan Evaluasi dan Rehabilitasi dikala terjadi nya hal-hal yang tidak diinginkan, serta warga dapat menjadi pelopor dalam masyarakat untuk berperan aktif dalam Proses Nitigasi bencana sehingga dapat meminimalisir resiko yang akan terjadi”  ucap Hafiz disela kegiatan Balakar.

Dikesempatan yang sama salah seorang peserta Balakar warga Kampung Sejahtera Qori mengatakan, “Seluruh peserta  dalam pelatihan Barisan Sukarelawan Kebakaran (Balakar) terlihat dengan sungguh-sungguh dan mempunyai sikap siap siaga sangat diperlukan oleh Relawan Balakar dalam mengantisipasi dan memberikan tindakan aksi Renkon terjadinya Kebakaran,” ujarnya.

Baca Juga:  Berikan AKBP Rocky H. Marpaung SH, S.I.K, MH., Lewat Program Si Polisi Penolong Berikan Bantuan Kursi Roda Kepada Penderita Stroke

Kegiatan Balakar ini sangat penting untuk kami, terlebih lagi lokasi kampung Sejahtera sangat padat penduduk sehingga rentan dengan adanya bencana kebakaran, dengan pelatihan yang diadakan ini, setidaknya kami dapat mengetahui langkah awal untuk pencegahan serta dapat membantu Tim Damkar menjalankan tugasnya,” tutur Qori.

Dalam kegiatan ini, ada beberapa materi utama terkait Pencegahan Dasar Pemadam Kebakaran yang disampaikan oleh Instruktur kepada peserta Balakar.

Dari materi ini peserta diberikan ulasan-ulasan dasar yang berkaitan dengan usaha atau tindakan penanggulangan bahaya kebakaran.

(Misdy w)

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Paskas Ajak Masyarakat Kota Tebing Tinggi Untuk Bersedekah

27 November 2023 - 20:03 WIB

BNN Pinjam Pakai Gedung TC Sosial Untuk Tempat Rehabilitasi Penyalahgunaan Narkoba

5 Oktober 2023 - 11:25 WIB

Cabuli Anak Dibawah Umur Warga Naga Kesiangan Di Jemput Polisi Tebing Tinggi

5 Oktober 2023 - 10:24 WIB

Bahas Sukseskan Pemilu Forkopimda Gelar Rakor Bersama Forkopimcam Bandar Huluan

18 September 2023 - 21:01 WIB

Bupati Buka Talk Show Peran Perempuan Dalam Mewujudkan Kerukunan di Kabupaten Labuhanbatu

14 September 2023 - 09:17 WIB

Malam Perpisahan Sahabat BNN Berlangsung Khidmat

14 September 2023 - 09:09 WIB

Trending di Berita Daerah