Menu

Mode Gelap
Didampingi Kakan Kemenag Plt Bupati Lepas 318 Jemaah Haji Labuhanbatu Bayi Laki Laki Ditemukan Warga Tergeletak di Pinggir Jalan Polres Taput Lidik Orang Tua Anak Duarrr! Diduga Gudang Oplosan Elpiji Meledak 13 Orang Jadi Korban Kebakaran Kapolres Pelabuhan Belawan Pimpin Sertijab Kasat Narkoba Dan Kasat Lantas Plt. Bupati Hadiri Pelantikan Panwaslu Kecamatan se-Kabupaten Labuhanbatu

Berita Terkini · 12 Jul 2023 21:12 WIB · waktu baca : ·

Potensi UKK Imigrasi Sibolga Jadi Kantor Imigrasi di Madina


 Potensi UKK Imigrasi Sibolga Jadi Kantor Imigrasi di Madina Perbesar

Madina, NET24JAM – Tim Biro Perencanaan Sekretariat Jenderal Kemenkumham bersama tim Direktorat Jenderal Imigrasi Kemenkumham didampingi tim Kantor Wilayah Kemenkumham Sumatera utara dan tim Kantor Imigrasi Sibolga melakukan verifikasi dan monitoring di Unit Kerja Kantor (UKK) Imigrasi Sibolga, di Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal (Madina), Rabu (12/7/2023).

Dalam kunjungan tersebut turut didampingi tim Kanwil Kemenkumham Sumatera Utara (Sumut), tim imigrasi Sibolga, Asisten I Setdakab Madina Sahanan Pasaribu, dan Kaban BPKAD Yas’ad Nasution.

Sebelum meninjau ke kantor UKK, tim terlebih dahulu bertemu dengan Bupati Madina HM Jafar Sukhairi dan Wakil Bupati Atika Azmi Utammi.

Dalam pertemuan tersebut Bupati Madina Jafar Sukhairi mendukung penuh akan  peningkatan UKK Imigrasi Sibolga di Panyabungan Madina menjadi kantor imigrasi.

Baca Juga:  Waspada!! Jalan Rusak di Asahan Sumatera Utara Siap Telan Korban

“Kita mendukung penuh peningkatan status UKK menjadi kantor imigrasi. Karena potensi Madina sangat luar biasa, masyarakat juga akan diuntungkan dengan hal tersebut,” kata Bupati.

Kepala Kantor Imigrasi Sibolga Saroha Manullang menyampaikan, kunjungan ini terkait dengan peningkatan status UKK Panyabungan menjadi kantor imigrasi.

“Kami memohon kepada kantor wilayah untuk mengawal dan mendampingi tim dari Direktorat jenderal imigrasi melakukan verifikasi dan monitoring yang langsung dari sekretariat jenderal Kemenkumham,” katanya.

Dikatakannya, UKK Panyabungan Madina yang merupakan bagian dari Imigrasi Sibolga diharapkan dapat menjadi satuan kerja yang berdiri sendiri di Kabupaten Madina.

Baca Juga:  Khidmat dan Meriah, Rutan Labuhan Deli Gelar Peringatan Maulid Nabi

“Ini sangat penting, Madina punya potensi sangat luar biasa baik dari segi pertanian, wisata dan transportasi. Madina salah satu penyumbang pengeluaran paspor untuk umroh dan haji terbesar di Sumut,” katanya.

Dikatakannya dengan adanya kantor imigrasi ini membawa efek yang berlipat bagi masyarakat.

Sementara itu, Januar Kurniawan Analis kelembagaan biro perencanaan sekretariat Jenderal Kemenkumham menyampaikan, kedatangan tim untuk memverifikasi data, apakah sesuai data yang disajikan dengan fakta yang ada.

“Apa data yang sudah disampaikan baik kantor imigrasi, kantor wilayah dan direktorat jenderal imigrasi, kami verifikasi kami kroscek kembali datanya apakah sesuai dengan data yang disajikan dengan fakta yang ada,” katanya.

Baca Juga:  Gelaran HUT RI 78 Disambut Antusias Warga Nagori Lestari Indah

Selain itu Januar juga mengatakan kunjungan ini sekaligus silaturahmi dengan Bupati Madina HM Jafar Sukhairi Nasution, untuk melihat keseriusan dukungan dari Pemda.

“Selain dukungan sarana dan prasarana yang ada di Madina ini operasional pun juga sangat mendukung,” katanya.

Untuk mencapai status kantor imigrasi, Januar menyebutkan, untuk operasional minimum sudah bisa, namun ada prosedur yang harus dilaksanakan.

“Kami harus bersurat dulu kepada instansi pembina kami khususnya Kementerian PAN-RB untuk meminta persetujuan, kalau sudah ada itu prosesnya tidak akan lama, karena hanya menunggu SK dari Kemenkumham untuk berdirinya kantor imigrasi Madina,” ujarnya.

(Rasyid)

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Bawaslu Medan Diduga Tetapkan Anggota Parpol Jadi Panwascam

26 Mei 2024 - 15:05 WIB

Bawaslu Kota Medan Lantik 63 Anggota Panwascam se- Kota Medan

26 Mei 2024 - 14:50 WIB

Gunakan KAI Plt Bupati Dampingi Calon Jama’ah Haji Menuju Embarkasi

26 Mei 2024 - 08:01 WIB

Didampingi Kakan Kemenag Plt Bupati Lepas 318 Jemaah Haji Labuhanbatu

26 Mei 2024 - 07:52 WIB

Bayi Laki Laki Ditemukan Warga Tergeletak di Pinggir Jalan Polres Taput Lidik Orang Tua Anak

25 Mei 2024 - 19:08 WIB

Duarrr! Diduga Gudang Oplosan Elpiji Meledak 13 Orang Jadi Korban Kebakaran

25 Mei 2024 - 19:00 WIB

Trending di News