Menu

Mode Gelap
Lapas Kelas 1 Medan Laksanakan Tes Urine Bagi WBP Yang Ikut Rehabilitasi Respon Cepat Polisi Tangkap Pelaku Begal di Desa Manunggal Jajaran Lapas Narkotika Kelas IIA Pematangsiantar Peringati HKN Ada Kejanggalan Penetapan Tersangka di Polda Sumut Loloskan PPK Titipan Integritas KPU Simalungun Menjadi Sorotan Dan Dinilai Nodai Demokrasi

Artikel · 1 Mei 2022 18:26 WIB · waktu baca : ·

Refleksi Idul Fitri Korelasi Antara Fitrah dan Pendidikan Integritas


 Refleksi Idul Fitri Korelasi Antara Fitrah dan Pendidikan Integritas Perbesar

Oleh : Wahyu Al Fajri (Presiden Nasional BEM PTNU).

Lebaran Idul Fitri sesungguhnya adalah momen kemenangan batin setelah berpuasa sebulan penuh. Kemenangan sejatinya bertempat di hati, bukan di permukaan ekspresi sosial.

Waktu adalah persepsi psikologi yang di dalamnya ada peristiwa, tempat, dan kondisi (kata orang bijak). Begitu cepat pergi dan berlalu Ramadhan, ditutup dengan ‘serimoni’ perpisahan, shalat ‘Idul Fitri.

Gegap gempita perayaan kemenangan bagi umat Islam atas capaian dalam universitas Ramadhan. Kerinduan dan kenangan mendalam yang dititipkan Ramadhan, menggugah penantian panjang dalam pendakian maqam spiritual, kini berlalu dan tidak kembali lagi.

“Kamu tidak tinggal (di bumi) melainkan sebentar saja, kalau kamu sesungguhnya mengetahui.” (QS. Al-Mu’minun: 114).

Alam memberi pelajaran berharga pada siklus metamorfosis binatang, seperti Kupu-kupu. Kupu-kupu berasal dari ulat yang mengalami metamorfosis sempurna atau tahap berbeda sebelum jadi dewasa.

Baca Juga:  Pemko Tebing Tinggi Gelar Rakor Persiapan TPID Awards

Umur kupu-kupu berkisar antara 3-4 minggu. Prosesnya adalah : (1) telur menempel pada daun inang lamanya 2-7 hari, (2) ulat (larva) berumur 14-20 hari dengan berganti kulit 4-5 kali, pada umur itu mengkonsumsi daun setara luasan 20 x 30 cm. (3) kepompong (chrysalis/pupa) berpuasa dan beristirahat selama 14-16 hari, butuh waktu 1-2 jam untuk mengeringan sayap sebelum siang terbang untuk pertama kalinya. (4) kupu-kupu dewasa (imago) berumur 14-24 hari, dimana sekitar 7% hidup imago digunakan untuk kopulasi (Kompasiana.com, 18 Juni 2018). Kupu-kupu berawal dari ulat yang menyeramkan, menjijikkan, gatal jika disentuh, membuat mati tanaman.

Melalui metamorfosis, ulat berubah jadi binatang yang indah dipandang, dan memesona motif dan cantik kibaran sayapnya. Ulat seakan mengikuti proses Ramadhan dan melahirkan bentuk baru yang indah dan mengesankan, sebuah ekspektasi dalam perayaan Idul Fitri.

Baca Juga:  Polres Sergai Melaksanakan Kegiatan Operasi Lilin Toba 2023 Seser Titik Rawan Kamtibmas.

Analogi di atas tentu menjadi satu refleksi besar untuk kita semua untuk memaknai ramadhan sebagai universitas spiritual dan idul fitri menjadi awal fitrah untuk kembali lagi memulai menjaga kesucian integritas.

Integritas berasal dari kata integer yang berarti bilangan bulat atau entitas yang lengkap, jadi seorang manusia harusnya memiliki sifat integritas atau kejujuran,

Integritas menjadi kunci dalam kehidupan, karena manusia yang tidak memiliki integritas hidupnya akan sengsara.

Korelasi keduanya antara fitrah dan integritas, manusia dalam Islam disebut sebagai Insan yang berarti unsur keintiman dengan Tuhan.

Di sisi lain, insan juga berarti lupa, oleh karena itu tidak ada manusia yang 100 persen sempurna dan bersih dari dosa.

Baca Juga:  Aliansi Merah Putih : Tangkap Mafia Tanah!

Tetapi paling tidak, orang yg memiliki integritas di mata Tuhan ialah mereka yang berusaha untuk melaksanakan apa yang dikatakan.

Jika didalam perjalan fitrah dibarengi dengan integritas maka bisa dipastikan kefitrahan yang kita lampaui dari waktu ke waktu akan memunculkan energi positif dalam menjalankan aspek apa saja dan bisa melahirkan sifat-sifat profektif, seperti shiddiq, amanah, tabligh dan fathanah.

Sifat-sifat itu sangat diperlukan untuk membangun masyarakat yang lebih adil dan maju, karena hakikatnya kita sebagai manusia membutuhkan ketentraman hati dan pikiran.

Lebih daripada itu, puasa dan Idul Fitri seharusnya berhasil melahirkan suasana batin yang pandai bersyukur, ikhlas, tawakal dan istiqamah.

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Lapas Kelas 1 Medan Laksanakan Tes Urine Bagi WBP Yang Ikut Rehabilitasi

21 Mei 2024 - 10:10 WIB

Respon Cepat Polisi Tangkap Pelaku Begal di Desa Manunggal

21 Mei 2024 - 01:25 WIB

Jajaran Lapas Narkotika Kelas IIA Pematangsiantar Peringati HKN

20 Mei 2024 - 20:51 WIB

Ada Kejanggalan Penetapan Tersangka di Polda Sumut

20 Mei 2024 - 20:05 WIB

Jalan Karya Bakti Tak Kunjung Di Perbaiki Warga Kesalkan Pemko Medan

20 Mei 2024 - 08:44 WIB

Pelaku Curanmor Naas Diamankan Polsek Medan Baru

20 Mei 2024 - 04:11 WIB

Trending di Berita Terkini