Menu

Mode Gelap
Asisten I: Peraturan Kesejahteraan Ibu dan Anak Perlu Dikuatkan dengan Undang-Undang Khusus Plt. Bupati Apresiasi Pelantikan 45 Anggota PPK di Labuhanbatu untuk Pilkada 2024 Polsek Firdaus Sergai Amankan Dua Anggota Geng Motor Meresahkan Warga Hatonduhan Ragukan Integritas KPUD Simalungun, Diduga Langgar Kode Etik Penyelenggaraan Pemilu Picu Kemacetan Depo Milik JIU Resahkan Warga Sekitar Dan Pengguna Jalan

Berita Terkini · 7 Feb 2023 15:19 WIB · waktu baca : ·

Milyaran Rupiah Proyek Dinas Pariwisata Taput Dinilai Tidak Bermanfaat


 Milyaran Rupiah Proyek Dinas Pariwisata Taput Dinilai Tidak Bermanfaat Perbesar

Taput, NET24JAM.ID – Wisata kampung Nenas yang diresmikan oleh Bupati Tapanuli Utara Drs. Nikson Nababan, MSi., tepatnya berada di Desa onan Runggu I Kecamatan Sipahutar, terlihat saat ini tidak terurus dan terbengkalai dengan penuh tumbuhan rumput ilalang dan daunan yang gugur.

Padahal dana yang di kucurkan untuk pembangunan sarana prasarana pendukung untuk pengembangan Wisata Kampung Nenas tersebut tidak tanggung-tanggung dan diperkirakan menghabiskan milliaran rupiah.

Dari hasil pantauan di lapangan, Selasa (07/02/2023) kawasan wisata kampung Nenas di tumbuhi rumput liar dan ilalang yang menjuntai menutupi jalan dan juga bangunan kuliner. Polytank dengan sumur bor tidak berfungsi, bahkan mesin pompa air sudah tidak ada lagi.

Baca Juga:  200 Personil Polres Pelabuhan Belawan Amankan Hari Buruh Internasional

Kawasan wisata kampung Nenas sepertinya terabaikan dan tidak terurus sehingga pengunjung enggan datang ke sana, dan juga kampung Nenas tidak lagi dapat mendukung peningkatan perekonomian dari sektor pariwisata.

Sebelumnya tujuan kampung Nenas ini di bangun dengan maksud akan mampu meningkatkan pendapatan masyarakat dari sektor pariwisata sebagaimana kita ketahui visi Tapanuli Utara sebagai lumbung pangan dan lumbung sumber daya manusia yang berkualitas serta Daerah Tujuan Wisata.

Namun sepertinya Dinas terkait tidak sejalan dengan program tersebut dan tidak mendukung program Bupati Taput untuk meningkatkan sektor pariwisata, sekarang kampung Nenas dibiarkan begitu saja tanpa ada perawatan. Kini Kampung Nenas bagai tak bertuan.

Baca Juga:  Patah Tie Rod Dua Truk Berlawanan Arah Adu Banteng

Salah seorang warga Hutagurgur marga Simanjuntak mengatakan, bahwa semenjak kampung Nenas ini di resmikan, jarang pengunjung atau pariwisata yang datang, sehingga para pelaku kuliner enggan jualan di lokasi tersebut.

Patar Lumbangaol sekretaris LSM LP3D Wilayah Tapanuli, mengatakan , Pembangunan kampung Nenas yang seharusnya di peruntukan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar dan juga untuk mengembangkan produksi rumahan masyarakat.

“Ini berbanding terbalik dengan tujuan kampung Nenas di bangun, seharusnya dapat meningkatkan taraf hidup perekonomian masyarakat sekitar dan juga dapat mendongkrak PAD Taput,” ungkap Patar Lumbangaol.

Baca Juga:  Sat Narkoba Polres Labuhanbatu Amankan Pelaku Pengedar Sabu dan Pil ekstasi di Aek Kanopan Timur

Lanjutnya, Patar meminta supaya Inspektorat Kabupaten Tapanuli Utara memeriksa pekerjaan tersebut, dimana pemanfaatan anggaran yang tidak tepat sasaran.

“Sangat di sayangkan dengan anggaran yang sangat besar namun tidak ada manfaatnya, ini harus di periksa oleh pihak Inspektorat,” tegas Patar.

Di informasikan bahwa di lokasi wisata kampung nenas tersebut, dibangun 4 fasilitas pendukung yang bersumber dari dana DAK Dinas Pariwisata Taput tahun anggaran 2021 yang terdiri dari pembangunan area pengunjung, pembangunan plaza kuliner, pembangunan jalur pejalan kaki, sumur bor dan penataan lansekap kampung nenas.

(Fesny Anwar Manalu)

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Asisten I: Peraturan Kesejahteraan Ibu dan Anak Perlu Dikuatkan dengan Undang-Undang Khusus

18 Mei 2024 - 06:31 WIB

Plt. Bupati Apresiasi Pelantikan 45 Anggota PPK di Labuhanbatu untuk Pilkada 2024

18 Mei 2024 - 06:16 WIB

Jalani Desk Evaluasi Lapas Medan Optimis Raih Predikat WBK

16 Mei 2024 - 22:39 WIB

Plt. Bupati Ajak Masyarakat Untuk Mensukseskan Program Bangga Kencana

16 Mei 2024 - 20:57 WIB

Kaban BPBD Labuhanbatu MOU dengan Pengembang Perumahan Karya Mandiri Residence

16 Mei 2024 - 20:36 WIB

Polsek Firdaus Sergai Amankan Dua Anggota Geng Motor Meresahkan

16 Mei 2024 - 17:01 WIB

Trending di Berita Terkini