Menu

Mode Gelap
Idul Adha 1445 H, KSOP Utama Belawan Qurban 9 Ekor Lembu Danlanud Yohanis Kapiyau Timika Kerahkan Personel Sukseskan MTQ Terpampang Wajah 15 Oknum Polrestabes Medan Jadi Buronan Pimpinan DPRD Sumut Sebut JTP Tidak Melanggar Kode Etik Rayakan Idul Adha 1445 H Lapas Medan Potong Hewan Kurban

News · 8 Jul 2022 02:20 WIB · waktu baca : ·

Pelabuhan Teluk Nibung Tanjung Balai Bakal Dibuka Kembali


 Pelabuhan Teluk Nibung Tanjung Balai Bakal Dibuka Kembali Perbesar

Kepala KSOP Tanjung Balai M.Syafrizal SE Kepada Awak Media Terangkan Wacana Buka Pelabuhan Teluk Nibung

Tanjung Balai, NET24JAM – Pelabuhan Penumpang Teluk Nibung telah lama tidak beroperasi sejak pandemi Covid-19 dua tahun lalu.
Namun diperkirakan akan kembali dibuka menunggu keluarnya surat edaran dari Kementrian Perhubungan.

Kepala Kantor Kesyahbandaran Otoritas Pelabuhan (KSOP) Tanjung Balai M. Syafrizal SE MH mengatakan saat ini Pelabuhan Teluk Nibung masih terkendala beroperasi dilegalitas dari surat edaran Kementrian Perhubungan, sehingga Pelabuhan Penumpang Teluk Nibung masih tutup hingga saat ini, Kamis (7/7/22)..

“Saya telah mengantarkan langsung surat permohonan pembukaan kembali Pelabuhan Teluk Nibung dari Wali Kota Tanjung Balai ke Kementerian Perhubungan dengan tembusan Dirjen Perhubungan Laut tertanggal 9 Juni 2022.
Surat itu sedang berproses, saat ini menunggu balasan surat berupa legalitas agar pelabuhan dapat dibuka,” sebut M. Syafrizal.

Baca Juga:  DP3A Labuhanbatu Gelar Pelatihan Penangan Kasus Kekerasan

Menurutnya, regulasi untuk dibukanya kembali Pelabuhan Teluk Nibung sudah tidak ada masalah, hanya kendala surat Edaran dari Kementerian Perhubungan. Sebab, pihaknya dengan Pemerintah Kota Tanjung Balai telah melakukan rapat koordinasi mengenai persiapan sarana dan prasarana pendukung pengoperasian kembali pelabuhan penumpang tersebut.

“Karena CIQP atau Custom, Imigrasi, Quarantin dan Portnya itu pelabuhan, kami lah utilitynya dan pengelola Pelindo. Pada prinsipnya kami sudah siap dan telah menyatakan kesiapan ke Wali Kota Tanjung Balai, meskipun pasca pandemi Covid-19 ada lay out yang harus kita perbaharui,” lanjut M.Syafrizal.

Menurut prediksinya, dalam waktu dekat ini surat dari Kementerian Perhubungan akan diterima dan pelabuhan penumpang Teluk Nibung akan segera dibuka.
Kemudian, sambung setelah surat dari Menteri Perhubungan sudah turun, CIQP akan melakukan simulasi mengenai keberangkatan dan kedatangan penumpang di pelabuhan.

Baca Juga:  Kapolres TanjungbaIai Hadiri Syukuran Atau Tepung Tawar Jamaah Haji Oleh Travel PT. Gadika Mandiri Islami

“Kita juga masih menunggu ini dan mungkin sedikit bersabar.
Saya juga mengharapkan secepatnya, karena pada intinya kami sudah siap untuk dibukanya pelabuhan ini,” ujarnya.

Terkait hubungan dengan pihak pemerintah Malaysia, kata Syafrizal, KSOP sudah melakukan komunikasi dengan pihak Atase Perhubungan di Malaysia yang menyatakan mereka bersedia dan hanya menunggu surat dari Pemerintah Indonesia yakni Kementerian Perhubungan RI. Sehingga, lanjutnya, saat ini hanya menunggu legalitas yang mengesahkan untuk perjalanan kapal dari Pelabuhan Teluk Nibung telah diperbolehkan dan akan disampaikan ke pihak Atase Perhubungan Malaysia.

Baca Juga:  Polsek KKP Batam Giat Pengamanan Kedatangan KM Kelud Di Pelabuhan Batu Ampar

“Saya berharap lebih cepat segera Aktivitas di Pelabuhan Teluk Nibung ini bisa dibuka, mungkin Juli ini atau Agustus, sebab hal ini keinginan kita bersama sejak lebih kurang 2 tahun terakhir tidak beroperasi akibat pandemi Covid-19, karena lagi kami juga punya Dirjen Perhubungan yang baru, mungkin beliau juga menyesuaikan hingga kami juga akan terus berkomunikasi dengan beliau,”

Sementara itu, salah seorang pedagang setempat Eman (42) berharap pelabuhan ini dapat kembali beroperasi.

“Kami sangat berharap kepada pemerintah pusat dan daerah dapat membuka kembali pelabuhan ini, dikarenakan kami sebagai pedagang setempat sangat merosot penghasilan dagangan jajanan di sini, apa lagi ini dapat merugikan perekenomian.

Published : Misdi
Source : mistar.id

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Ketua DPD Tipikor Indonesia Apresiasi Inspektorat Periksa Desa-Desa di Labuhanbatu

20 Juni 2024 - 09:04 WIB

Terkait Video Mesum Mirip Sekda Taput, Polisi Layangkan Surat Panggilan Ke TS.

20 Juni 2024 - 08:57 WIB

Ali dan Mail Ditangkap dalam Transaksi Sabu di Negeri Lama

20 Juni 2024 - 08:46 WIB

Turnamen Olahraga Piala Kapolres Sergai Meriahkan Hari Bhayangkara ke-78

19 Juni 2024 - 20:30 WIB

Idul Adha 1445 H, KSOP Utama Belawan Qurban 9 Ekor Lembu

19 Juni 2024 - 19:07 WIB

Terpampang Wajah 15 Oknum Polrestabes Medan Jadi Buronan

19 Juni 2024 - 12:02 WIB

Trending di Berita Terkini