Menu

Mode Gelap
Bayi Laki Laki Ditemukan Warga Tergeletak di Pinggir Jalan Polres Taput Lidik Orang Tua Anak Duarrr! Diduga Gudang Oplosan Elpiji Meledak 13 Orang Jadi Korban Kebakaran Kapolres Pelabuhan Belawan Pimpin Sertijab Kasat Narkoba Dan Kasat Lantas Plt. Bupati Hadiri Pelantikan Panwaslu Kecamatan se-Kabupaten Labuhanbatu Pimpinan Forkopimda Labuhanbatu Melepas Pawai Lilin Waisak 2568

Berita Terkini · 23 Jun 2022 17:21 WIB · waktu baca : ·

Jokowi Bakal ke Ukraina dan Rusia, Pasukan Ini Dipersiapkan


 Jokowi Bakal ke Ukraina dan Rusia, Pasukan Ini Dipersiapkan Perbesar

Pasukan Elit Indonesia 

Jakarta, NET24JAM – Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo (Jokowi) akan melakukan kunjungan ke Rusia dan Ukraina. Meskipun Kementerian Luar Negeri belum dapat memastikan waktu kunjungan tersebut, Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) telah melakukan persiapan.

Danpaspampres Mayjen Tri Budi Utomo mengatakan sejumlah anggota Paspampres yang disiapkan untuk mengawal Jokowi merupakan personel khusus dari tim penyelamatan (matan). Mereka hanya ditugaskan hanya untuk kegiatan tertentu.

“Kemudian dari personel kami juga sudah menyiapkan tim penyelamatan yang biasanya pada saat kegiatan tertentu kita tidak membawa, khusus ini kita membawa personel tersebut dengan menggunakan pakaian nantinya rencananya akan menggunakan PDL TNI,” ungkap Tri Budi kepada wartawan, Kamis (23/6/2022).

Baca Juga:  Antisipasi Bencana Alam dan Karhutla Polres Toba Gelar Apel Kesiapan

Tim penyelamatan khusus itu akan diisi 10 personel Paspampres. Kemudian grup utama pengawalan yang nantinya akan terus melekat dengan Jokowi berjumlah 19 personel. Selanjutnya, 10 personel lainnya akan berperan sebagai tim advance yang lebih dulu memonitor kondisi di Ukraina dan Rusia.

Tri Budi menyampaikan, setiap matan akan memiliki tugas masing-masing dalam pengamanan Jokowi.

“Untuk main group-nya kita sendiri tetap penyelamatan dengan meng-cover beliau secara langsung. Nanti kalau seandainya matan punya tugas masing-masing. Itu juga sudah kita siapkan, matan 10, main group-nya sendiri itu ada 19, kemudian advance-nya 10 nanti yang akan berada di sana, memang kita sudah bagi,” tutur dia.

Baca Juga:  Guna Cegah PMK Polres Tanjungbalai Laksanakan Vaksinasi Hewan

“Yang melekat ke beliau ada 19, ditambah yang matannya sendiri 10 disana, berarti 29, ditambah dengan 10 orang yang sudah standby di sana,” imbuh Tri Budi.

Lebih lanjut, dirinya menjelaskan bahwa para anggota Paspampres yang dikerahkan untuk mengawal Jokowi berasal dari berbagai matra, yakni dari Komando Pasukan Khusus (Kopassus), Detasemen Jalamangkara (Denjaka), dan Korps Pasukan Khas (Paskhas).

Selain itu, Tri Budi mengungkap keistimewaan pasukan pengawal Jokowi di Ukraina dan Rusia nanti. Setiap anggota Paspampres nantinya akan dibekali senjata laras panjang. Selain itu, mereka akan dilengkapi amunisi tanpa batas.

Ia menjelaskan, penggunaan senjata laras panjang untuk semua personel ini tidak biasanya dilakukan dalam lawatan ke luar negeri. Namun pemerintah Ukraina memberikan izin khusus untuk lawatan Jokowi ini.

Baca Juga:  Inilah Tampang 7 Pelaku Narkoba di Deli Serdang yang Ditangkap Polisi

“Untuk senjata yang biasanya kita tidak menggunakan senjata laras panjang. Dari pihak Ukraina juga sudah memberi kita keleluasaan untuk membawa senjata laras panjang sesuai dengan jumlah personel Paspampres kita, dengan amunisi yang tidak terbatas,” ungkap Tri Budi.

Dalam lawatan ini, Jokowi dan semua delegasi termasuk anggota Paspampres juga akan dilengkapi helm dan rompi selama berada di Ukraina.

“Perlengkapan pun kita sudah siapkan helm rompi yang kemungkinan kalau memang berkenan digunakan untuk kegiatan di sana kita juga sudah siapkan semuanya,” papar Tri Budi.

Published : Ridwan

Sumber     : detiknews 

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Bayi Laki Laki Ditemukan Warga Tergeletak di Pinggir Jalan Polres Taput Lidik Orang Tua Anak

25 Mei 2024 - 19:08 WIB

Duarrr! Diduga Gudang Oplosan Elpiji Meledak 13 Orang Jadi Korban Kebakaran

25 Mei 2024 - 19:00 WIB

Kapolres Pelabuhan Belawan Pimpin Sertijab Kasat Narkoba Dan Kasat Lantas

25 Mei 2024 - 18:40 WIB

Plt. Bupati Hadiri Pelantikan Panwaslu Kecamatan se-Kabupaten Labuhanbatu

25 Mei 2024 - 00:22 WIB

Pimpinan Forkopimda Labuhanbatu Melepas Pawai Lilin Waisak 2568

25 Mei 2024 - 00:08 WIB

Manager Operasional Klarifikasi Legalitas PT Koko Samudera

24 Mei 2024 - 23:56 WIB

Trending di Berita Terkini