Menu

Mode Gelap
Bayi Laki Laki Ditemukan Warga Tergeletak di Pinggir Jalan Polres Taput Lidik Orang Tua Anak Duarrr! Diduga Gudang Oplosan Elpiji Meledak 13 Orang Jadi Korban Kebakaran Kapolres Pelabuhan Belawan Pimpin Sertijab Kasat Narkoba Dan Kasat Lantas Plt. Bupati Hadiri Pelantikan Panwaslu Kecamatan se-Kabupaten Labuhanbatu Pimpinan Forkopimda Labuhanbatu Melepas Pawai Lilin Waisak 2568

Berita Terkini · 27 Apr 2024 13:47 WIB · waktu baca : ·

Pelindo Regional I : Pass Masuk Pelabuhan Belawan Bukan Biaya Parkir


 Foto : Terminal Penumpang Bandar Deli Belawan. Perbesar

Foto : Terminal Penumpang Bandar Deli Belawan.

NET24JAM.ID || Medan – PT Pelindo Regional I Belawan menjawab tudingan dan komplain sejumlah masyarakat atas tarif pass masuk ke Pelabuhan Belawan atau Terminal Penumpang Bandar Deli.

Tudingan dari beberapa masyarakat yang kesal atas peraturan PT Pelindo Regional I Belawan mengenai pass masuk ke Pelabuhan Belawan atau Terminal Penumpang Bandar Deli.

Hal itu disampaikan oleh Humas PT Pelindo Regional I Belawan, Sabtia kepada wartawan, Sabtu (27/4/2024).

Sabtia menjelaskan, karcis masuk Pelabuhan Belawan yang diterima setiap pengendara baik roda empat maupun roda dua juga roda tiga atau becak merupakan pass masuk dan bukan biaya parkir. 

Baca Juga:  Kapolres Sergai Lakukan Pengecekan Pos Pam dan Pos Yan untuk Persiapan Lebaran Idulfitri.

“Pelabuhan merupakan area terbatas yang hanya diperuntukkan bagi penumpang yang akan berlayar menggunakan moda transportasi kapal laut, maupun kegiatan bongkar muat barang dan hanya diperbolehkan terhadap yang memiliki kepentingan,” jelasnya.

Dikatakan Sabtia, tarif pass masuk Pelabuhan Belawan sudah diberlakukan sejak beberapa tahun yang lalu sekitar Tahun 2013 yang berfungsi untuk pendeteksian orang keluar masuk pelabuhan.

Lebih lanjut, Sabtia menerangkan hal ini merupakan bagian dari implementasi terhadap Kode Keamanan Internasional terhadap kapal dan fasilitas pelabuhan (The International Ship and Port Facility Security Code-ISPS Code) dalam rangka meningkatkan kepuasan pelanggan dan memberikan jaminan keamanan, kenyamanan dalam melakukan kegiatan bisnis.

Baca Juga:  Pelaku Curanmor di Desa Damuli Ditangkap Polisi

“Untuk masuk di kawasan Pelabuhan Belawan wajib memiliki tanda masuk (Pass) dengan menerapkan prosedur izin masuk berdasarkan ID Code sesuai Port Facility Security Plan (PFSP) yang dikeluarkan oleh Pelindo atas rekomendasi regulator,” tuturnya.

“Adapun Pas harian untuk orang, per orang sekali masuk telah ditetapkan tarif sebesar Rp.5.000,-, sedangkan Pas bulanan Pekerja di Pelabuhan per orang per bulan (khusus untuk ke halaman) telah ditetapkan tarif sebesar Rp.50.000,- dan Pas tahunan Pekerja di Pelabuhan per orang per tahun untuk ke halaman ditetapkan tarif sebesar Rp.400.000,-, untuk ke Dermaga ditetapkan tarif sebesar Rp.500.000,- dan untuk ke kapal ditetapkan tarif sebesar Rp.600.000,” ujarnya lagi.

Baca Juga:  Sssst!! Ada Jembatan di Labuhanbatu Telan Rp1,6 Miliar Belum Berfungsi

Sabtia memaparkan, untuk sopir dan kernetnya sekali masuk Rp15.000 bersama kendaraan yang dibawanya seperti truk, truk gandeng, bus/sedan/minibus/pick up dan sejenisnya, sedangkan untuk sepeda motor dan becak dan sejenisnya ditetapkan tarif sebesar Rp.10.000,- pass harian per kendaraan berikut pengemudi.

“Tarif-tarif tersebut sudah berlaku sejak 11 tahun yang lalu yang sesuai dengan Peraturan Direksi Pelindo dan sistem pembayarannya menggunakan id card,” paparnya.

(Fendi)

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Bayi Laki Laki Ditemukan Warga Tergeletak di Pinggir Jalan Polres Taput Lidik Orang Tua Anak

25 Mei 2024 - 19:08 WIB

Duarrr! Diduga Gudang Oplosan Elpiji Meledak 13 Orang Jadi Korban Kebakaran

25 Mei 2024 - 19:00 WIB

Kapolres Pelabuhan Belawan Pimpin Sertijab Kasat Narkoba Dan Kasat Lantas

25 Mei 2024 - 18:40 WIB

Plt. Bupati Hadiri Pelantikan Panwaslu Kecamatan se-Kabupaten Labuhanbatu

25 Mei 2024 - 00:22 WIB

Pimpinan Forkopimda Labuhanbatu Melepas Pawai Lilin Waisak 2568

25 Mei 2024 - 00:08 WIB

Manager Operasional Klarifikasi Legalitas PT Koko Samudera

24 Mei 2024 - 23:56 WIB

Trending di Berita Terkini