Menu

Mode Gelap
Bersama Ratusan Masyarakat Plt Bupati Ikuti Senam Sehat di Car Free Day Caleg Partai PAN Dominasi Lima Kecamatan Di Deli Serdang PSI Tapanuli Utara Geruduk Kantor KPU dan Bawaslu, Ada Apa? 102 Peserta Ikuti Seleksi MTQ Tingkat Kecamatan Bandar Huluan Tahun Baru Imlek 2575 Plt Bupati Labuhanbatu Patroli Dan Kunjungan Ke Vihara Dan Klenteng

Berita Daerah · 20 Feb 2022 13:29 WIB · waktu baca : ·

Peduli Seni Budaya Lokal, PFI Medan Adakan Ini di Rock Island Bukit Lawang


 Peduli Seni Budaya Lokal, PFI Medan Adakan Ini di Rock Island Bukit Lawang Perbesar

Langkat, NET24JAM.ID – Kesenian tradisional budaya  sudah mulai ditinggalkan seiring berkembangnya teknologi. Untuk kembali membudayakan tradisi tersebut, masyarakat Jawa, Bukit Lawang bersama PFI Medan mengadakan pagelaran seni budaya di Rock Island, Bukit Lawang pada Minggu (20/2/2022).

 

Selain meningkatkan kecintaan terhadap kesenian daerah kepada generasi muda, hal ini juga diharapkan mampu mengedukasi masyarakat dalam mengembangkan kearifan lokal dan menjadi magnet para wisatawan untuk berkunjung di daerah pariwisata yang saat ini sedang lesu. 

 

 

Pagelaran seni budaya tersebut dilakukan untuk menyemarakkan pameran foto yang sedang berlangsung di Rock Island, Bukit Lawang. 

 

Acara tersebut juga mendapat antusias dari para wisatawan yang berkunjung di Bukit Lawang.Kegiatan seni budaya tersebut juga diwarnai  atraksi pahat patung orangutan oleh pemahat Bukit Lawang, Manca.

Baca Juga:  Sarimpunan Ritonga Hadiri Rapat Evaluasi Pengisian Data Indikator KLA 2023

 

Ketua PFI Medan, Rahmad Suryadi menuturkan dengan adanya pagelaran seni dan pameran foto ini diharapkan mampu memberikan dampak positif bagi kemajuan pariwisata di Bukit Lawang yang saat ini masih lesu akibat pandemi Covid19. 

 

“Selain itu, kita berupaya untuk mengedukasi generasi muda akan pentingnya seni budaya daerah dalam mendongkrak ekonomi kreatif di daerah Bukit Lawang, dengan memperhatikan kearifan lokal akan menjadi nilai tambah sebuah pariwisata” ujar ketua PFI dua periode ini.

 

 

Baca Juga:  Diamuk Puting Beliung 77 Unit Rumah Dan 1 Tempat Ibadah Porak Poranda

Sementara, Alex Alzuhri selaku pengelola Rock Island sangat bangga dengan semangat para sepuh Jawa Bukit Lawang yang antusias dalam menyemarakkan acara pagelaran seni tradisional Jawa. Dia berharap agar pemerintah juga memperhatikan kesejahteraan dan bantuan alat untuk pelaku seni tradisional sebagai penunjang pariwisata. 

 

“Diharapkan dengan peranan pelaku dalam menggerakkan seni dan budaya, dapat mengedukasi masyarakat sekitar Bukit Lawang untuk berkecimpung dan memelihara seni budaya lokal” harap Alex. 

 

Tambah Alex lagi “Kegiatan ini sebagai motivasi untuk menggelar pagelaran seni budaya tradisional dan seni kontemporer berikutnya dengan dengan melibatkan berbagai pihak, sehingga mengedukasi dan mengembangkan kearifan lokal dan kebencanaan di Taman Nasional Gunung Leuser, Bukit Lawang. 

Baca Juga:  Apresiasi Wijaya Dharma Utama, Bupati Dorong Pelayanan PAUD di Deli Serdang

 

Sebagai pelaku seni tradisional, Mbah Sastro ada banyak kesenian yang ada di Bukit Lawang seperti budaya jawa, karo, dan melayu. Beberapa diantaranya Jaran kepang, reog, wayang orang, ludruk, kesenian karo, kesenian melayu namun tidak ada pembinaan dan keterlibatan generasi muda untuk meneruskan budaya tradisional. 

 

Dia menyayangkan tidak ada regenerasi untuk melanjutkan kesenian daerah Indonesia. “Diharapkan dengan adanya pagelaran ini, seni budaya semakin diperhatikan. Seperti terbentuknya sekolah sanggar seni atau pendidikan teater budaya di Bukit Lawang, sehingga lahir generasi penerus kesenian budaya lokal,” tandasnya.

 

(Rasid)

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

1 Unit Rumah Habis di Lahap Sijago Merah

24 Februari 2024 - 13:20 WIB

Plt. Bupati Labuhanbatu Meletakan Batu Pertama Ponpes Al -Haramain.

23 Februari 2024 - 22:45 WIB

Polsek Firdaus Amankan Mesin Judi Tembak Ikan- Ikan di Desa Sei Bamban

23 Februari 2024 - 22:25 WIB

HNSI Medan Berbagi Rejeki Pada Nelayan Serta Mendapat Dukungan Donatur

23 Februari 2024 - 21:27 WIB

Plt Bupati Menyampaikan Akan Secepatnya Membangun Tembok Penahan Erosi.

23 Februari 2024 - 20:52 WIB

Plt Bupati Labuhanbatu Mengapresiasi Direktur RSUD Rantauprapat Dengan Cepat Menangani Warga Yang keracunan Massal.

21 Februari 2024 - 18:57 WIB

Trending di Berita Daerah