Menu

Mode Gelap
Danyonmarhanlan X Jayapura Sambut Silaturahmi Korps Brimob Polda Papua Bentrok Oknum Brimob Vs Anggota TNI di Sorong Berakhir Damai Plt. Bupati Tinjau Persiapan TMMD ke-120 di Desa Selat Beting Diduga Hanyut di Sungai Bilah , Tim BPBD Labuhanbatu Melakukan Pencarian Selama 15 Jam dan Ditemukan Korban Telah Meninggal . Kompol Yayang Cek e-Parkir di Wilkum Polsek Medan Baru

Tak Berkategori · 10 Okt 2021 09:23 WIB · waktu baca : ·

Siaga Bencana, Kogana Sumut Beri Pengenalan Dasar Pelatihan Water Rescue


 Siaga Bencana, Kogana Sumut Beri Pengenalan Dasar Pelatihan Water Rescue Perbesar


Medan, NET24JAM.ID – Komunitas Siaga Bencana (Kogana) Sumatera Utara (Sumut) memberikan Pengenalan Dasar Pelatihan Water Rescue kepada elemen masyarakat di Sumut.

Pengenalan dasar pelatihan water rescue dan Pelatihan dasar Pertolongan Pertama Gawat Darurat (PPGD) yang dilaksanakan di Taman Cadika, Jalan Karya Wisata Kelurahan Gedung Johor, Kecamatan Medan Johor ini dilaksanakan sebagai tindak lanjut dari pernyataan Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi pada apel kesiapsiagaan bencana di Lapangan Pangkalan Udara (Lanud) Soewondo Medan pada hari Senin, (13/9/2021) lalu.

Baca Juga:  Polres Pelabuhan Belawan Ganti Pemangku Jabatan

“Pada apel kesiapsiagaan bencana di Lanud Soewondo bulan lalu, Pak Gubsu Edy Rahmayadi mengatakan ada 13 daerah di Sumut yang masuk kelompok risiko tinggi bencana. Pada kesempatan itu, Gubsu meminta semua pihak bersiaga mencegah korban akibat bencana,” ujar Ketua Kogana Sumut, Benny Yudi Purnama di sela pelatihan, Minggu, (10/10/2021).

Oleh sebab itu, lanjut Benny menjelaskan, sebagai tindak lanjut, Kogana ingin berkontribusi dalam penanganan bencana di wilayah Provinsi Sumut.

“Ini bagian dari kontribusi kita untuk penanganan bencana di Sumut. Maka dari itu, kita kerahkan segala potensi yang ada  sebagai tindak lanjut dari program gubernur dalam penanggulangan bencana,” jelasnya.

Baca Juga:  IPTU Doni Saleh SH ; Pelaku Cabul (SM) Telah Diamankan Sat Reskrim Polres Dairi

Oleh karena itu, kata Benny, Kogana berkolaborasi dengan Badan Sar Nasional (Basarnas) Kota Medan dan berbagai elemen lainnya mengadakan pelatihan yang hari ini dikhususkan untuk penyelamatan di air (Water Rescue) dan pertolongan pertama gawat darurat.

“Kita tentu tidak ingin terjadi bencana. Tetapi ketika terjadi kita harus siap. Maka dari itu, kami dari komunitas sudah mempersiapkan relawan siaga bencana dari berbagai elemen-elemen yang ada di Sumut. Pelatihan ini bagian dari persiapan kita,” pungkas Benny.

Baca Juga:  Don't Just Sit There! Start Getting More Collection

Pelatihan siaga bencana yang diikuti 51 orang peserta dari berbagai elemen masyarakat di Sumut ini didukung Kepala Kantor Basarnas Kota Medan, Toto Mulyono dan dibuka oleh Jony Supriadi,  Kepala Seksi SDM Basarnas Medan serta Kepala Seksi Operasional Zul Indra.

Sedangkan instruktur yang turut memberikan pelatihan di antaranya ialah Adi Pandawa dari Basarnas Kota Medan.

(Rasid)

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Forkopimda Labuhanbatu dan Labura Buka Puasa Bersama Kapolres Labuhanbatu

24 Maret 2024 - 09:13 WIB

Bandar Huluan Gelar Rapat Materi Sosialisasi Penggunaan ADN Dan Dana Desa Tahun 2024

20 Maret 2024 - 05:52 WIB

PTPN IV Ragional II Kebun Dolok Ilir Dan Pengusaha CV Sinar Tenera Sepakat Melakukan Perawatan Jalan Protokol

6 Maret 2024 - 11:43 WIB

Paskas Ajak Masyarakat Kota Tebing Tinggi Untuk Bersedekah

27 November 2023 - 20:03 WIB

BNN Pinjam Pakai Gedung TC Sosial Untuk Tempat Rehabilitasi Penyalahgunaan Narkoba

5 Oktober 2023 - 11:25 WIB

Cabuli Anak Dibawah Umur Warga Naga Kesiangan Di Jemput Polisi Tebing Tinggi

5 Oktober 2023 - 10:24 WIB

Trending di Berita Terkini