Menu

Mode Gelap
Lapas Kelas 1 Medan Laksanakan Tes Urine Bagi WBP Yang Ikut Rehabilitasi Respon Cepat Polisi Tangkap Pelaku Begal di Desa Manunggal Jajaran Lapas Narkotika Kelas IIA Pematangsiantar Peringati HKN Ada Kejanggalan Penetapan Tersangka di Polda Sumut Loloskan PPK Titipan Integritas KPU Simalungun Menjadi Sorotan Dan Dinilai Nodai Demokrasi

Berita Terkini · 5 Okt 2023 11:46 WIB · waktu baca : ·

Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW 1445 Hijriyah Pemko Tebing Tinggi Gelar Tabligh Akbar


 Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW 1445 Hijriyah Pemko Tebing Tinggi Gelar Tabligh Akbar Perbesar

NET24JAM.ID || Tebing Tinggi.- Dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW 1445 Hijriyah, Pemerintah Kota (Pemko) Tebing Tinggi menggelar kegiatan Tabligh Akbar, Rabu (04/10/2023) bertempat di Mesjid Agung Jl. Gunung Leuser, Kota Tebing Tinggi.

Kegiatan Tabligh Akbar yang mengangkat tema “Keteladanan Nabi Muhammad SAW Kita Jadikan Sebagai Panutan Guna Menjaga Ukhuwah Untuk Persatuan dan Kesatuan Bangsa Menyongsong Pemilu 2024 Yang Sejuk dan Damai” ini menghadirkan penceramah M. Yasir Tanjung, SPdI dan diikuti oleh jajaran ASN beragama Islam di Lingkungan Pemko Tebing Tinggi dan Unsur Forkopimda serta pelajar dan masyarakat umat muslim.

Baca Juga:  Alasan Disuntik Hormon, 4 Ekor Sapi Milik Warga Mendadak Lemas Diduga Ada Permainan Dari Pihak Mantri Hewan

Penjabat (Pj) Wali Kota Tebing Tinggi melalui Pj. Sekretaris Daerah H. Kamlan Mursyid, SH. MM., dalam sambutannya menyampaikan bahwa Nabi Muhammad SAW merupakan tokoh perubahan masyarakat yang sangat luar biasa.

“Beliau (Nabi Muhammad SAW) mampu mengubah masyarakat, dari masyarakat Jahiliyah menjadi masyarakat Khaira Ummah,” ujar Pj. Sekda.

Lebih lanjut, Pj. Sekda mengatakan visi utama dari Rasulullah SAW kemuka bumi adalah untuk menyempurnakan akhlak manusia.

“Innama Bu’istu Liutammima Makarimal Akhlak. Sesungguhnya Rasulullah Muhammad SAW diutus hanya untuk menyempurnakan akhlak yang mulia,” ucap Pj. Sekda.

Dijelaskan Pj. Sekda, Akhlak yang mulia dalam pengertian luas adalah hubungan, kemudian perilaku, hubungan antara manusia dengan sesama manusia (Hablum Minannas) dan hubungan antara kita (manusia) dengan Allah (Hablum Minaallah). Hubungan antar sesama manusia dimanifestasi dengan cara menjalin Ukhuwah, baik dengan saudara seiman maupun saudara sebangsa dan setanah air.

Baca Juga:  Ribuan Orang Tewas : Indonesia Berduka Atas Gempa Turki-Suriah

“Allah SWT berfirman dalam Al-Qur’an surat Al-Hujurat Ayat 13: “Sesungguhnya orang-orang mukmin itu bersaudara, maka damaikanlah antara kedua saudaramu (yang bertikai) dan bertakwalah kepada Allah agar kamu mendapat rahmat,” ucap Pj. Sekda.

Dikatakan Pj. Sekda, Ukhuwah atau persaudaraan merupakan salah satu pilar penting untuk membangun masyarakat berkeadaban.

“Terlebih lagi tahun depan kita akan menghadapi pesta demokrasi terbesar, yaitu Pemilu dan Pilkada 2024,” ungkap Pj. Sekda

Baca Juga:  Plh Sekda Tinjau Kampung KB Desa Pondok Batu

Melalui kegiatan Tabligh Akbar Maulid Nabi Muhammad SAW ini, Pj. Sekda mengajak semua masyarakat Kota Tebing Tinggi untuk senantiasa meningkatkan Ukhuwah.

“Mari kita saling menghormati dan menghargai perbedaan yang ada diantara kita. Menjelang Pemilu 2024, kita harus terus menjaga kondusifitas, jangan mau terpancing dengan politik identitas yang dapat memperuncing perbedaan dan jangan karena rasa fanatisme jadi memusuhi yang berbeda dengan pilihan kita,” ajak Pj. Sekda.

Kegiatan Tabligh Akbar dirangkai dengan pemberian tali asih kepada anak yatim piatu.

(J. Efendi)

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Lapas Kelas 1 Medan Laksanakan Tes Urine Bagi WBP Yang Ikut Rehabilitasi

21 Mei 2024 - 10:10 WIB

Respon Cepat Polisi Tangkap Pelaku Begal di Desa Manunggal

21 Mei 2024 - 01:25 WIB

Jajaran Lapas Narkotika Kelas IIA Pematangsiantar Peringati HKN

20 Mei 2024 - 20:51 WIB

Ada Kejanggalan Penetapan Tersangka di Polda Sumut

20 Mei 2024 - 20:05 WIB

Loloskan PPK Titipan Integritas KPU Simalungun Menjadi Sorotan Dan Dinilai Nodai Demokrasi

20 Mei 2024 - 09:34 WIB

Jalan Karya Bakti Tak Kunjung Di Perbaiki Warga Kesalkan Pemko Medan

20 Mei 2024 - 08:44 WIB

Trending di Berita Terkini