Menu

Mode Gelap
Saat Memasak Teh Disawah Pria Ini Tewas Tertimpa Longsor Polres Labuhanbatu Tangkap Pencuri Pupuk Dari Gudang PT. Smart Tim Gabungan SFQR Lanal Balikpapan Gagalkan Penyelundupan Kosmetik Ilegal Polisi Bekuk Pengedar Narkoba di Desa Helvetia, Sita 5 Paket Sabu Mabes Polri Dan Poldasu Temukan RumahTempat Pembuat Ekstasi

Berita Terkini · 9 Jan 2024 10:29 WIB · waktu baca : ·

Mahkamah Agung Tolak Kasasi Pemohon Corry Tentang Pemilihan Rektor USI Periode 2022 – 2026


 Mahkamah Agung Tolak Kasasi Pemohon Corry Tentang Pemilihan Rektor USI Periode 2022 – 2026 Perbesar

NET24JAM.ID || Pematang Siantar.- Mahkamah Agung (MA) Republik Indonesia telah mengeluarkan putusan hukum atas gugatan permohonan Kasasi oleh Corry Purba, Dosen yang juga sekaligus mantan Rektor Universitas Simalungun (USI) periode 2018-2022.

Pemohon kasasi Corry diketahui, melakukan gugatan kepada Pengurus Yayasan USI (termohon Kasasi I) dan Sarintan Effratani Damanik (termohon Kasasi II), yang saat ini menjabat sebagai Rektor USI. Gugatan dilayangkan, karena menilai proses pemilihan Rektor USI 2022-2026 tidak benar dan tidak sesuai aturan yang berlaku.

Informasi diatas disampaikan oleh Binaris Situmorang, SH, selalu kuasa hukum dari termohon Kasasi II, kepada beberapa awak media pada Senin, (8/1/2024), di jalan Surabaya, kota Pematangsiantar

Menurut Binaris Situmorang, kuasa hukum Sarintan (termohon II ) menjelaskan, bahwa putusan Kasasi MA tersebut telah keluar dengan Nomor : 490 K/TUN/2023. Hal ini diputuskan dalam rapat permusyawaratan Majelis Hakim, pada hari Selasa, tanggal 12 Desember 2023, oleh Is Sudaryono sebagai Ketua Majelis, Lulik Tri Cahyaningrum dan Cerah Bangun sebagai Anggota.

Baca Juga:  Gerebek Kampung Narkoba Satresnarkoba Polres Toba Tangkul 3 Pecinta Sabu

“Mengadili, menolak permohonan kasasi dari pemohon Kasasi Corry; Menghukum Pemohon Kasasi membayar biaya perkara pada tingkat kasasi sejumlah Rp500.000,00 (lima ratus ribu Rupiah). Dan diucapkan dalam sidang terbuka untuk umum pada hari itu juga oleh Ketua Majelis dengan dihadiri Hakim-Hakim Anggota tersebut dan Andi Nur Insaniyah, S.H., Panitera Pengganti tanpa dihadiri oleh para pihak,” bunyi isi putusan tersebut yang ditunjukkan Binaris kepada sejumlah insan pers sembari menambahkan bahwa pihaknya menerima surat pemberitahuan putusan Kasasi tersebut tanggal 3 Januari 2024.

Baca Juga:  Bongkar Toko Ponsel, Pencuri Ini Naas Didepan SPBU Brohol

Dijelaskan Binaris, Gugatan Corry, diawali karena pemilihan Rektor USI periode 2022-2026, dimana Corry dan Sarintan berkompetisi menjadi rektor. ” Dan Diputuskan oleh Yayasan USI, bahwa klien saya Sarintan Effratani Damanik, terpilih sebagai Rektor USI. Namun Corry, kemudian melakukan gugatan ke PTUN Medan yang diputuskan pada 4 April 2023, lanjut ke PTTUN Medan yang diputuskan pada 21 Juni 2023 dan MA putusan pada 12 Desember 2023,” jelasnya.

Ketika awak media bertanya langkah yang akan ditempuh pihaknya, Binaris selaku kuasa hukum termohon II mengaku saat ini pihaknya masih mengapresiasi keberadaan MA RI dan seluruh pihak, yang mana selama ini ada gonjang – ganjing tentang kepemimpinan rektorat USI, namun setelah ada putusan MA yang inkrah, bisa menjawab semua dugaan – dugaan yang sempat beredar ditengah-tengah masyarakat.

Baca Juga:  Kejatisu Turun 500 Juta Dana CSR Pembangunan Gedung Pasca Sarjana USI Mulai Temukan Titik Terang

Lebih lanjut, Binaris Situmorang menerangkan bahwa seluruh proses dan administrasi kelengkapan sudah dipenuhi pihaknya sehingga itulah yang menjadikan hakim menolak gugatan penggugat. “Kami tidak boleh mengintervensi hakim dalam menetapkan putusan karena itu merupakan domain dari setiap hakim.

Diakhir konferensi pers, Binaris memberitahukan bahwa pihaknya mendorong Rektor Sarintan E Damanik agar tetap menjalankan tugas seperti biasanya setelah putusan berkekuatan hukum tetap. Kalau alasan penolakan MA, karena dalil dari pemohon Kasasi tidak dapat dibuktikan, tidak cukup berdasar,” pungkasnya.

(Bambang)

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Saat Memasak Teh Disawah Pria Ini Tewas Tertimpa Longsor

15 Juni 2024 - 16:30 WIB

Polres Labuhanbatu Tangkap Pencuri Pupuk Dari Gudang PT. Smart

15 Juni 2024 - 16:19 WIB

Polsek Perbaungan Tangkap Pencuri Kios Pupuk di Sergai

14 Juni 2024 - 20:59 WIB

Polres Sergai Tangkap Pelaku Penggelapan Sepeda Motor di Teluk Mengkudu

14 Juni 2024 - 17:37 WIB

Tim Gabungan SFQR Lanal Balikpapan Gagalkan Penyelundupan Kosmetik Ilegal

14 Juni 2024 - 15:33 WIB

Polisi Bekuk Pengedar Narkoba di Desa Helvetia, Sita 5 Paket Sabu

14 Juni 2024 - 15:06 WIB

Trending di Berita Terkini