Menu

Mode Gelap
Asisten I: Peraturan Kesejahteraan Ibu dan Anak Perlu Dikuatkan dengan Undang-Undang Khusus Plt. Bupati Apresiasi Pelantikan 45 Anggota PPK di Labuhanbatu untuk Pilkada 2024 Polsek Firdaus Sergai Amankan Dua Anggota Geng Motor Meresahkan Warga Hatonduhan Ragukan Integritas KPUD Simalungun, Diduga Langgar Kode Etik Penyelenggaraan Pemilu Picu Kemacetan Depo Milik JIU Resahkan Warga Sekitar Dan Pengguna Jalan

Berita Terkini · 24 Mei 2023 14:18 WIB · waktu baca : ·

Momentum Harkitnas Ke 115 Kapolres Toba Ajak Seluruh Komponen Bangsa Pertahankan Semangat Kebangkitan Nasional


 Momentum Harkitnas Ke 115 Kapolres Toba Ajak Seluruh Komponen Bangsa Pertahankan Semangat Kebangkitan Nasional Perbesar

Toba, NET24JAM.ID – Kapolres Toba AKBP. Taufiq Hidayat Thayeb SH. SIK., menghadiri Upacara Hari Kebangkitan Nasional Ke 115 Tahun di Halaman Kantor Bupati Kabupaten Toba Provinsi Sumatera Utara, Senin (22/05/2023)

Upacara tersebut dipimpin oleh Bupati Kabupaten Toba, Ir. Poltak Sitorus sebagai Inspektur Upacara. Kemudian Komandan Upacara Dan Kipan A 125 Yonif SMB Letda Fajri, Perwira Upacara Kapolsek Balige KOMPOL Agus Salim Siagian.

Turut di hadiri Wakil Bupati Kabupaten Toba Tonny Simanjuntak SE., Kapolres Toba AKBP. Taufiq Hidayat Thayeb SH. SIK., Pabung Kodim 0210/TU Mayor Inf. K Napitulu, Para Pimpinan OPD Pemkab Toba, Perwakilan dari Kejaksaan Negeri Balige, Siswa siswi SMAN 2 Soposurung Balige, SMPN 4 Balige, Personil Polres Toba, Personil Koramil Kodim 0210/TU se Kabupaten Toba, Personil Kompi Kipan A 125 Yonif SMB, DPRD Kabupaten Toba Mangatas Silaen

Bupati Toba Ir. Poltak Sitorus dalam sambutannya bahwa peringatan Hari Kebangkitan Nasional Ke 115 yang jatuh pada 20 Mei 2023 mengambil tema “Semangat Untuk Bangkit”. Tema ini dipilih dengan harapan dapat melambangkan nilai-nilai semangat dan kekuatan untuk bangkit menuju masa depan Indonesia yang lebih baik.

Baca Juga:  Polisi Terus Berupaya Mencari Korban Tengelam di Desa Tanjung Sarang Elang

“Hari Kebangkitan Nasional tahun ini yang pertama dimaknai sebagai momentum untuk merenungkan dan merefleksikan diri terhadap perjalanan dan langkah panjang yang dilalui. Hari Kebangkitan Nasional harus dimaknai lebih, tidak hanya sekedar diperingati saja, namun juga untuk terus semangat dalam memelihara, menumbuhkan dan menguatkan jiwa nasionalisme kebangsaan kita sebagai landasan dasar dalam persatuan dan pembangunan, menegakkan nilai-nilai demokrasi berlandaskan moral dan etika berbangsa dan bernegara, mempererat persaudaraan untuk mempercepat terwujudnya visi dan misi kita ke depan dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia,”tuturnya.

“Kedua, sebagai upaya untuk menatap masa depan yang lebih baik, sehingga sebuah cita-cita luhur saat digagasnya nilai-nilai nasionalisme yang kini menjadi tonggak peringatan harkitnas bisa terus terjaga,”tambahnya.

