Menu

Mode Gelap
Bayi Laki Laki Ditemukan Warga Tergeletak di Pinggir Jalan Polres Taput Lidik Orang Tua Anak Duarrr! Diduga Gudang Oplosan Elpiji Meledak 13 Orang Jadi Korban Kebakaran Kapolres Pelabuhan Belawan Pimpin Sertijab Kasat Narkoba Dan Kasat Lantas Plt. Bupati Hadiri Pelantikan Panwaslu Kecamatan se-Kabupaten Labuhanbatu Pimpinan Forkopimda Labuhanbatu Melepas Pawai Lilin Waisak 2568

Berita Terkini · 8 Agu 2022 19:29 WIB · waktu baca : ·

Prajurit Yonmarhanlan IV Tanjungpinang Ikuti Latihan Penegakan Hukum Di Laut


 Prajurit Yonmarhanlan IV Tanjungpinang Ikuti Latihan Penegakan Hukum Di Laut Perbesar

Tanjungpinang, NET24JAM – Dalam rangka menambah wawasan pengetahuan di bidang hukum, khususnya Kitab Undang-undang Hukum Pidana Militer (KUHPM) dan memahami pasal demi pasal baik Hukum Laut maupun Hukum Disiplin Militer, segenap prajurit Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Yonmarhanlan) IV Tanjungpinang mengikuti pembekalan Hukum di lingkungan TNI Angkatan Laut, bertempat di Lapangan Apel Lantamal IV Jl. Batu Hitam, Tanjungpinang, Kepri, Senin (8/8/2022).

Pembekalan yang diberikan Kadiskum Lantamal IV Letkol Laut (KH) Abriadi, S.H., M.M., bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan pendalaman Undang-Undang yang berlaku di lingkungan TNI dan tentang hukum disiplin militer.

Baca Juga:  Curi Motor Lalu Hendak di Preteli, Pemuda Ini Terancam Dipenjara

Kadiskum Lantamal IV juga menyampaikan dengan adanya pengarahan bidang hukum ini diharapkan dapat memberikan wawasan yang lebih luas sehingga pada pelaksanaannya prajurit TNI AL khususnya prajurit di jajaran Lantamal IV dapat lebih teliti saat menghadapi permasalahan dan memilih pergaulan di luar jam dinas.

Berdasarkan undang-undang nomor 34 tahun 2004 tentang TNI, dalam pasal 9 disebutkan salah satu tugas TNI Angkatan Laut adalah menegakkan hukum dan menjaga keamanan di wilayah laut yurisdiksi nasional sesuai dengan ketentuan hukum nasional dan hukum internasional yang telah diratifikasi. Selanjutnya kegiatan ini dilaksanakan dari tanggal 08 sampai dengan 11 Agustus 2022 dengan tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

Baca Juga:  Inilah 6 Nama Untuk Bumi Pertiwi Sebelum Nama Indonesia

Pada kesempatan tersebut Danyonmarhanlan IV Tanjungpinang Letkol Marinir Kemal Mahdar, S.H.,M.Tr.Opsla saat dikonfirmasi mengatakan bahwa setiap prajurit TNI AL harus mengetahui tentang penegakkan hukum keamanan laut, diharapkan bagi peronel khususnya Prajurit Yonmarhanlan IV untuk mampu memahami organisasi dan prosedur penyelenggara operasi keamanan laut di wilayah kerja Lantamal IV. Minimal dapat memahami ketentuan dan peraturan perundang-undangan yang berlaku yang berkaitan dengan tugas pokok dan Fungsi Yonmarhanlan IV.

Baca Juga:  Yesi Repti Ananda Asal Pekon Belu Raih Medali Emas

Danyon juga menambahkan bahwa dengan adanya pelatihan ini diharapkan prajurit Yonmarhanlan IV mampu meningkatkan edukasi pengetahuan, khususnya di bidang hukum laut serta keterampilan di bidang penyidikan.

“Sehingga nantinya mampu menangani dan memproses perkara tindak pidana tertentu secara profesional,” tutupnya.

(Charly)

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Plt. Bupati Hadiri Pelantikan Panwaslu Kecamatan se-Kabupaten Labuhanbatu

25 Mei 2024 - 00:22 WIB

Pimpinan Forkopimda Labuhanbatu Melepas Pawai Lilin Waisak 2568

25 Mei 2024 - 00:08 WIB

Manager Operasional Klarifikasi Legalitas PT Koko Samudera

24 Mei 2024 - 23:56 WIB

Dinas PPPA Labuhanbatu Deklarasikan SDN 01 Panai Hulu sebagai Sekolah Ramah Anak

24 Mei 2024 - 23:45 WIB

Pemerintah Tegaskan Berantas Judi Online, Satgas Akan Segera Dibentuk!

23 Mei 2024 - 00:07 WIB

Petugas Rutan Kelas I Medan Gagalkan Penyelundupan Narkoba

22 Mei 2024 - 23:34 WIB

Trending di Berita Terkini