Menu

Mode Gelap
KSOP Utama Belawan Optimalisasi Medsos dan Pengelolaan Arsip Dinamis Bawaslu Labuhanbatu Menerima Lima Laporan Dugaan Pelanggaran Pemilu Apel Kesiapan Latpratugas Satgasmar Pamtas Mobile RI-PNG TA 2024 Kejatisu Turun 500 Juta Dana CSR Pembangunan Gedung Pasca Sarjana USI Mulai Temukan Titik Terang Dugaan Pencurian Suara Caleg dari Partai Golkar di Medan Mulai Mencuat

Berita Terkini · 7 Jul 2022 13:36 WIB · waktu baca : ·

Presiden Jokowi Tinjau Penataan Kawasan di Pemukiman Belawan


 Presiden Jokowi Tinjau Penataan Kawasan di Pemukiman Belawan Perbesar

Presiden Jokowi meninjau penataan kawasan dan rumah layak huni, di Kecamatan Medan Belawan, Kota Medan, Sumut. (Foto: BPMI Setpres/Rusman)

Medan, NET24JAM -Dalam kunjungan kerjanya ke Sumatera Utara, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meninjau penataan kawasan dan rumah layak huni, di Kecamatan Medan Belawan, Kota Medan Provinsi Sumatera Utara, Kamis (7/7/2022).

“Siang hari ini saya melihat dimulainya perbaikan kawasan Kampung Belawan Bahari yang sudah dimulai satu-dua rumah, tiga rumah sudah. Kampungnya Kampung Belawan Bahari di Belawan, Medan, Sumatera Utara,” kata Presiden usai peninjauan.

Penataan ini merupakan program kolaborasi antara Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), serta pemerintah daerah.

Baca Juga:  Musnahkan Barang Bukti BNNK Sergai Hadirkan 4 Tersangka

“Yang ingin kita kerjakan di sini adalah penataan kawasan, penataan rumah-rumah yang layak huni, dan sudah dimulai oleh pemerintah kota, kemudian nanti pemerintah pusat Kementerian PU akan kebagian penataan kawasannya,” ujarnya.

Kepala Negara berharap program kolaborasi ini dapat mengentaskan kemiskinan ekstrem yang ada di wilayah tersebut.

“Jadi air bersihnya, sanitasi, jalan kampungnya, semuanya akan ditata biar lebih sehat, baik,” ujarnya.

Presiden menambahkan, selain penataan kawasan, pemerintah juga akan membangun tanggul untuk mengatasi banjir rob yang kerap terjadi di daerah Medan Belawan.

Baca Juga:  PT OLS Adakan Acara Silahturahmi Dan Berbuka Puasa Bersama Karyawan

“Baru dalam proses lelang. Nanti kalau sudah selesai lelang, langsung dijalankan. Karena ini memang sudah berpuluh tahun banjir rob di sini dan tidak ditangani. Ini kita mulai,” tegas Presiden.

Berdasarkan data dari BKKBN, sejumlah rumah di permukiman tersebut tercatat dalam kondisi tidak layak huni dengan tempat pembuangan air yang kurang baik. Untuk itu, diperlukan perbaikan rumah tersebut agar dapat mengurangi risiko stunting atau kekerdilan pada keluarga.

Baca Juga:  Mangkrak!! Proyek Pembangunan Bronjong di Labura APBD 2022

Dalam perbaikan rumah tersebut, pemerintah menerapkan teknologi rumah sistem panel instan (Ruspin) yang merupakan salah satu pengembangan di bidang teknologi rancangan konstruksi bangunan rumah tinggal maupun bangunan umum lainnya. Dengan teknologi tersebut, desain bangunan dapat dibongkar pasang maupun dipasang secara permanen.

Turut mendampingi Presiden dalam peninjauan tersebut yakni Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Kepala BKKBN Hasto Wardoyo, Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi, dan Wali Kota Medan Bobby Nasution. (DND/UN)

Sumber : Humas Sekretariat Kabinet RI 

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

KSOP Utama Belawan Optimalisasi Medsos dan Pengelolaan Arsip Dinamis

4 Maret 2024 - 16:31 WIB

Maraknya Pencurian di Lingkungan Talak Simin Kelurahan Sirandorung, Warga Kehilangan Mesin Penghisap Air.

3 Maret 2024 - 15:38 WIB

Bawaslu Labuhanbatu Menerima Lima Laporan Dugaan Pelanggaran Pemilu

2 Maret 2024 - 09:16 WIB

Apel Kesiapan Latpratugas Satgasmar Pamtas Mobile RI-PNG TA 2024

1 Maret 2024 - 16:31 WIB

Kejatisu Turun 500 Juta Dana CSR Pembangunan Gedung Pasca Sarjana USI Mulai Temukan Titik Terang

29 Februari 2024 - 07:01 WIB

Dugaan Pencurian Suara Caleg dari Partai Golkar di Medan Mulai Mencuat

28 Februari 2024 - 01:33 WIB

Trending di Berita Terkini