Menu

Mode Gelap
Pria di Sergai Nekat Bakar Rumah Mertua Setelah Ditolak Rujuk Sempat Viral, Polisi Tangkap Ayah Biadab Pelaku Bekap Bayi di Medan Danyon Arhanud 1 Marinir Pimpin Apel Siaga PAM Idul Fitri 1445 H Ratusan Kios di Pasar Tradisional Tarutung Ludes Terbakar Polisi Olah TKP Pasca Kebakaran Pasar Tradisional Tarutung

Berita Terkini · 6 Okt 2023 22:05 WIB · waktu baca : ·

Panglima TNI Instruksikan Kampanye Aksi Pengurangan Sampah


 Panglima TNI Instruksikan Kampanye Aksi Pengurangan Sampah Perbesar

NET24JAM.ID II Jakarta – Jajaran TNI untuk terus terlibat dalam aksi pengurangan sampah melalui kampanye gerakan setop wariskan sampah sebagai upaya menjaga kelestarian lingkungan yang menjadi salah satu hal vital dalam memastikan stabilitas ketahanan negara.

Demikian dikatakan Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono di depan awak media, usai menyambut kedatangan tim The Rising Tide 2023 di Mabes TNI Jakarta, Jumat (6/10/2023). 

Lebih lanjut disampaikan Laksamana TNI Yudo Margono bahwa the rising tide merupakan salah satu program TNI untuk mengambil tindakan strategis dalam mengatasi pencemaran lingkungan di Indonesia dengan mendorong tiga matra TNI. 

Baca Juga:  MTQ Dan FSQ Kabupaten Labuhanbatu Resmi Dimulai, Inilah Rangkaian Acaranya

Sejak 1 hingga 6 September, the rising tide telah melakukan perjalanan triatlon dari titik nol Sabang hingga ke Jakarta, atau selama 35 hari melakukan gerakan kampanye Setop Wariskan Sampah.

“Selama di perjalanan triatlon, mereka menyampaikan gerakan-gerakan kepada masyarakat untuk setop wariskan sampah dan juga mengumpulkan sampah, khususnya sampah plastik,” ujar Panglima TNI.

Baca Juga:  Pimpin Upacara Sertijab, Ini Amanat Kapolres Karimun

Dalam kesempatan tersebut, Panglima TNI juga menyampaikan bahwa triatlon yang dilaksanakan tersebut melewati rute sepanjang 3.141 km melalui rute mulai dari Aceh, Medan, Samosir, Padang, Lampung, Palembang, Jambi, Banten, Tangerang, dan berakhir di Jakarta.

Rute sepanjang 3.141 itu terdiri atas kampanye dengan bersepeda sejauh 2.392 kilometer dari Titik Nol Sabang, kemudian melaksanakan renang sejauh 70 kilometer di Selat Malaka, Danau Toba, sampai di Selat Sunda, serta lari sejauh 679 kilometer dari Palembang ke Jakarta.

Baca Juga:  Ketua Futasi Akui Keabsahan HGU No. 1/Pematangsiantar Milik PTPN III

“Nah, sekarang ini dari Sabang menuju Jakarta, mungkin nanti berikutnya akan kami rancang lagi, mungkin dari Merauke ke Jakarta, atau dari Merauke ke IKN,” tuturnya 

Gerakan The Rising Tide adalah gerakan akar rumput yang menyadari perubahan ekosistem lingkungan akibat krisis iklim yang menjadi ancaman bagi kelangsungan hingga cara hidup seluruh makhluk hidup dan bertujuan untuk mendorong aksi kerjasama berbagai pihak dalam menciptakan lingkungan yang berkelanjutan. 

(Puspen TNI)

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Pria di Sergai Nekat Bakar Rumah Mertua Setelah Ditolak Rujuk

11 April 2024 - 16:05 WIB

Plt. Bupati Labuhanbatu Meriahkan Open House di Hari Pertama Idul Fitri

11 April 2024 - 13:21 WIB

Plt. Bupati Labuhanbatu Ellya Rosa Siregar Sholat Ied Bersama Warga di Masjid Raya Al Ikhlas.

11 April 2024 - 10:17 WIB

PLT Bupati Hj Ellya Rosa Siregar Memeriahkan Malam Takbiran di Labuhanbatu Menyambut Idul Fitri.

10 April 2024 - 00:02 WIB

Polres Sergai Gelar Apel Pengamanan Malam Takbiran

9 April 2024 - 19:58 WIB

Sempat Viral, Polisi Tangkap Ayah Biadab Pelaku Bekap Bayi di Medan

9 April 2024 - 18:49 WIB

Trending di Berita Terkini