Menu

Mode Gelap
Idul Adha 1445 H, KSOP Utama Belawan Qurban 9 Ekor Lembu Danlanud Yohanis Kapiyau Timika Kerahkan Personel Sukseskan MTQ Terpampang Wajah 15 Oknum Polrestabes Medan Jadi Buronan Pimpinan DPRD Sumut Sebut JTP Tidak Melanggar Kode Etik Rayakan Idul Adha 1445 H Lapas Medan Potong Hewan Kurban

Berita Terkini · 11 Jan 2024 12:06 WIB · waktu baca : ·

Relawan Prabowo Gibran Indonesia Maju Akan Gelar Deklarasi Anti Fitnah


 Foto : Persiapan menjelang deklarasi anti fitnah dan anti hoaks. Perbesar

Foto : Persiapan menjelang deklarasi anti fitnah dan anti hoaks.

NET24JAM.ID || Medan – Relawan Prabowo Gibran Indonesia Maju (PRIMA) akan menggelar deklarasi anti fitnah dan anti hoaks menjelang pemilu 2024. PRIMA mengajak seluruh masyarakat untuk bijak dalam menerima informasi dan menggunakan media sosial. 

Hal itu disampaikan oleh Ketua PRIMA Joko Irawan didampingi Sekretaris Ridwan Fahlevi dan pengurus lainnya disela-sela rapat koordinasi (Rakor) persiapan deklarasi, Rabu (10/1/2024). 

Joko menyampaikan, semakin derasnya informasi melalui berbagai platform media sosial di era digitalisasi saat ini memiliki kerentanan terhadap beredarnya fitnah dan informasi hoaks. 

Baca Juga:  Karutan Klas I Medan : Tak Berlaku "Lagu Permintaan" Achiruddin Hasibuan

“Informasi yang diterima ataupun di-share harus dipastikan kebenarannya dan terbebas dari berita fitnah atau hoaks,” ujarnya. 

Menurutnya, salah satu pemicu terjadinya konflik dan perpecahan adalah melalui fitnah dan berita bohong atau hoaks, terlebih menjelang pemilu 2024 sangat rentan terhadap berita fitnah. 

Oleh sebab itu, masih kata Joko, relawan Prabowo Gibran Indonesia Maju (PRIMA) melalui deklarasi anti fitnah yang akan digelar pada 13 Januari 2024 di Kota Medan tersebut, siap mengawal demokrasi bebas dari fitnah dan hoaks menjelang Pemilu 2024. 

Baca Juga:  ASPAY Kelurahan Teladan Barat Gelar Tradisi Punggahan

“PRIMA juga akan menyelenggarakan pelatihan pencegahan fitnah dan hoaks mulai dari tular nalar hingga cek fakta dan kampanye anti fitnah dan anti hoaks yang akan melibatkan generasi zenial dan milenial,” Joko menuturkan.

Hal senada juga disampaikan oleh Sekretaris PRIMA, Ridwan Fahlevi mengajak masyarakat dan semua pihak untuk bersama-sama memastikan kebenaran dari informasi yang diterima sebelum disebarluaskan.

Ridwan mengatakan, pentingnya cek fakta terhadap informasi yang beredar guna mencegah fitnah dan hoaks agar tidak tersebar lebih luas.

Baca Juga:  Inilah yang Disampaikan Presiden Jokowi dalam Pembukaan KTT ASEAN-GCC

Dia mengakui, bahwa berita hoaks dan fitnah dapat merusak tatanan dan kultur demokrasi.

“Pada momen tahun politik ini, masyarakat dan semua pihak diajak untuk cerdas dalam menggunakan media sosial. Cek fakta dulu, baru sebarkan,” ucap Ridwan.

Menurutnya, kegiatan relawan Prabowo Gibran Indonesia Maju sangatlah tepat untuk memberikan edukasi kepada masyarakat sehingga mewujudkan pemilu damai bebas dari fitnah dan hoaks. 

“Harapan saya pencegahan fitnah dan hoaks bisa lebih massif lagi sehingga menyentuh ke semua elemen masyarakat,” Ridwan menandaskan. 

(Fendi)

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Turnamen Olahraga Piala Kapolres Sergai Meriahkan Hari Bhayangkara ke-78

19 Juni 2024 - 20:30 WIB

Idul Adha 1445 H, KSOP Utama Belawan Qurban 9 Ekor Lembu

19 Juni 2024 - 19:07 WIB

Danlanud Yohanis Kapiyau Timika Kerahkan Personel Sukseskan MTQ

19 Juni 2024 - 12:43 WIB

Terpampang Wajah 15 Oknum Polrestabes Medan Jadi Buronan

19 Juni 2024 - 12:02 WIB

Pimpinan DPRD Sumut Sebut JTP Tidak Melanggar Kode Etik

19 Juni 2024 - 10:44 WIB

Plt Bupati Labuhanbatu Sholat Idul Adha di Lapangan Ikabina Rantauprapat

18 Juni 2024 - 11:24 WIB

Trending di Berita Terkini