Menu

Mode Gelap
Laporan Di SP3kan Keluarga Monang Samosir Prapidkan Penyidik Polres Dan Kejari Simalungun Plt. Bupati Labuhanbatu Saksikan Pagelaran Wayang Kulit di Hari Bhayangkara Sambut 1 Muharram 1446 H, BKM Nurul Islam Gelar Gotong-royong Kapolres Sergai Resmikan Sarana Air Bersih di Desa Makmur UNITA Taput Larang Mahasiswa Ikuti Aksi Demonstrasi

Berita Terkini · 2 Jul 2024 11:12 WIB · waktu baca : ·

Mahasiswa Psikologi Universitas HKBP Nommensen Dukung Pembinaan Moralitas di Lapas Medan


 Mahasiswa Psikologi Universitas HKBP Nommensen Dukung Pembinaan Moralitas di Lapas Medan Perbesar

NET24JAM.ID || Medan.- Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Medan terus berupaya meningkatkan program pembinaan moralitas di Lapas Kelas I Medan. Kali ini, Lapas Medan bersama 8 Orang mahasiswa magang Fakultas Psikologi Universitas HKBP Nommensen melaksanakan kegiatan seminar tentang resiliensi dan penelitian psikologi, Senin (01/7/2024).

Kepala Lapas Kelas I Medan, Maju Amintas Siburian, mendukung penuh kontribusi praktek kerja Lapangan di Ruang Belajar Pembinaan Moralitas yang dilakukan oleh mahasiswa magang Fakultas Psikologi Nommensen tersebut. Apresiasi bagi Mahasiswa Magang yang telah melakukan kegiatan seminar dan penelitian.

Baca Juga:  Kapolres TanjungbaIai Hadiri Syukuran Atau Tepung Tawar Jamaah Haji Oleh Travel PT. Gadika Mandiri Islami

Menurutnya Kalapas, sebagai perguruan tinggi memang harus menyelenggarakan Tridarma Perguruan Tinggi, dan pengabdian kepada masyarakat merupakan salah satu wujudnya.

“Adik-adik mahasiswa ini mencoba mengangkat moril, dan semangat mereka (narapidana) menjadi suatu hal yang positif,” Jelas Kalapas.

“Lapas Medan saat ini sedang melaksanakan program pembinaan moralitas bagi warga binaan yang mengikuti kegiatan masa pengenalan lingkungan (mapenaling), dalam prosesnya pelaksanaannya bersama mahasiswa ikut berkontribusi positif dalam mendukung kegiatan pembinaan moralitas bagi warga binaan,” ucap Maju.

Baca Juga:  Kapolres Sergai Pimpin Upacara Hari Bhayangkara ke-78

Peristiwa Sembiring, selaku Kabid Pembinaan, melalui Kasi Bimkemas, M. Kurniawan mengatakan hadirnya mahasiswa Psikologi ini juga dapat memberikan motivasi karena narapidana bisa percaya diri kembali untuk kembali ke rumah dan tidak terpengaruh stigma negatif masyarakat bahwa mantan narapidana itu buruk.

Baca Juga:  Plt Bupati Labuhanbatu Hadiri Puncak Harganas di Semarang

“Masyarakat nantinya bisa sadar bahwa inilah sebenarnya di dalam lapas. Mereka (narapidana) dibina, dan diberdayakan, sehingga bisa meningkatkan kualitas hidupnya,” kata M. Kurniawan

Sementara itu, Theresya Sinaga salah satu Tim mahasiswa mengatakan,”Kegiatan seminar ini dibagi dalam tiga sesi, meliputi resiliensi, Coping Stress, dan Emotional Intelligence, jadi kegiatan ini merupakan program secara khusus berupa Webinar, dimana didalamnya terdapat kegiatan konseling, sharing session,” Terangnya.

(Wawan)

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Kapolres Serdang Bedagai Pimpin Apel Ops Patuh Toba 2024

15 Juli 2024 - 17:32 WIB

Polres Taput Laksanakan Apel Gelar Operasi Patuh Toba 2024.

15 Juli 2024 - 14:26 WIB

Partai Nasdem Resmi Dukung Pasangan Firsa-Efri Di Pilkada Kabupaten Muratara

15 Juli 2024 - 12:51 WIB

Media Nasional NET24JAM.ID Laksanakan ULTAH Yang Ke4 Tahun.

15 Juli 2024 - 00:18 WIB

DPD Tipikor Labuhanbatu Ucapkan Selamat ke-4 Tahun untuk NET24JAM.ID

14 Juli 2024 - 13:11 WIB

Lapas Medan Gelar Razia Deteksi Dini, Musnahkan Ratusan HP

12 Juli 2024 - 16:52 WIB

Trending di Berita Terkini