Menu

Mode Gelap
Bersama Ratusan Masyarakat Plt Bupati Ikuti Senam Sehat di Car Free Day Caleg Partai PAN Dominasi Lima Kecamatan Di Deli Serdang PSI Tapanuli Utara Geruduk Kantor KPU dan Bawaslu, Ada Apa? 102 Peserta Ikuti Seleksi MTQ Tingkat Kecamatan Bandar Huluan Tahun Baru Imlek 2575 Plt Bupati Labuhanbatu Patroli Dan Kunjungan Ke Vihara Dan Klenteng

Berita Terkini · 4 Feb 2022 08:56 WIB · waktu baca : ·

Rehabilitasi Lahan Lae Pondom


 Rehabilitasi Lahan Lae Pondom Perbesar

Lae Pondom, NET24JAM.lD – Penanaman Pohon Produksi sebanyak 60.000, dilahan Hutan Lae Pondom yang diantaranya terdapat Pohon Aren, Pohon Alpokat, Pohon Mangga, Pohon Jengkol, dan lainnya yang dilaksanakan pada hari Jumat 04/02/2022.

Penanaman Pohon Produksi dilahan Lae Pondom ini sebagai tanda masyarakat sadar terhadap lingkungannya, dan keperdulian warga masyarakat akan alam sekitarnya.

Kegiatan ini di Prakarsai oleh Forum Komunikasi Masyarakat Kecamatan SilahiSabungan (FOKMAS) dan Forum Generasi Muda SilahiSabungan (GMS) sebagai bukti karya mendukung Pemerintah Desa Silalahi l dalam melestarikan lingkungan lahan Lae Pondom.

Dalam kegiatan ini didukung oleh semua pihak serta dihadiri oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Dairi Amper Nainggolan dan Stafnya, Camat Silahi Sabungan, Ketua Kadin Dairi Bapak Tambunan, mengwakili dari PKH XV Bapak Jaka dan Radikin SH., Danramil 01/Sumbul, Kapolsek Sumbul AKP Asian Parhusip, Kepala Desa Silalahi l Ardonius Sidebang, Kepala Desa Dolok Tolong, Kepala Desa Tanjung Beringin, Ketua DPC Khusus GMS Jarliman Situngkir serta tentunya pengurus dan Anggota FOKMAS dan GMS.

Penanaman pertama dilakukan oleh Ketua DPRD kabupaten Dairi Sabam Sibarani dan Alvensius Tondang yang didampingi oleh Camat Silahi Sabungan Amaska Silalahi.

Bapak Jaka dari KPH XV menyampaikan agar dilokasi ini tidak lagi bertambah perambahannya dan kerusakannya, tetapi mari sama-sama kita melestarikan dan menjaga hutan ini. UPT Kementerian Kehutanan telah berkoordinasi kepada semua pihak, semoga tahun ini kita dapat menanam sebanyak 200 Hektar untuk kelestarian hutan ini, ujarnya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Dairi Amper Nainggolan juga menyebutkan bahwa hutan rakyat adalah batas wilayah dimana kami dapat melakukan pemantauan dan melakukan pendampingan dalam pelestarian lingkungan hidup, namun diluar dari hutan di rakyat seperti hutan Register, hutan lindung itu adalah hak wilayah Dinas Kehutanan atau Kementerian Kehutanan.

Baca Juga:  234 SC Sumut Siap Dukung Program Gubernur Edy Rahmayadi

Jadi pemerintah Kabupaten Dairi tidak memiliki hak sepenuhnya, dalam menata hutan yang berada di Lae Pondom. Perlu kerjasama dengan berbagai pihak, seperti pihak Inalum, dan pihak-pihak lain agar dengan itu dapat memanfaatkan dan mengelola lahan hutan Lae Pondom, sebut Amper Nainggolan.

Baca Juga:  21 Juta Shalawat Nariyah se-Sumatera Utara Akan Meriahkan Hari Santri Nasional

Carles Sigiro sebagai Ketua Panitia dalam Kegiatan Rehabilitasi Lahan Lae Pondom ini menyampaikan kepada Net24jam.id bahwa kegiatan ini dalam bentuk Kerja Bakti serta Penanaman Pohon ini dihadiri oleh Muspika kecamatan Silahi Sabungan dan Muspida kabupaten Dairi.

Baca Juga:  Polres Tebing Tinggi Amankan Pelaku Cabul yang Viral di TikTok

Dalam kegiatan Rehabilitasi Lahan Lae Pondom hal ini bertujuan ;

– Membangun kembali kesadaran masyarakat dalam memelihara Lingkungan yang lebih Hijau.

– Meningkatkan rasa kebersamaan.

– Meningkatkan kerjasama berbagai pihak dalam Pelestarian Lingkungan.

– Membangun kembali serta mempertahankan Kualitas Lingkungan yang Hijau dilokasi lahan Lae Pondom, sebut Carles Sigiro.

Ketua Forum Komunikasi Masyarakat Kecamatan SilahiSabungan (FOKMAS) Ramses Silalahi mengatakan bahwa setelah acara kegiatan ini, hari ini juga kita akan melaksanakan Launching Forum Komunikasi Masyarakat Kecamatan SilahiSabungan (FOKMAS) di Sopo Godang Katolik yang berada tepatnya di Desa Silalahi ll, Kecamatan Silahi Sabungan, Kabupaten Dairi, Provinsi Sumatera Utara. (MB Napitupulu)

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Plt Bupati Labuhanbatu Mengapresiasi Direktur RSUD Rantauprapat Dengan Cepat Menangani Warga Yang keracunan Massal.

21 Februari 2024 - 18:57 WIB

Asisten I Pimpin Rapat Persiapan MTQ dan FSQ Tingkat Kabupaten Labuhanbatu

21 Februari 2024 - 10:35 WIB

Puluhan Masyarakat Rantauprapat Keracunan Massal

21 Februari 2024 - 10:27 WIB

Plt Kadis Kominfo Labuhanbatu Silahtuhrami ke Kantor Badan Pusat Statistik

21 Februari 2024 - 07:21 WIB

Plt. Bupati Labuhan Batu Tinjau Rapat Pleno Rekapitulasi Tingkat Kecamatan

20 Februari 2024 - 11:07 WIB

Staf Ahli Bidang Ekonomi Sampaikan Pidato Plt Bupati Labuhan Batu di Hari Kesadaran Nasional

19 Februari 2024 - 16:56 WIB

Trending di Berita Daerah