Menu

Mode Gelap
Bersama Ratusan Masyarakat Plt Bupati Ikuti Senam Sehat di Car Free Day Caleg Partai PAN Dominasi Lima Kecamatan Di Deli Serdang PSI Tapanuli Utara Geruduk Kantor KPU dan Bawaslu, Ada Apa? 102 Peserta Ikuti Seleksi MTQ Tingkat Kecamatan Bandar Huluan Tahun Baru Imlek 2575 Plt Bupati Labuhanbatu Patroli Dan Kunjungan Ke Vihara Dan Klenteng

Berita Indonesia · 4 Des 2022 14:10 WIB · waktu baca : ·

Luar Biasa! UNIMED Raih Medali Emas di PIMNAS ke 35 Tahun 2022


 Luar Biasa! UNIMED Raih Medali Emas di PIMNAS ke 35 Tahun 2022 Perbesar

Malang, NET24JAM – Ditengah-tengah kesibukan kampus dalam berbagai kegiatan akademik akhir perkuliahan semester Gasal 2022/2023, Civitas Universitas Negeri Medan (UNIMED) memperoleh kabar yang luar biasa membanggakan dan mengharukan.

Dikatakan demikian, Tim Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) UNIMED meraih juara 9 Nasional dalam acara PIMNAS ke 35 tahun 2022 di Universitas Muhammadyah Malang (UMM).

Prestasi tersebut setelah beberapa tahun belum mampu bersaing dengan kampus-kampus besar di Indonesia. Terakhir Unimed meraih Juara 10 Nasional PIMNAS 29 tahun 2016 di IPB. 

Pada kegiatan mahasiswa yang paling bergengsi di Indonesia ini, UNIMED berhasil meraih 1 medali emas, 1 medali perunggu dan 1 juara favorit dari 7 tim yang lolos mengikuti kompetisi PIMNAS ke 35 yang digelar sejak 29 November hingga 3 Desember 2022.

Dalam kompetisi PIMNAS ke 35 ini tidaklah mudah, sebab ada 97 Perguruan Tinggi di Indonesia yang lolos dan berhak mengikuti PIMNAS tersebut.

Baca Juga:  Kapolres Toba Hadiri Pelepasan 8 Calon Jemaah Haji Ketanah Suci

Selain itu, ada 374 Tim Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang berkompetisi secara nasional. Ada beberapa kategori PKM yang di kompetisikan dalam PIMNAS, yakni bidang penelitian, kewirausahaan, pengabdian kepada masyarakat, penerapan teknologi, dan penulisan karya ilmiah. Ada juga PKM artikel ilmiah dan PKM gagasan tertulis.

Kali ini, panitia PIMNAS ke 35 UMM Malang mengumumkan Perguruan Tinggi yang berhasil meraih prestasi sebagai juara pada penutupan yang digelar di Dome UMM Malang pada 3 Desember 2022. 

Pada PIMNAS ke 35 tahun 2022, juara umum diraih oleh IPB, disusul oleh UGM, ITS, UM, UB, UNHAS, ISI Solo, ITB, UNIMED, dan UNAIR. Panitia juga mengumumkan UNIMED meraih juara 9 Nasional PIMNAS ke 35 tahun 2022.

Prof. Dr. Sahat Siagian, selaku Wakil Rektor III yang ikut menyaksikan keharuan peserta Tim PIMNAS UNIMED di arena pengumuman pemenang, dirinya dan tim pendamping mengaku merasa terharu pada saat mendengar nama UNIMED dipanggil sebagai peraih Medali Emas, Perunggu dan Juara Favorit.

Baca Juga:  Inilah Giat Plt Kadis Kominfo Labuhanbatu di SMA Negeri 1 Rantau Utara

“Saya dan tim pendamping merasa terharu dan bergetar jiwa kami. Puji Tuhan tiga kali nama UNIMED dipanggil sebagai juara, dan UNIMED berhasil di daulat sebagai juara ke-9 dari 97 Perguruan Tinggi dan 374 Tim yang berperan sebagai peserta PIMNAS ke-35. Semoga prestasi membanggakan bagi warga civitas UNIMED ini terus dapat memacu seluruh mahasiswa UNIMED untuk terus berprestasi, kreatif dan maju,” ujar Sahat, Minggu (4/12/2022).

Sementara itu, Rektor UNIMED Dr. Syamsul Gultom, SKM., M.Kes, saat menerima kabar dari Wakil Rektor 3, ia juga ikut bangga dan terharu karena Unimed didaulat sebagai Juara 9 Nasional dengan meraih 1 Medali Emas, 1 Medali Perunggu, dan 1 Juara Favorit.

“Tiga tim PKM mahasiswa dan dosen pendamping yang meraih medali, dan 7 tim yang berhasil lolos ke PIMNAS, hal ini harus kita beri apresiasi secara baik, karena telah berhasil mengharumkan nama UNIMED di PIMNAS ke 35,” ucap Syamsul.

Baca Juga:  Tenaga Kesehatan Tanggamus Ikut Tes Seleksi P3K

“Semoga prestasi membanggakan ini dapat memantik dan memacu seluruh mahasiswa UNIMED untuk lebih berprestasi masuk 5 besar di PIMNAS ke-36 di UNPAD Bandung tahun 2023 mendatang,” ujarnya kembali.

Salah seorang tim yang meraih Medali Emas Sulandari Mahasiswa Fisika FMIPA sebagai ketua tim mengatakan, “Kami persembahkan Medali Emas ini buat UNIMED kampus tercinta kami, semoga UNIMED maju terus dan membanggakan warga Sumatera Utara. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada Bapak Rektor, Wakil Rektor, Dekan, seluruh pimpinan, dosen pembimbing dan tim official PIMNAS UNIMED yang telah banyak memberikan dorongan dan motivasi, sehingga kami berhasil mempersembahkan medali emas ini untuk UNIMED”. 

Penulis  : Rasyid

Sumber  : Humas UNIMED 

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

1 Unit Rumah Habis di Lahap Sijago Merah

24 Februari 2024 - 13:20 WIB

Plt. Bupati Labuhanbatu Meletakan Batu Pertama Ponpes Al -Haramain.

23 Februari 2024 - 22:45 WIB

Polsek Firdaus Amankan Mesin Judi Tembak Ikan- Ikan di Desa Sei Bamban

23 Februari 2024 - 22:25 WIB

HNSI Medan Berbagi Rejeki Pada Nelayan Serta Mendapat Dukungan Donatur

23 Februari 2024 - 21:27 WIB

Plt Bupati Menyampaikan Akan Secepatnya Membangun Tembok Penahan Erosi.

23 Februari 2024 - 20:52 WIB

Plt Bupati Labuhanbatu Mengapresiasi Direktur RSUD Rantauprapat Dengan Cepat Menangani Warga Yang keracunan Massal.

21 Februari 2024 - 18:57 WIB

Trending di Berita Daerah