Menu

Mode Gelap
Pria di Sergai Nekat Bakar Rumah Mertua Setelah Ditolak Rujuk Sempat Viral, Polisi Tangkap Ayah Biadab Pelaku Bekap Bayi di Medan Danyon Arhanud 1 Marinir Pimpin Apel Siaga PAM Idul Fitri 1445 H Ratusan Kios di Pasar Tradisional Tarutung Ludes Terbakar Polisi Olah TKP Pasca Kebakaran Pasar Tradisional Tarutung

Berita Daerah · 19 Okt 2023 21:36 WIB · waktu baca : ·

Soal Lahan, Ahli Waris Kecewa dengan Tindakan Pemko Medan


 Soal Lahan, Ahli Waris Kecewa dengan Tindakan Pemko Medan Perbesar

NET24JAM.ID || Medan – Masyarakat atau ahli waris, Rista dan Risma Boru Tarigan, merasa kecewa dengan pihak Kecamatan Medan Tuntungan dan Pemerintah Kota (Pemko) Medan. 

Dikatakan demikian, pasalnya lahan seluas sekitar 3,1 hektar di Jalan Flamboyan 2 Kecamatan Medan Tuntungan, diduga akan diserobot.

Tak hanya itu, Pemko Medan melalui Camat Medan Tuntungan memasang plang milik Pemerintah Kota Medan di atas lahan milik orang tua ahli waris di lahan tersebut.

“Jadi, lahan ini adalah lahan kami. Orang tua kami yang memiliki lahan ini dan orang tua kami yang berperang melawan penjajah (berjuang melawan Belanda) Tapi mengapa Pemerintah Kota Medan malah mengakui itu lahan mereka, kami keberatan,” kata Rista Boru Tarigan kepada wartawan, Kamis (19/10/2023).

Selain itu, wanita berusia 73 tahun ini mengaku, lahan itu akan dibangun untuk rumah ibadah (Masjid). Namun, pihak kecamatan malah membersihkan lahan itu.

Baca Juga:  182 Pejabat Labuhanbatu Dilantik, BKPP : Sesuai Standar Kompetensi

“Kami sudah berladang di situ dari tahun 1950, orang tua kami sudah berladang. Tapi kenapa tiba-tiba Pemerintah Kota Medan memasang plang ini?,” ketusnya.

Kemudian, ahli waris juga heran. Kenapa Wali Kota Medan, Bobby Nasution memasang plang di lahan mereka.

“Kami mau membangun Masjid di lahan ini. Tapi pihak Kecamatan Medan Tuntungan tiba-tiba membersihkan lahan itu. Kami ingin bertemu dengan Wali Kota Medan Bobby Nasution, kenapa ada plang di lahan kami,” terangnya.

Terpisah, Henry Rianto Pakpahan selaku kuasa hukum dari ahli waris mengaku heran dengan Pemerintah Kota Medan. Sebab, plang itu berdiri tanpa ada komunikasi dengan ahli waris.

Baca Juga:  Diserang Saat Penangkapan, Polisi Sikat 11 Tersangka Pengedar Sabu 13,46 gram

“Jadi, itu sudah jelas milik klien kami. Dari dahulu sudah menguasai lahan itu,” kata Henry Pakpahan.

Menurutnya, ahli waris memiliki alas hak SK Bupati Deli Serdang tahun 1974 dan diterangkan dengan surat dari Sekretariat Daerah Kabupaten Deli Serdang tahun 2002.

“Alas hak milik ahli waris ini sudah jelas dan berkekuatan hukum. Jadi, janganlah Pemerintah Kota Medan memberlakukan masyarakat miskin ini dengan semena-mena,” tambahnya.

Selain itu, kuasa hukum ini mengaku, lahan milik ahli waris ini bukan untuk diperjualbelikan. Tapi untuk membangunnya Masjid.

“Kami merasa heran dengan Pemko Medan, janganlah dilarang masyarakat atau ahli waris ini ingin membangkitkan masjid di lahan ini,” tuturnya.

Kemudian, pengacara ini juga menegaskan agar kegiatan ini jangan ada unsur politik dan tidak boleh menyusahkan masyarakat miskin.

Baca Juga:  Unggul di 4 TPS Rudi Damanik SE Pimpin Nagori Lestari Indah 6 Tahun Kedepan

“Saya akan berdiskusi dengan klien untuk menempuh jalur hukum,” tegas kuasa hukum ahli waris.

“Kami berharap bisa bertemu Wali Kota Medan. Saya tidak terima pihak Kecamatan Medan Tuntungan ini datang berbondong-bondong ke lahan seakan-akan menakut-nakuti ahli waris,” terangnya.

Dia berharap agar pihak Pemko Medan bijaksana dalam menyikapi persoalan tersebut.

“Saya harap pihak Pemko bijak sana dengan Arif kalau bukan tanah Pemko jangan dikuasai ini tanah Alm Tri Budi Barus,” harap Henry Rianto Hartono Pakpahan.

Terpisah, saat dikonfirmasi wartawan, Camat Medan Tuntungan, Hendra Sitanggang membenarkan adanya plang milik Pemerintah Kota Medan.

“Iya itu plang Pemerintah Kota Medan,” ucapnya menjawab konfirmasi dari wartawan.

(Wawan)

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Pria di Sergai Nekat Bakar Rumah Mertua Setelah Ditolak Rujuk

11 April 2024 - 16:05 WIB

Plt. Bupati Labuhanbatu Meriahkan Open House di Hari Pertama Idul Fitri

11 April 2024 - 13:21 WIB

Plt. Bupati Labuhanbatu Ellya Rosa Siregar Sholat Ied Bersama Warga di Masjid Raya Al Ikhlas.

11 April 2024 - 10:17 WIB

PLT Bupati Hj Ellya Rosa Siregar Memeriahkan Malam Takbiran di Labuhanbatu Menyambut Idul Fitri.

10 April 2024 - 00:02 WIB

Polres Sergai Gelar Apel Pengamanan Malam Takbiran

9 April 2024 - 19:58 WIB

Sempat Viral, Polisi Tangkap Ayah Biadab Pelaku Bekap Bayi di Medan

9 April 2024 - 18:49 WIB

Trending di Berita Terkini