Menu

Mode Gelap
Asisten I: Peraturan Kesejahteraan Ibu dan Anak Perlu Dikuatkan dengan Undang-Undang Khusus Plt. Bupati Apresiasi Pelantikan 45 Anggota PPK di Labuhanbatu untuk Pilkada 2024 Polsek Firdaus Sergai Amankan Dua Anggota Geng Motor Meresahkan Warga Hatonduhan Ragukan Integritas KPUD Simalungun, Diduga Langgar Kode Etik Penyelenggaraan Pemilu Picu Kemacetan Depo Milik JIU Resahkan Warga Sekitar Dan Pengguna Jalan

Berita Terkini · 12 Mar 2023 21:02 WIB · waktu baca : ·

Lurah Brayan Bengkel : Pengangkatan Kepling VII Sesuai Perwal


 Lurah Brayan Bengkel : Pengangkatan Kepling VII Sesuai Perwal Perbesar

Medan, NET24JAM – Pengangkatan Kepala Lingkungan (Kepling) VII di Kelurahan Brayan Bengkel, Kecamatan Medan Timur beberapa waktu lalu menjadi polemik. Namun, dalam pengangkatan tersebut sudah sesuai dengan SOP Peraturan Wali Kota (Perwal) Medan.

Lurah Pulo Brayan Bengkel, Saut Sitorus mengatakan bahwa dalam penilaian tersebut tim verifikasi sudah bekerja sesuai dengan SOP yang mereka lakukan.

“Mereka bekerja sesuai dengan SOP dan ketentuan yang ada di Perwal tersebut,” katanya, Minggu (12/3/2023).

Pengangkatan Kepling tersebut kemudian menjadi polemik karena berdasarkan salah satu poin dalam Perwal tersebut adalah 30 persen dukungan dari warga. Kata Saut bahwa Perwal itu ada alasnya yakni Perda nomor 9 tahun 2017. Dalam Perda itu mengatakan bahwa Lurah memilih Kepling untuk diusulkan penetapannya kepada Camat. 

Baca Juga:  Mulai 10 Januari Bus Umum Tidak Boleh Naik Turunkan Penumpang Sepanjang Sisingamangaraja

“Jadi, kalau dalam Perwal kelengkapan 30 persen itu bisa diusulkan ke Camat untuk ditetapkan. Kebetulan dua-dua ini mencukupi suara tersebut. Tapi, bukan artinya siapa suara terbanyak itulah yang duduk. Itu cuma ketentuan saja di Perwal,” terangnya.

Tidak hanya itu, Kata Saut, bahwa Kepling yang terpilih ini berdasarkan hasil tim verifikasi menyatakan bahwa Kepling tersebut merupakan warga asli dan tinggal di daerah itu.

Baca Juga:  Danyonmarhanlan X Jayapura Sambut Silaturahmi Korps Brimob Polda Papua

“Faktanya secara domisili kependudukan bahwa Kepling yang baru ini merupakan atas nama Ade Christian Simanjuntak ini benar tinggal di Jalan Veteran Gang Pribadi nomor 26 itu sesuai Kartu Keluarga. Dalam Perwal bahwa disebutkan minimal 2 tahun tinggal di lingkungan. Sementara di Kartu Keluarganya itu tahun 2016. Dan itu tim verifikasi sudah mendatangi rumah tersebut dan sesuai,” jelasnya.

“Keluarga dan jiran tetangga mengatakan selama ini yang bersangkutan tinggal di rumah tersebut dan orang lama,” sambung Saut.

Saut juga menuturkan bahwa setelah Kepling baru itu terpilih sudah terlihat kinerja yang dilakukannya dan itu terbukti nyata di mata warga.

Baca Juga:  Kadis Sosial Diduga Telap Dana BBM Mobil Truck Dan Tangki Untuk Bencana

“Inovasi Kepling yang baru ini bagus, contoh dia sudah berbuat batas wilayah dan inovasi pojok Internet gratis untuk warga,” ucapnya.

Saut kembali menegaskan, dalam Perwal itu tidak menyebutkan siapa suara yang terbanyak dia yang menang. Tapi, memenuhi dukungan 30 persen tersebut terlengkapi.

“Yang menetapkan Camat karena sebelumnya mereka diinterview oleh Camat dan Camat memiliki hak prerogatif untuk memilih. Sementara untuk tim verifikasi sudah sesuai dengan SOP Perwal. Tim verifikasi sudah melakukan tugasnya mulai dari berkas, dukungan dan domisili,” tegasnya.

(Rasyid)

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Asisten I: Peraturan Kesejahteraan Ibu dan Anak Perlu Dikuatkan dengan Undang-Undang Khusus

18 Mei 2024 - 06:31 WIB

Plt. Bupati Apresiasi Pelantikan 45 Anggota PPK di Labuhanbatu untuk Pilkada 2024

18 Mei 2024 - 06:16 WIB

Jalani Desk Evaluasi Lapas Medan Optimis Raih Predikat WBK

16 Mei 2024 - 22:39 WIB

Plt. Bupati Ajak Masyarakat Untuk Mensukseskan Program Bangga Kencana

16 Mei 2024 - 20:57 WIB

Kaban BPBD Labuhanbatu MOU dengan Pengembang Perumahan Karya Mandiri Residence

16 Mei 2024 - 20:36 WIB

Polsek Firdaus Sergai Amankan Dua Anggota Geng Motor Meresahkan

16 Mei 2024 - 17:01 WIB

Trending di Berita Terkini