Menu

Mode Gelap
Lapas Kelas 1 Medan Laksanakan Tes Urine Bagi WBP Yang Ikut Rehabilitasi Respon Cepat Polisi Tangkap Pelaku Begal di Desa Manunggal Jajaran Lapas Narkotika Kelas IIA Pematangsiantar Peringati HKN Ada Kejanggalan Penetapan Tersangka di Polda Sumut Loloskan PPK Titipan Integritas KPU Simalungun Menjadi Sorotan Dan Dinilai Nodai Demokrasi

Tak Berkategori · 2 Des 2021 13:07 WIB · waktu baca : ·

Memantik Guru Bercerita, Kawan SLI Gelar Festival Lebak Mendongeng


 Memantik Guru Bercerita, Kawan SLI Gelar Festival Lebak Mendongeng Perbesar

Lebak,NETA24JAM.ID –     Sekolah Literasi Indonesia (SLI) mengadakan Festival Guru Lebak Mendongeng sebagai momentum perayaan Hari Guru Nasional yang dilaksanakan pada tanggal 29 dan 30 November 2021 melalui Virtual Zoom. kegiatan ini dihadiri 76 guru dan pengawas sekolah/madrasah, di Kabupaten Lebak.

Festival Guru Lebak Mendongeng bertujuan untuk membangun kesadaran guru akan pentingnya kompetensi mendongeng, meningkatkan kemampuan guru untuk bercerita, dan merayakan Hari Guru Nasional di Kabupaten Lebak. 

“Kebiasaan mendongeng sudah jarang dilakukan oleh guru. Semoga dengan adanya kegiatan Festival Guru Lebak Mendongeng ini dapat memantik guru-guru untuk kembali mendongeng kepada peserta didik. Karena melalui mendongeng dapat menstimulus nalar dan daya imajinasi anak tentang cerita yang disampaikan,” ungkap Usep Saepul Anwar, Wakil Ketua 1 PGRI Kabupaten Lebak dalam menyampaikan kata sambutannya. 

Baca Juga:  AKBP Ferio Sano Ginting Sik, MH., Pimpin Penangkapan Dan Amankan Perladangan Ganja di Dairi

Acara Festival Guru Lebak Mendongeng menghadirkan dua Pendongeng Nasional,Kak Rona Mentari yang bercerita tentang pengalaman mendongeng keliling Nusantara. dan Kak Ojan yang berbagi tentang bagaimana membangun cerita yang memberdayakan. 

Baca Juga:  3 Pemilik Judi Ketangkasan Tembak Ikan di Komplek Marelan Poin Tak Tersentuh Hukum

“Nasihat terbaik adalah teladan, Guru adalah seorang teladan, Jadi ceritakan dengan penuh cinta, agar anak memiliki sikap yang teladan,” ungkap Kak Ojan, pendongeng Nasional.

Selain gelar wicara bersama pendongeng Nasional, acara Festival Guru Lebak Mendongeng ini juga dimeriahkan dengan penayangan Video Dongeng Cerita Nusantara dari sebelas guru yang berasal dari sekolah/madrasah dampingan SLI di Kecamatan Leuwidamar dan Kecamatan Cikulur. 

Sekolah/Madrasah tersebut yaitu SDN 3 Nayagati, SDN 3 Cisimeut Raya, SDN 3 Bojongmenteng, MIN 1 Lebak, MI Alwashliyah, SDN 1 Margawangi, SDN 2 Lebak Parahiang, dan SDN 1 Cisimeut Raya yang berada di Kecamatan Leuwidamar. Kemudian sekolah/Madrasah di Kecamatan Cikulur yaitu SDN 1 Sukadaya, MI Nurul Falah, dan MI Darussalam. 

Baca Juga:  Kasus Dugaan Korupsi Dana Hibah Rp36,5 Miliar di KPU, Kejari Sergai Dipertanyakan

Melalui kegiatan Festival Guru Lebak Mendongeng, guru guru di Kabupaten Lebak dapat membudayakan kembali tentang kegiatan Mendongeng di lingkungan sekolah. Sehingga anak anak dapat meningkatkan minat baca, sekaligus melatih kemampuan Nalar dan dmDaya Imajinasi anak.

(Rasid)

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Pembelian BBM Jenis Pertalite Pakai Jerigen Di Duga Menjadi Ajang Pungli Di SPBU 14.211.212

21 Mei 2024 - 10:19 WIB

Terpilih Secara Aklamasi Boster Sitio Pimpin Koni Labuhanbatu Hingga 2028

28 April 2024 - 08:52 WIB

Forkopimda Labuhanbatu dan Labura Buka Puasa Bersama Kapolres Labuhanbatu

24 Maret 2024 - 09:13 WIB

Bandar Huluan Gelar Rapat Materi Sosialisasi Penggunaan ADN Dan Dana Desa Tahun 2024

20 Maret 2024 - 05:52 WIB

PTPN IV Ragional II Kebun Dolok Ilir Dan Pengusaha CV Sinar Tenera Sepakat Melakukan Perawatan Jalan Protokol

6 Maret 2024 - 11:43 WIB

Paskas Ajak Masyarakat Kota Tebing Tinggi Untuk Bersedekah

27 November 2023 - 20:03 WIB

Trending di Berita Terkini