Menu

Mode Gelap
Laporan Di SP3kan Keluarga Monang Samosir Prapidkan Penyidik Polres Dan Kejari Simalungun Plt. Bupati Labuhanbatu Saksikan Pagelaran Wayang Kulit di Hari Bhayangkara Sambut 1 Muharram 1446 H, BKM Nurul Islam Gelar Gotong-royong Kapolres Sergai Resmikan Sarana Air Bersih di Desa Makmur UNITA Taput Larang Mahasiswa Ikuti Aksi Demonstrasi

Berita Terkini · 26 Okt 2023 18:59 WIB · waktu baca : ·

Reskrim Polres Taput Bongkar Sindikat Curanmor 2 Diantaranya Berhasil Diringkus


 Reskrim Polres Taput Bongkar Sindikat Curanmor 2 Diantaranya Berhasil Diringkus Perbesar

NET24JAM.ID || Taput.- Satuan reserse kriminal Polres Tapanuli Utara berhasil membongkar sindikat pelaku pencurian sepeda motor (curanmor) di wilayah Kabupaten Tapanuli Utara (Taput). Dua pelaku yang berhasil di ringkus yakni Amos Simamora (26) warga Desa Parbubu I, kecamatan Tarutung, dan Martin Fernandes Lumbantobing (29) warga Kelurahan Hutatoruan I, kecamatan Tarutung, Tapanuli Utara.

Kapolres Tapanuli Utara, AKBP Johanson Sianturi, SIK. MH., melalui kasat reskrim AKP Delianto Habeahan, SH., mengungkapkan, kedua tersangka berhasil ditangkap, selasa, 24/10/2023 dari tempat berbeda.

“Kedua tersangka berhasil kita tangkap pada hari Selasa, 24/10/2023 dari tempat yang berbeda” ucap Delianto pada hari Kamis 26/10/2023 di Mapolres Taput.

Baca Juga:  Polisi Gagalkan Pengiriman Ganja 12,6 Kg dari Medan Menuju Riau

Tersangka Amos Simamora di tangkap tim opsnal di tempat billiyard di dekat rumah nya. sedangkan tersangka Martin Fernandes di tangkap dari rumahnya sendiri. Hasil interogasi kedua tersangka, mereka merupakan sindikat spesialis curanmor dimana dalam sindikat itu mereka berjumlah 3 orang.

Yang berhasil di tangkap masih 2 orang sedangkan 1 orang lagi bernama Josua Simatupang masih dalam pengejaran.

Penangkapan kedua tersangka bermula atas laporan korban Khodijah Hasibuan, (23), warga desa Huta Lombang kecamatan Lubuk barumum kabupaten Padang lawas.

Khodijah melaporkan peristiwa pencurian sepeda motornya jenis Honda Beat BK 2541 AKG ke polres Taput tanggal 19 oktober 2023, saat parkir di depan rumah temannya di desa Siraja Hutagalung kecamatan Siatas Barita Taput.Hanya dalam waktu 5 menit, sepeda motornya lenyap.

Baca Juga:  2 Perampok Sepasang Kekasih di Labura Dibekuk Polisi, Satu Pelaku Buron

Laporan yang kedua yaitu korban Siti Bonur Meluana Sinaga (39), warga desa Silait Lait Kecamatan Siborongborong, Taput. Dirinya juga korban pencurian sepeda motor jenis Honda Beat BB 3179 BI saat parkir di depan rumahnya lenyap sekejap.

Setelah dilakukan penyelidikan lalu tim opsnal mengidentifikasi pelaku dan akhirnya berhasil menangkap keduanya.

Saat diperiksa kedua tersangka pun mengakui bahwa merekalah pelaku pencurian tersebut. Komplotan mereka saat beraksi selalu 3 orang. Sepeda motor sudah di jual ke JS warga Sibolga Julu kabupaten Tapteng.

Baca Juga:  Begini Gerak Tanggap Danlanal Tarempa Terkait Nelayan Hilang di Laut Anambas

Setelah keterangan keduanya di peroleh lalu tim mengejar pembelinya ke sibolga julu. Pembeli sempat melarikan namun kedua sepeda motor tersebut masih tersimpan di gudang di belakang rumahnya dan disita sebagai barang bukti yaitu sepeda motor jenis Honda Beat BK 2541 AKG dan BB 3179 B.

Tersangka juga mengakui sudah berulang-ulang melakukan pencurian selama 1 tahun terakhir. Ini akan menjadi pengembangan untuk mengetahui dimana-mana mereka melakukan pencurian.

Akibat perbuatannya, kedua tersangka dikenakan melanggar pasal 363 ayat 1 ke 3 KUHP dengan ancaman hukuman 7 tahun penjara.

(Fesny Anwar Manalu)

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Kapolres Serdang Bedagai Pimpin Apel Ops Patuh Toba 2024

15 Juli 2024 - 17:32 WIB

Polres Taput Laksanakan Apel Gelar Operasi Patuh Toba 2024.

15 Juli 2024 - 14:26 WIB

Partai Nasdem Resmi Dukung Pasangan Firsa-Efri Di Pilkada Kabupaten Muratara

15 Juli 2024 - 12:51 WIB

Media Nasional NET24JAM.ID Laksanakan ULTAH Yang Ke4 Tahun.

15 Juli 2024 - 00:18 WIB

DPD Tipikor Labuhanbatu Ucapkan Selamat ke-4 Tahun untuk NET24JAM.ID

14 Juli 2024 - 13:11 WIB

Lapas Medan Gelar Razia Deteksi Dini, Musnahkan Ratusan HP

12 Juli 2024 - 16:52 WIB

Trending di Berita Terkini