Menu

Mode Gelap
Danyonmarhanlan X Jayapura Sambut Silaturahmi Korps Brimob Polda Papua Bentrok Oknum Brimob Vs Anggota TNI di Sorong Berakhir Damai Plt. Bupati Tinjau Persiapan TMMD ke-120 di Desa Selat Beting Diduga Hanyut di Sungai Bilah , Tim BPBD Labuhanbatu Melakukan Pencarian Selama 15 Jam dan Ditemukan Korban Telah Meninggal . Kompol Yayang Cek e-Parkir di Wilkum Polsek Medan Baru

Berita Terkini · 2 Okt 2023 15:06 WIB · waktu baca : ·

Kapolri Diminta Tuntaskan Kasus Pembacokan di Ciputat


 Kapolri Diminta Tuntaskan Kasus Pembacokan di Ciputat Perbesar

NET24JAM.ID II Jakarta – Save Advokat Indonesia meminta Kapolri, Jenderal Listyo Sigit Prabowo menuntaskan kasus pembacokan yang dialami rekannya di Ciputat.

Permintaan tersebut disampaikan Roni Prima Panggabean, Krisdawati Hutabarat, Samuel Parasian Hutabarat, Muhammad Kadafi, Manotar Tampubolon, Evaningsih Aminullah dan Roganda Siregar.

Kemudian Pintor Marulak Tampubolon, Dhanu Prayogo, Martin Lukas, Fredi Moses Ulemlem, Theresia Mariani Purba, Elfrida Manurung, Jansen Edinata Simanjuntak dan Antonius Loi saat menyambangi Mabes Polri, pada Senin (2/10/2023).

Selain meminta Kapolri menuntaskan pembacokan terhadap rekannya, Sapto Wibowo Sutanto, para pengacara yang tergabung dalam Save Advokat Indonesia tersebut juga menuntut oknum diduga melakukan Obstruction of Justice & Abuse of Power dalam kasus tersebut dicopot.

Bahkan, para pelaku sudah diketahui dan ada pula yang telah mengakui perbuatannya membacok korban. 

Baca Juga:  Penyaluran 10 Ribu Vaksin PMK Serentak ke Kabupaten/Kota Se Sumut.

Namun ironisnya, Polsek Ciputat Timur membiarkan para pelaku tersebut bebas berkeliaran sejak kejadian pembacokan.

“Kedatangan kita ke Mabes Polri ini untuk meminta keadilan serta ketegasan dari Pak Kapolri, Kadiv Propam, Karopaminal, Kabareskrim, Karowasidik, termasuk Kapolda Metro Jaya dan Kompolnas dalam kasus pembacokan yang dialami rekan kami,” ujar Roni Prima Panggabean selaku kuasa hukum korban.

Padahal, lanjut dijelaskan Roni, kasus pembacokan yang dialami rekannya sesama pengacara tersebut telah dilaporkan sejak 31 Juli 2023 sesuai dengan Surat Tanda Terima Laporan Polisi (STTLP) No.LP/B/92/ VIII/ 2023/ SekCipTim/Res.Tangsel/PMJ, tanggal 31 Juli 2023. 

“Karena itu, Save Advokat Indonesia meminta kepada Kapolri dan/atau Kadiv Propam untuk memecat penyidik yang diduga melakukan obstruction of justice dan mencopot para oknum kepolisian Polsek Ciputat yang diduga melakukan pelanggaran kode etik,” jelas Roni.

Baca Juga:  Gegara Ini Kinerja Petinggi Polrestabes Medan Menuai Apresiasi

Berdasarkan data yang ada, ungkap Roni, oknum-oknum Polsek Ciputat yang diduga melakukan obstruction of justice dan penyalahgunaan wewenang masing-masing, Kanit Reskrim Iptu Pardaman, Panit Reskrim Ipda Sudrajat.

Kemudian, Bripka Riyanto, Brigadir Budi Hartono, dan Briptu Lutfi Fauzan Kamil serta Kapolsek Ciputat Timur.

“Berdasarkan Surat Pemberitahuan Perkembangan Hasil Penyelidikan (SP2HP) yang kita terima, nama-nama tersebut di atas tidak profesional dalam menjalankan tugasnya sebagai pelindung dan pengayom masyarakat. Bahkan, perbuatan mereka dalam menangani kasus ini telah mengangkangi program Presisi Kapolri, Jenderal Listyo Sigit Prabowo,” ungkap Roni Prima Panggabean. 

Baca Juga:  Polri Amankan MSAT Tersangka Kasus Pemerkosaan dan Pencabulan Santri di Jombang

Karena itu, atas nama Save Advokat Indonesia, Roni Prima Panggabean menegaskan, Polda Metro Jaya serta Mabes Polri diminta untuk mengambil alih penanganan kasus ini.

“Karena, patut diduga Oknum Polsek Ciputat telah melakukan permufakatan jahat atas tindak pidana pembacokan kepada rekan advokat,” tegas pengacara kondang asal Provinsi Sumatera Utara ini.

Selain itu, kata Roni, pihaknya meyakini masih banyak insan-insan dari Korps Bhayangkara yang profesional dan menjalankan program Presisi Kapolri, Jendral Listyo Sigit Prabowo. 

“Kita meyakini, bahwa masih banyak oknum kepolisian yang bermartabat, bermoral dan berintegritas untuk menggantikan para oknum Polsek Ciputat Timur yang diduga telah melakukan pembiaran pembacokan,” pungkas Roni.

(Rasyid)

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Danyonmarhanlan X Jayapura Sambut Silaturahmi Korps Brimob Polda Papua

15 April 2024 - 18:24 WIB

Bentrok Oknum Brimob Vs Anggota TNI di Sorong Berakhir Damai

15 April 2024 - 17:55 WIB

Plt. Bupati Tinjau Persiapan TMMD ke-120 di Desa Selat Beting

15 April 2024 - 11:41 WIB

Diduga Hanyut di Sungai Bilah , Tim BPBD Labuhanbatu Melakukan Pencarian Selama 15 Jam dan Ditemukan Korban Telah Meninggal .

15 April 2024 - 11:32 WIB

BPBD Labuhanbatu dan Polairud Polres Labuhanbatu Bersiaga di Dua Pos Penyeberangan

15 April 2024 - 10:42 WIB

Kompol Yayang Cek e-Parkir di Wilkum Polsek Medan Baru

13 April 2024 - 10:41 WIB

Trending di Berita Terkini