Menu

Mode Gelap
Laporan Di SP3kan Keluarga Monang Samosir Prapidkan Penyidik Polres Dan Kejari Simalungun Plt. Bupati Labuhanbatu Saksikan Pagelaran Wayang Kulit di Hari Bhayangkara Sambut 1 Muharram 1446 H, BKM Nurul Islam Gelar Gotong-royong Kapolres Sergai Resmikan Sarana Air Bersih di Desa Makmur UNITA Taput Larang Mahasiswa Ikuti Aksi Demonstrasi

Berita Terkini · 20 Mar 2023 16:49 WIB · waktu baca : ·

Kabupaten Labuhanbatu Gelar Rapat Aksi 1 dan Aksi 2 Percepatan Penurunan Stunting


 Kabupaten Labuhanbatu Gelar Rapat Aksi 1 dan Aksi 2 Percepatan Penurunan Stunting Perbesar

Labuhanbatu, NET24JAM.ID – Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Kabupaten Labuhanbatu dibawah kepemimpinan Hj. Ellya Rossa Siregar, SPd. MM., melaksanakan aksi 1 dan 2 (Analisis Situasi dan Menyusun Rencana Tindak Lanjut Kegiatan) dari 8 aksi konvergensi percepatan penurunan stunting di daerah, khususnya Kabupaten Labuhanbatu yang dilaksanakan di Aula Badan Pendapatan Daerah Labuhanbatu, Jalan Gose Gautama, Kelurahan Ujung Bandar, Kecamatan Rantau Selatan, Senin (20/03/2023).

Turut hadir sebagai peserta rapat para camat, mewakili dari masing-masing perangkat daerah, mewakili dari puskesmas,Mewakili Kantor Kementerian Agama, TP PKK dan peserta lainnya.

Baca Juga:  Panglima TNI Instruksikan Kampanye Aksi Pengurangan Sampah

Ketua TPPS Hj. Ellya Rosa Siregar, SPd. MM., dalam hal ini diwakili oleh Kepala Dinas PPKB Mahrani, SKM., memimpin rapat Aksi 1 dan 2. Mahrani mengatakan berdasarkan hasil riset studi status gizi Indonesia Tahun 2022 mencatat prefensi stunting di kabupaten Labuhanbatu sekitar 23,9%. Sementara peningkatan kualitas manusia di Indonesia merupakan salah satu misi sebagaimana tertera pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024 dengan salah satu indikator dan target adalah preferensi stunting pendek dan sangat pendek dengan target penurunan yang signifikan dari kondisi 24,4% pada tahun 2021 menjadi 14% pada tahun 2024.

Baca Juga:  Sat Narkoba Polres Padang Sidempuan Tangkap Bandar Narkotika Jenis Ganja

Mahrani juga menyampaikan bahwa indikator preferensi standar juga merupakan indikator tujuan pembangunan berkesinambungan Sustainable Development Goals (SDGs) khususnya pada tujuan yang kedua yaitu menghilangkan kelaparan mencapai ketahanan pangan dan Gizi yang baik serta meningkatkan pertanian berkelanjutan.

Mahrani mengatakan bahwa aksi 1 dan 2 hari ini merupakan aksi pertama dan kedua tahun 2023 ini yang merupakan kegiatan dari 8 aksi konvergensi yang akan memperkuat efektivitas penurunan stunting mulai dari analisis situasi perencanaan, pelaksanaan program, penguatan, regulasi pembinaan kader pembangunan manusia (KPM), penguatan manajemen sampai review kinerja tahunan percepatan penurunan stunting di Kabupaten Labuhanbatu.

Baca Juga:  Oknum Ustadz di Medan Diduga Cabuli Bocah, Polisi Ambil Tindakan!!

“Dengan DPPKB bersama TPPS Kabupaten Labuhanbatu, mari bersama-sama kita untuk melaksanakan aminisi analisis situasi dan menyusun rencana kegiatan yang mendukung penurunan stunting di kabupaten Labuhanbatu”ajak Mahrani.

Acara dirangkai dengan penyampaian dan pemaparan materi yang disampaikan oleh Kepala Bappeda Hobbol Z Rangkuti, dan juga Kepala Dinas Kesehatan dalam hal ini diwakili oleh Kabid Kesmas Friska A Simanjuntak dilanjutkan dengan diskusi dengan para peserta.

(Julip Efendi)

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Kapolres Serdang Bedagai Pimpin Apel Ops Patuh Toba 2024

15 Juli 2024 - 17:32 WIB

Polres Taput Laksanakan Apel Gelar Operasi Patuh Toba 2024.

15 Juli 2024 - 14:26 WIB

Partai Nasdem Resmi Dukung Pasangan Firsa-Efri Di Pilkada Kabupaten Muratara

15 Juli 2024 - 12:51 WIB

Media Nasional NET24JAM.ID Laksanakan ULTAH Yang Ke4 Tahun.

15 Juli 2024 - 00:18 WIB

DPD Tipikor Labuhanbatu Ucapkan Selamat ke-4 Tahun untuk NET24JAM.ID

14 Juli 2024 - 13:11 WIB

Lapas Medan Gelar Razia Deteksi Dini, Musnahkan Ratusan HP

12 Juli 2024 - 16:52 WIB

Trending di Berita Terkini