Menu

Mode Gelap
KSOP Utama Belawan Optimalisasi Medsos dan Pengelolaan Arsip Dinamis Bawaslu Labuhanbatu Menerima Lima Laporan Dugaan Pelanggaran Pemilu Apel Kesiapan Latpratugas Satgasmar Pamtas Mobile RI-PNG TA 2024 Kejatisu Turun 500 Juta Dana CSR Pembangunan Gedung Pasca Sarjana USI Mulai Temukan Titik Terang Dugaan Pencurian Suara Caleg dari Partai Golkar di Medan Mulai Mencuat

Berita Terkini · 21 Des 2023 22:16 WIB · waktu baca : ·

Panglima TNI Mendampingi Presiden RI Groundbreaking Kodim IKN


 Foto : Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto Dampingi Presiden RI Joko Widodo. Perbesar

Foto : Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto Dampingi Presiden RI Joko Widodo.

NET24JAM.ID || Pnjpu – Presiden Republik Indonesia (RI) Ir. H. Joko Widodo (Jokowi) didampingi Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto, melakukan Groundbreaking Kodim Ibu Kota Nusantara (IKN) Kabupaten Penajam Paser Utara (Pnjpu), Provinsi Kalimantan Timur, pada Kamis (21/12/2023).

Kegiatan dimulainya pembangunan Komando Distrik Militer (Kodim) di IKN merupakan salah satu agenda rangkaian kegiatan Presiden selama lawatannya ke Penajam Paser Utara.

Presiden mengatakan pembangunan Kodim IKN diatas tanah seluas 3.29 hektar harus disesuaikan dengan visi IKN sebagai Forest City dengan segala sarana dan prasarananya. kedepannya harus menjadi contoh Kodim di seluruh tanah air. 

Baca Juga:  Wakil Bupati Labuhanbatu Ikuti Senam Massal Gebyar Merah Putih

“Kodim IKN harus didesain visi ke depan modern juga green building sehingga kedepannya nanti akan menjadi patokan atau contoh untuk seluruh Kodim di tanah air,” ujar Presiden dalam sambutannya saat peletakkan batu pertama (Groundbreaking).

Presiden berpesan pohon-pohon disekitaran pembangunan Kodim tidak terlalu banyak ditebang mengingat kawasan IKN merupakan kawasan lingkungan hijau dengan pohon kualitas baik.

Baca Juga:  Sat Narkoba Polres Labuhanbatu Amankan Pelaku Pengedar Sabu dan Pil ekstasi di Aek Kanopan Timur

“Kalau bisa dihindari penebangan sehingga nanti Kodim ini betul-betul menjadi contoh bagi Kodim-Kodim di seluruh tanah air,”  lanjut Presiden.

Presiden Jokowi menilai IKN sebagai Ibu Kota Negara dan pusat pemerintahan merupakan proyek vital nasional strategis yang harus dijamin keamanannya. 

Oleh sebab itu, Presiden berharap keberadaan Kodim IKN yang merupakan Kodim Tipe A dapat membantu pemerintah dalam tugas-tugas pengamanan serta melindungi IKN dari berbagai ancaman dan gangguan yang mengancam keutuhan bangsa dan negara Indonesia. 

Baca Juga:  High-level Dialogue on Global Development, Jokowi Usulkan Hal Ini

“Saya berharap nantinya Kodim IKN akan membantu pemerintah dalam pembinaan ketahanan wilayah, menjaga IKN dan menegakkan kedaulatan negara,” harap Presiden.

Turut mendampingi Presiden dalam kegiatan ini Mensesneg Pratikno, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo, Pj Gubernur Kaltim Akmal Malik, Kepala Otorita IKN Bambang Susantono dan Kurator Pembangunan IKN Ridwan Kamil.

(Puspen TNI)

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

KSOP Utama Belawan Optimalisasi Medsos dan Pengelolaan Arsip Dinamis

4 Maret 2024 - 16:31 WIB

Maraknya Pencurian di Lingkungan Talak Simin Kelurahan Sirandorung, Warga Kehilangan Mesin Penghisap Air.

3 Maret 2024 - 15:38 WIB

Bawaslu Labuhanbatu Menerima Lima Laporan Dugaan Pelanggaran Pemilu

2 Maret 2024 - 09:16 WIB

Apel Kesiapan Latpratugas Satgasmar Pamtas Mobile RI-PNG TA 2024

1 Maret 2024 - 16:31 WIB

Kejatisu Turun 500 Juta Dana CSR Pembangunan Gedung Pasca Sarjana USI Mulai Temukan Titik Terang

29 Februari 2024 - 07:01 WIB

Dugaan Pencurian Suara Caleg dari Partai Golkar di Medan Mulai Mencuat

28 Februari 2024 - 01:33 WIB

Trending di Berita Terkini