Bupati Poltak Sitorus juga mengungkapkan sejarah berdirinya Boedi Oetomo. Pada masanya, dr. Sutomo beserta pelajar Stovia mendirikan perhimpunan Budi Utomo untuk mengejar ketertinggalan Indonesia dari bangsa-bangsa lain.

Baca Juga:  Karang Taruna Kota Padangsidimpuan Gelar Pelatihan Satgas

Boedi Oetomo merupakan organisasi pelajar yang bergerak di bidang sosial, ekonomi dan kebudayaan yang bersifat non politik. Organisasi yang menyatukan pergerakan di Indonesia dari yang bersifat kedaerahan menjadi nasional dengan tujuan akhir Kemerdekaan.

Tujuan didirikannya Boedi Oetomo yang tercetus dalam kongres pertamanya ialah untuk menjamin kehidupan sebagai bangsa yang terhormat dengan fokus pergerakan di bidang pendidikan, pengajaran, dan kebudayaan.

Boedi Oetomo telah meletakkan tiga cita-cita bagi kebangkitan nasional yakni memerdekakan cita-cita kemanusiaan, memajukan nusa dan bangsa, serta mewujudkan kehidupan bangsa yang terhormat dan bermartabat di mata dunia.

“Kiranya, semangat dr. Sutomo masih relevan untuk kita kontekstualisasikan pada kehidupan berbangsa saat ini. Kita pun harus memupuk semangat persatuan dan pembangunan untuk bangkit bersama memulihkan bangsa pasca pandemi covid-19 yang melanda negara kita,”tuturnya.

Kita harus mendukung pemerintah Indonesia agar kita dapat bangkit bersama untuk Indonesia kembali Jaya. Semangat inilah yang akan kita bawa pada 115 tahun Hari Kebangkitan Nasional. Mari perkuat semangat Kebangkitan Nasionalisme kita dan tetaplah berjuang untuk menjaga persatuan dalam membangun bangsa, pungkasnya.

Baca Juga:  Jalan Gang Kesuma di Marelan Rusak Parah, Pemko Medan Disoalkan

Sementara itu, Kapolres Toba AKBP. Taufiq Hidayat Thayeb SH. SIK., mengajak seluruh komponen bangsa untuk terus mempertahankan bara api semangat kebangkitan nasional sembari merapatkan barisan perjuangan kita dengan menunjukkan kerja keras, kerja cerdas, juga kerja bersama demi kemandirian dan kemajuan bangsa yang berkelanjutan.

Kita juga ingin agar bara semangat kebangkitan yang kita jaga saat ini dapat menjadi lentera penerang harapan sekaligus penunjuk jalan bagi perjuangan generasi penerus bangsa kelak.

Selamat memaknai dan memperingati Hari Kebangkitan Nasional ke 115 bagi kita semua. Berjuang, belajar, bertumbuh, dan terus melangkah maju dengan Semangat Untuk Bangkit, Tutup Kapolres Toba AKBP. Taufiq Hidayat Thayeb.

Sumber : Humas Polres Toba

(Bambang)

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Asisten I: Peraturan Kesejahteraan Ibu dan Anak Perlu Dikuatkan dengan Undang-Undang Khusus

18 Mei 2024 - 06:31 WIB

Plt. Bupati Apresiasi Pelantikan 45 Anggota PPK di Labuhanbatu untuk Pilkada 2024

18 Mei 2024 - 06:16 WIB

Polsek Firdaus Sergai Amankan Dua Anggota Geng Motor Meresahkan

16 Mei 2024 - 17:01 WIB

Plt. Bupati Buka Muscab Ke-V HIPMI Kabupaten Labuhanbatu

15 Mei 2024 - 15:55 WIB

Plt Bupati Hadiri Launching Tahapan Pilkada, Ajak Masyarakat Jaga Kondusifitas

15 Mei 2024 - 15:44 WIB

Begini Kata Kapolsek Firdaus Saat Dikonfirmasi Terkait Keracunan Makanan di Sergai.

13 Mei 2024 - 18:55 WIB

Trending di Berita Terkini