Menu

Mode Gelap
Lapas Kelas 1 Medan Laksanakan Tes Urine Bagi WBP Yang Ikut Rehabilitasi Respon Cepat Polisi Tangkap Pelaku Begal di Desa Manunggal Jajaran Lapas Narkotika Kelas IIA Pematangsiantar Peringati HKN Ada Kejanggalan Penetapan Tersangka di Polda Sumut Loloskan PPK Titipan Integritas KPU Simalungun Menjadi Sorotan Dan Dinilai Nodai Demokrasi

Berita Terkini · 1 Nov 2023 22:58 WIB · waktu baca : ·

Kapolda Sumut : Tolak TPPU Demi Pemilu yang Damai dan Bersih


 Kapolda Sumut : Tolak TPPU Demi Pemilu yang Damai dan Bersih Perbesar

NET24JAM.ID || Deli Serdang – Kapolda Sumatera Utara (Sumut) Irjen Pol. Agung Setya Imam Effendi, menjadi pembicara dalam dialog publik di Aula Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU).

Dialog publik yang dilaksanakan oleh Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Jalan Willem Iskandar Pasar V Medan Estate Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang Sumatera Utara.

Sebagai pembicara di dalam dialog tersebut dibawa oleh Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol.Agung Setya Imam Effendi yang berlangsung pada Selasa (31/10/2023) kemarin.

Baca Juga:  Waka Polres Dairi Pimpin Apel Pagi di Polsek BuntuRaja

Dalam dialog tersebut dibahas tentang peran dan fungsi Bank Pembangunan Daerah dalam memerangi Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) pada tindakan politik 2024 yang akan datang.

“Saya mengapresiasi dialog publik yang diselenggarakan pihak UINSU bersama Organisasi Mahasiswa,” ujar Kapolda Sumut, Rabu (1/11/2023). 

Irjen Pol Agung menerangkan tujuan pencucian uang merupakan tindak pidana dengan cara menyembunyikan atau menyamarkan asal usul harta kekayaan sehingga menjadi kekayaan yang sah.

Baca Juga:  Kapolda Sumatera Utara Jenguk Personil Dalam Keadaan Sakit Sebagai Wujud Kepedulian Pemimpin

Menurutnya, Trend TPPU menggunakan pihak ketiga seperti akuntan publik sebagai perantara untuk mencuci uang, penggunaan cek berjalan untuk penyuapan pejabat pemerintahan serta peningkatan penggunaan identitas palsu untuk pembukaan rekening di bank serta dokumen palsu.

“Pada tahun politik 2024 kerawanan pencucian uang yakni penerimaan dana kampanye dari pihak yang tidak jelas, politik uang selama masa kampanye serta sumber dana kampanye dari hasil tindak pidana,” terangnya.

Baca Juga:  Gelar Mukernas : RCI Berkomitmen Majukan Dunia Pariwisata

Kapolda menegaskan TPPU itu harus dilakukan pencegahan untuk mewujudkan Pemilu yang transparan, akuntabel dan berintegritas sehingga berjalan aman dan bersih.

“Polda Sumatera Utara sendiri telah melakukan penindakan (TPPU) dalam kasus Narkotika, Judi Online dan Pemerasan di Tahun 2022. Tentunya terhadap perkara Pidana Pencucian penindakannya harus ditingkatkan,” ungkap Agung.

“Mari kita jaga integritas dalam menolak TPPU serta bersama-sama kita perangi TPPU demi terwujudnya pemilu yang damai dan bersih,” pungkasnya.

(Fendi)

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Respon Cepat Polisi Tangkap Pelaku Begal di Desa Manunggal

21 Mei 2024 - 01:25 WIB

Jajaran Lapas Narkotika Kelas IIA Pematangsiantar Peringati HKN

20 Mei 2024 - 20:51 WIB

Ada Kejanggalan Penetapan Tersangka di Polda Sumut

20 Mei 2024 - 20:05 WIB

Loloskan PPK Titipan Integritas KPU Simalungun Menjadi Sorotan Dan Dinilai Nodai Demokrasi

20 Mei 2024 - 09:34 WIB

Jalan Karya Bakti Tak Kunjung Di Perbaiki Warga Kesalkan Pemko Medan

20 Mei 2024 - 08:44 WIB

Pelaku Curanmor Naas Diamankan Polsek Medan Baru

20 Mei 2024 - 04:11 WIB

Trending di Berita Terkini