Menu

Mode Gelap
Bersama Ratusan Masyarakat Plt Bupati Ikuti Senam Sehat di Car Free Day Caleg Partai PAN Dominasi Lima Kecamatan Di Deli Serdang PSI Tapanuli Utara Geruduk Kantor KPU dan Bawaslu, Ada Apa? 102 Peserta Ikuti Seleksi MTQ Tingkat Kecamatan Bandar Huluan Tahun Baru Imlek 2575 Plt Bupati Labuhanbatu Patroli Dan Kunjungan Ke Vihara Dan Klenteng

Tak Berkategori · 2 Des 2021 13:07 WIB · waktu baca : ·

Memantik Guru Bercerita, Kawan SLI Gelar Festival Lebak Mendongeng


 Memantik Guru Bercerita, Kawan SLI Gelar Festival Lebak Mendongeng Perbesar

Lebak,NETA24JAM.ID –     Sekolah Literasi Indonesia (SLI) mengadakan Festival Guru Lebak Mendongeng sebagai momentum perayaan Hari Guru Nasional yang dilaksanakan pada tanggal 29 dan 30 November 2021 melalui Virtual Zoom. kegiatan ini dihadiri 76 guru dan pengawas sekolah/madrasah, di Kabupaten Lebak.

Festival Guru Lebak Mendongeng bertujuan untuk membangun kesadaran guru akan pentingnya kompetensi mendongeng, meningkatkan kemampuan guru untuk bercerita, dan merayakan Hari Guru Nasional di Kabupaten Lebak. 

“Kebiasaan mendongeng sudah jarang dilakukan oleh guru. Semoga dengan adanya kegiatan Festival Guru Lebak Mendongeng ini dapat memantik guru-guru untuk kembali mendongeng kepada peserta didik. Karena melalui mendongeng dapat menstimulus nalar dan daya imajinasi anak tentang cerita yang disampaikan,” ungkap Usep Saepul Anwar, Wakil Ketua 1 PGRI Kabupaten Lebak dalam menyampaikan kata sambutannya. 

Baca Juga:  Pecahkan Rekor Peserta PKP Terbaik, Rion Arios : Bangga Jadi Kader PDI Perjuangan

Acara Festival Guru Lebak Mendongeng menghadirkan dua Pendongeng Nasional,Kak Rona Mentari yang bercerita tentang pengalaman mendongeng keliling Nusantara. dan Kak Ojan yang berbagi tentang bagaimana membangun cerita yang memberdayakan. 

Baca Juga:  Penggorok Leher Anak di Tigaraksa RS (36), Terancam Hukuman Seumur Hidup

“Nasihat terbaik adalah teladan, Guru adalah seorang teladan, Jadi ceritakan dengan penuh cinta, agar anak memiliki sikap yang teladan,” ungkap Kak Ojan, pendongeng Nasional.

Selain gelar wicara bersama pendongeng Nasional, acara Festival Guru Lebak Mendongeng ini juga dimeriahkan dengan penayangan Video Dongeng Cerita Nusantara dari sebelas guru yang berasal dari sekolah/madrasah dampingan SLI di Kecamatan Leuwidamar dan Kecamatan Cikulur. 

Sekolah/Madrasah tersebut yaitu SDN 3 Nayagati, SDN 3 Cisimeut Raya, SDN 3 Bojongmenteng, MIN 1 Lebak, MI Alwashliyah, SDN 1 Margawangi, SDN 2 Lebak Parahiang, dan SDN 1 Cisimeut Raya yang berada di Kecamatan Leuwidamar. Kemudian sekolah/Madrasah di Kecamatan Cikulur yaitu SDN 1 Sukadaya, MI Nurul Falah, dan MI Darussalam. 

Baca Juga:  Konsultan Hukum PTPN III Ultimatum Penggarap Afdeling IV Kebun Bangun Tinggalkan Areal HGU

Melalui kegiatan Festival Guru Lebak Mendongeng, guru guru di Kabupaten Lebak dapat membudayakan kembali tentang kegiatan Mendongeng di lingkungan sekolah. Sehingga anak anak dapat meningkatkan minat baca, sekaligus melatih kemampuan Nalar dan dmDaya Imajinasi anak.

(Rasid)

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Paskas Ajak Masyarakat Kota Tebing Tinggi Untuk Bersedekah

27 November 2023 - 20:03 WIB

BNN Pinjam Pakai Gedung TC Sosial Untuk Tempat Rehabilitasi Penyalahgunaan Narkoba

5 Oktober 2023 - 11:25 WIB

Cabuli Anak Dibawah Umur Warga Naga Kesiangan Di Jemput Polisi Tebing Tinggi

5 Oktober 2023 - 10:24 WIB

Bahas Sukseskan Pemilu Forkopimda Gelar Rakor Bersama Forkopimcam Bandar Huluan

18 September 2023 - 21:01 WIB

Bupati Buka Talk Show Peran Perempuan Dalam Mewujudkan Kerukunan di Kabupaten Labuhanbatu

14 September 2023 - 09:17 WIB

Malam Perpisahan Sahabat BNN Berlangsung Khidmat

14 September 2023 - 09:09 WIB

Trending di Berita Daerah