Menu

Mode Gelap
Wujudkan Generasi Berakhlak Mulia Melalui Hikmah Isra’ Mi’raj 1445 H Bersama Ratusan Masyarakat Plt Bupati Ikuti Senam Sehat di Car Free Day Caleg Partai PAN Dominasi Lima Kecamatan Di Deli Serdang PSI Tapanuli Utara Geruduk Kantor KPU dan Bawaslu, Ada Apa? 102 Peserta Ikuti Seleksi MTQ Tingkat Kecamatan Bandar Huluan

Berita Terkini · 31 Des 2023 13:21 WIB · waktu baca : ·

Kapolres Diminta Tindak Tegas Mafia BBM di Medan Labuhan


 Foto : Diduga salah satu tempat translate BBM ilegal di Kelurahan Pekan Labuhan. Perbesar

Foto : Diduga salah satu tempat translate BBM ilegal di Kelurahan Pekan Labuhan.

NET24JAM.ID || Medan – Praktik mafia Bahan Bakar Minyak (BBM) ilegal kian marak di Kelurahan Pekan Labuhan Kecamatan Medan Labuhan Kota Medan Provinsi Sumatera Utara. Para pelakunya bahkan seolah tak tersentuh hukum. 

Mengomentari hal tersebut, salah seorang warga di Kelurahan Pekan Labuhan yang enggan disebutkan namanya mengatakan, maraknya praktik mafia BBM ilegal itu terjadi karena belum disertai dengan penindakan tegas dari aparat penegak hukum khususnya Polri. 

“Masih minimnya penindakan hukum terhadap praktik mafia BBM membuat bisnis ilegal ini terus terjadi, dan makin marak di beberapa tempat di Kecamatan Medan Labuhan, diantaranya di pinggiran Jalan KL Yos Sudarso KM 21 Kelurahan Pekan Labuhan hanya berjarak bekisar 50 meter dari Terminal BBM milik Pertamina. Lalu di lingkungan 24 Kelurahan Pekan Labuhan juga dijadikan mereka tempat translate untuk menampung BBM ilegal itu,” kata warga kepada net24jam.id, Minggu (31/12/2023). 

Baca Juga:  Inilah Keseruan Hari Bhakti Imigrasi ke 73 di Sibolga

“Mereka pakai sistem translate, kemudian BBM ilegal itu dibawa mereka ke gudang penampungan di beberapa tempat di wilayah hukum Polres Pelabuhan Belawan,” ujarnya lagi. 

Bahkan, masih kata warga, tak jarang kegiatan ilegal para pengemudi mobil tangki yang diduga kuat bekerjasama dengan pemilik penampungan BBM ilegal tersebut terus berlangsung.

“Kegiatan yang sama juga berlangsung di Jalan KL Yos Sudarso KM 18,5 Kelurahan Pekan Labuhan Kecamatan Medan Labuhan. Diperkirakan setiap harinya pihak pengelola penampungan BBM ilegal tersebut memperoleh ribuan liter BBM yang mereka tampung dari mobil tangki yang kencing,” sebut warga. 

Baca Juga:  Ops Zebra Toba 2023 Tingkatkan Disiplin Masyarakat Berlalulintas

Saat disinggung dimana saja lokasi penimbunan tersebut yang berada di wilayah hukum Polres Pelabuhan Belawan? Warga menjawab bahwa pihak kepolisian khususnya Polres Pelabuhan Belawan tentu lebih mengetahuinya. 

“Pihak Polres Pelabuhan Belawan mereka kan ada Satuan Reskrim, Satuan Intel hingga jajarannya di Polsek-polsek, tentunya lebih mudah mengetahui dan bertindak itupun kalau ingin benar-benar ditindak. Jadi tidak ada alasan tidak tahu, atau memang sengaja pura-pura tidak tahu,” ketus warga. 

Warga juga menyesalkan dengan kehadiran gudang penimbunan BBM ilegal di beberapa tempat di wilayah hukum Polres Pelabuhan Belawan. Menurutnya, pihak Pertamina, BPH Migas dan Polri dinilai tidak serius terhadap praktek BBM ilegal di Sumatera Utara khususnya di wilayah hukum Polres Pelabuhan Belawan yang diduga telah merugikan negara dan meresahkan masyarakat tersebut.

Baca Juga:  Sambut Ramadhan 1444 H, Worlab Beri Sembako Pada Warga Kurang Mampu

“Disini kami meminta kepada Bapak Kapolres Pelabuhan Belawan beserta tim gabungan untuk menindak tegas para mafia BBM ilegal di Kecamatan Medan Labuhan. Tunjukkan kepada masyarakat bahwa aparat penegak hukum khususnya Polres Pelabuhan Belawan tidak tunduk pada mafia BBM,” ungkap warga. 

Terpisah, saat dikonfirmasi net24jam.id melalui via WhatsApp, Minggu (31/12/2023), Kapolres Pelabuhan Belawan AKBP Janton Silaban menerangkan bahwa pihaknya akan menindak tegas terhadap pelaku praktek BBM ilegal. 

“Saya cek dulu dengan Kasat Reskrim, kalau ada datanya bagi ya. Diatensikan untuk penindakan tegas terhadap pelaku,” jawab AKBP Janton Silaban. 

(Ridwan)

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Wujudkan Generasi Berakhlak Mulia Melalui Hikmah Isra’ Mi’raj 1445 H

26 Februari 2024 - 06:05 WIB

Plt. Bupati Ellya Rosa Siregar Mengucapkan Selamat Merayakan Hari Cap Gomeh Kepada Masyarakat Tionghoa.

25 Februari 2024 - 11:35 WIB

Plt. Bupati Labuhanbatu Meresmikan Pembangun Masjid An-Nurani di Panai Tengah.

25 Februari 2024 - 11:24 WIB

1 Unit Rumah Habis di Lahap Sijago Merah

24 Februari 2024 - 13:20 WIB

Plt. Bupati Labuhanbatu Meletakan Batu Pertama Ponpes Al -Haramain.

23 Februari 2024 - 22:45 WIB

Polsek Firdaus Amankan Mesin Judi Tembak Ikan- Ikan di Desa Sei Bamban

23 Februari 2024 - 22:25 WIB

Trending di Berita Daerah