Menu

Mode Gelap
Bayi Laki Laki Ditemukan Warga Tergeletak di Pinggir Jalan Polres Taput Lidik Orang Tua Anak Duarrr! Diduga Gudang Oplosan Elpiji Meledak 13 Orang Jadi Korban Kebakaran Kapolres Pelabuhan Belawan Pimpin Sertijab Kasat Narkoba Dan Kasat Lantas Plt. Bupati Hadiri Pelantikan Panwaslu Kecamatan se-Kabupaten Labuhanbatu Pimpinan Forkopimda Labuhanbatu Melepas Pawai Lilin Waisak 2568

Berita Terkini · 9 Nov 2022 11:46 WIB · waktu baca : ·

Peran Aktif PP Desa Manunggang Julu Cegah Penyalahgunaan BBM Subsidi


 Peran Aktif PP Desa Manunggang Julu Cegah Penyalahgunaan BBM Subsidi Perbesar

NET24JAM – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif pernah menghimbau agar masyarakat untuk menggunakan Bahan Bakar Minyak (BBM) sesuai kemampuan, sehingga alokasi BBM subsidi tidak tergerus dan lebih tepat sasaran. 

Penyalahgunaan BBM subsidi akan menambah beban keuangan negara. Masyarakat juga diminta ikut mengawasi dan melaporkan apabila menemukan penyimpangan-penyimpangan dalam penyaluran dan pemakaian BBM subsidi.

Saat ini, maraknya isu ditengah-tengah masyarakat Kota Padangsidimpuan Provinsi Sumatera Utara, terkait dugaan penyalahgunaan BBM Subsidi jenis Solar dan Pertalite, membuat Pimpinan Ranting Pemuda Pancasila (PP) Desa Manunggang Julu Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara Kota Padangsidimpuan tergerak untuk berpartisipasi mencegah penyalahgunaan BBM Subsidi.

Baca Juga:  Kapolres Sergai Lakukan Sidak Pasar Jelang Nataru Bersama Forkopimda

Pemanfaatan BBM bersubsidi oleh pihak-pihak yang tidak berhak, menjadi perhatian serius Pimpinan Ranting Pemuda Pancasila Desa Manunggang Julu. 

Oleh karena itu, Pemuda Pancasila Desa Manunggang Julu secara diam-diam ataupun terang-terangan turut memonitor Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU).

Hasil monitoring Pemuda Pancasila Desa Manunggang Julu, sejak Oktober 2022 sudah tidak ada lagi hal-hal yang mencurigakan terkait penyalahgunaan BBM Subsidi. 

Baca Juga:  Kapolres Dairi Hadiri Hari Amal Bakti Kementerian Agama Ke-76 Tahun 2022 Kabupaten Dairi

Dalam memonitoring mencegah penyalahgunaan BBM Subsidi, Pimpinan Ranting Pemuda Pancasila Desa Manunggang Julu tak jarang menegur dengan cara humanis terhadap pembeli yang menggunakan jerigen maupun para petugas SPBU.

Selain itu, Pimpinan Ranting Pemuda Pancasila Desa Manunggang Julu juga akan melaporkan para pelaku penyalahgunaan BBM Subsidi sebagaimana diatur dalam Pasal 55 UU Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja yang menyatakan bahwa setiap orang yang menyalahgunakan Pengangkutan dan/atau Niaga Bahan Bakar Minyak, bahan bakar gas, dan/atau liquefied petroleum gas yang disubsidi pemerintah dipidana dengan pidana penjara paling lama enam tahun dan denda paling tinggi Rp60 miliar. Sanksi serupa juga dinyatakan dalam Pasal 94 ayat 3 Peraturan Pemerintah Nomor 36 Tahun 2004 tentang Kegiatan Usaha Hilir Minyak dan Gas Bumi.

Baca Juga:  Wabup Labuhanbatu Hadiri Hari Desa Nasional 2023 Di Kompleks Gelora Bung Karno Jakarta

Pimpinan Ranting Pemuda Pancasila Desa Manunggang Julu juga meminta masyarakat berperan aktif mengawasi dan melaporkan kepada aparat penegak hukum apabila menemukan penyimpangan-penyimpangan dalam penyaluran dan pemakaian BBM Subsidi.

Penulis : Dedy Tyson.

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Bayi Laki Laki Ditemukan Warga Tergeletak di Pinggir Jalan Polres Taput Lidik Orang Tua Anak

25 Mei 2024 - 19:08 WIB

Duarrr! Diduga Gudang Oplosan Elpiji Meledak 13 Orang Jadi Korban Kebakaran

25 Mei 2024 - 19:00 WIB

Kapolres Pelabuhan Belawan Pimpin Sertijab Kasat Narkoba Dan Kasat Lantas

25 Mei 2024 - 18:40 WIB

Plt. Bupati Hadiri Pelantikan Panwaslu Kecamatan se-Kabupaten Labuhanbatu

25 Mei 2024 - 00:22 WIB

Pimpinan Forkopimda Labuhanbatu Melepas Pawai Lilin Waisak 2568

25 Mei 2024 - 00:08 WIB

Manager Operasional Klarifikasi Legalitas PT Koko Samudera

24 Mei 2024 - 23:56 WIB

Trending di Berita Terkini