Menu

Mode Gelap
Asisten I: Peraturan Kesejahteraan Ibu dan Anak Perlu Dikuatkan dengan Undang-Undang Khusus Plt. Bupati Apresiasi Pelantikan 45 Anggota PPK di Labuhanbatu untuk Pilkada 2024 Polsek Firdaus Sergai Amankan Dua Anggota Geng Motor Meresahkan Warga Hatonduhan Ragukan Integritas KPUD Simalungun, Diduga Langgar Kode Etik Penyelenggaraan Pemilu Picu Kemacetan Depo Milik JIU Resahkan Warga Sekitar Dan Pengguna Jalan

Berita Terkini · 13 Jun 2022 05:46 WIB · waktu baca : ·

Pengadilan Agama Lubuk Pakam Kelas I B Dinilai Langgar UU Pers dan UU KIP


 Pengadilan Agama Lubuk Pakam Kelas I B Dinilai Langgar UU Pers dan UU KIP Perbesar

Deli Serdang, NET24JAM.ID – Sidang perceraian yang di adakan Pengadilan Agama Kelas IB Lubuk Pakam  Jalan Mahoni No.3  dinilai langgar UU Pers serta UU KIP dengan melarang wartawan dan enggan di liput oleh media, Senin (13/6/2022).

Sungguh sangat di sayangkan, apa yang di lakukan oleh Pengadilan Agama Lubuk Pakam yang sangat tertutup saat sidang perceraian, media di larang masuk untuk meliput dan di duga pihak pengadilan terkesan menghambat tugas media sebagai sosial kontrol.

Hal ini terjadi Ketika wartawan NET 24 JAM hendak masuk ke lokasi areal Pengadilan, beberapa penjaga yang tidak di ketahui identitasnya dan hanya berpakaian kemeja putih serta tidak ada identitas yang menempel di bajunya tidak memperbolehkan awak media masuk dan penjaga tersebut malah mengatakan ini perintah pimpinan.

Baca Juga:  Peluang Untuk 27 Posisi Jabatan di IKN, Minat? Simak Selengkapnya!

Bahkan mirisnya para penjaga-penjaga tersebut menantang tidak takut untuk di beritakan atas prilakunya yang menghalangi tugas media untuk meliput padahal di dalam undang-undan Pers no.40 tahun1999 jelas di sebutkan yang menghalang-halangi tugas media bisa terkena kena pidana.

Namun berbeda dengan peraturan yang di keluarkan oleh Pimpinan Pengadilan Agama Lubuk Pakam yang jelas-jelas melanggar undang-undang Keterbukaan Informasi Publik (KIP) no.14 tahun 2008 yang sudah di sahkan oleh pemerintah, namun terang-terang mereka langgar.

Dalam hal ini, diminta kepada Dirjen Pengadilan Agama agar mengevaluasi Pimpinan Pengadilan Agama Lubuk Pakam yang di duga terjadi pengintimidasian terhadap penggugat cerai sehingga mereka yang sudah tidak sepaham dan sejalan lagi di dalam rumah tangga mereka gagal bercerai

Dok : Terlihat sebagian pengunjungpun tidak mematuhi prokes

Dan sungguh anehnya lagi, para penjaga pintu gerbang tersebut, memilih-milih pengunjung yang di perbolehkan masuk, dan di duga ada nefotisme di dalam lingkungan Pengadilan Agama Lubuk Pakam.

Baca Juga:  PT. Agricon Indonesia Buka Klinik Tani Gratis di UD. Sioloi Poda Tani Kecamatan Silahi Sabungan

Dari surat edaran yang di tempelkan di tembok pintu gerbang yang dikeluarkan oleh Dirjen Pengadilan Agama terlihat tidak sesuai dengan apa yang di terapkan oleh penjaga pintu gerbang yang berterkaitan dengan Covid 19 sementara di surat tersebut tidak ada larangan media untuk meliput dan mendampingi penggugat cerai.

Baca Juga:  Polisi Kawal Pembagian BLT Pada Warga Kurang Mampu di Medan

Namun yang di perbolehkan masuk oleh penjaga hanya yang bersangkutan saja namun sedangkan pendamping tidak di perbolehkan masuk untuk sebagai teman yang bersangkutan walau sudah memenuhi persyaratan prokes.

Hal ini jelas menjadi pertanyaan besar bagi awak media dan sebagian pengunjung yang akan menghadiri sidang, Ada apa sebenarnya yang terjadi di lingkungan Pengadialn Agama Lubuk Pakam ini, sementara para penjaga pintu gerbang tersebut malah terlihat tidak menjalan protokol kesehatan seperti memakai masker dan juga para petugas-petugas yang lain keluar masuk tidak menerapkan prokes.

(Fendi)

Editor : Alfin

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Asisten I: Peraturan Kesejahteraan Ibu dan Anak Perlu Dikuatkan dengan Undang-Undang Khusus

18 Mei 2024 - 06:31 WIB

Plt. Bupati Apresiasi Pelantikan 45 Anggota PPK di Labuhanbatu untuk Pilkada 2024

18 Mei 2024 - 06:16 WIB

Jalani Desk Evaluasi Lapas Medan Optimis Raih Predikat WBK

16 Mei 2024 - 22:39 WIB

Plt. Bupati Ajak Masyarakat Untuk Mensukseskan Program Bangga Kencana

16 Mei 2024 - 20:57 WIB

Kaban BPBD Labuhanbatu MOU dengan Pengembang Perumahan Karya Mandiri Residence

16 Mei 2024 - 20:36 WIB

Polsek Firdaus Sergai Amankan Dua Anggota Geng Motor Meresahkan

16 Mei 2024 - 17:01 WIB

Trending di Berita Terkini