Menu

Mode Gelap
Gegara Narkoba Dua Pria di Labuhanbatu Ditangkap Polisi Polres Taput Gelar Bakti Sosial Sambut HUT Bhayangkara ke 78 Tim PEOJF Klarifikasi Tuduhan Penarikan Mobil Secara Paksa Idul Adha 1445 H, KSOP Utama Belawan Qurban 9 Ekor Lembu Danlanud Yohanis Kapiyau Timika Kerahkan Personel Sukseskan MTQ

Artikel · 28 Mei 2022 20:19 WIB · waktu baca : ·

Jangan Mengubah Dunia! Ubah Sikapmu dan Jadilah Manusia Kreatif


 Jangan Mengubah Dunia! Ubah Sikapmu dan Jadilah Manusia Kreatif Perbesar

Apabila dunia ini berjalan sesuai hukumnya, maka anda jangan mencoba untuk mengubah tabiatnya. Sebab, hal itu bukanlah sesuatu hal yang mudah.

Seorang penulis dan filsuf asal Amerika Serikat, Henry David Thoreau pernah berkata,“Meskipun kehidupan anda sangat keras dan terjal, hiduplah bersamanya. Janganlah anda memakinya atau melaknatnya. Jangan berusaha untuk mendapatkan sesuatu yang baru. Sungguh, sesuatu tidak berubah. Akan tetapi, kita yang berubah”.

Jangan sekali-kali memaki dunia atau menyalahkan hukum alam yang sedang berlangsung di dalamnya. Akan tetapi, bersungguh-sungguhlah untuk menguasai diri sendiri.

Namun, jika anda berusaha untuk mengubah dunia dan berharap agar dunia bisa bergerak sesuai dengan apa yang anda inginkan, maka hal itu sangat sulit untuk terjadi.

Manusia di dalam kehidupan ini seperti perahu yang ada di atas ombak laut. Perahu tersebut akan terombang-ambing oleh ombak. Terkadang diatas, dibawah dan terkadang sejajar.

Baca Juga:  Polres Toba Sambut Kunjungan Bidkum Polda Sumut Tingkatkan Kemampuan Penyidik

Apakah perahunya saja yang terombang-ambing? Tentu saja yang terombang-ambing bukan perahunya saja, akan tetapi semua yang ada di dalam maupun sekitarnya. Perahu sama sekali tidak akan mampu melawan hukum yang ada di dunia ini. Sikap yang harus dilakukan adalah bersikap tenang, menjaga keseimbangan dan berusaha untuk selamat sampai pada tujuan.

Kita semua adalah pemimpin  serta nakhoda hidup kita. Angin topan tidak serta merta datang disebabkan perintah seseorang ataupun pergi untuk membahagiakan seseorang. Namun, kita yang menentukan tujuan dan memilih arah. 

Hal ini yang dibutuhkan adalah kebulatan tekad. Jika manusia sudah mampu menguasai diri sendiri dari terpaan angin dan ombak, maka berusahalah untuk mengarahkan perahu ke ranah yang lebih luas. Tentu saja ke pulau yang luas, indah dan nyaman. 

Akan tetapi, jika anda menentang dunia dengan berteriak agar dunia berjalan sesuai dengan apa yang anda kehendaki. Maka hal itu hanyalah akan menjadi mimpi dan sulit untuk terjadi. 

Baca Juga:  Kompol Yayang Cek e-Parkir di Wilkum Polsek Medan Baru

Jadilah Manusia Kreatif

Manusia yang berjiwa inovatif memiliki kemampuan untuk membebaskan diri dari perangkap tekanan kehidupan, meskipun banyak manusia yang terperosok di dalamnya.

Anda tidak harus mengubah dunia, yang harus diubah adalah sikap anda untuk menjadi manusia kreatif. Kita harus melihat cara atau sarana yang kita gunakan, lalu disesuaikan dengan keadaan yang ada. Harus ada koreksi diri dan melihat kembali apa telah kita lakukan. Apalagi jika ketidaknyamanan atau kerugian mengunjungi kita dalam waktu yang lama.

Merekonstruksi, berinovasi dan mengubah adalah sebagian dari hukum alam. Namun, hukum alam ini tidak diketahui, kecuali bagi orang-orang yang berakal.

Jika anda tidak melakukannya, maka anda akan bertemu dengan orang-orang yang kolot dan menolak perubahan. Keadaan di sekitar anda telah berubah, namun anda masih berpegang teguh dengan ide-ide, pola pikir dan cara yang lama, sedangkan orang-orang yang ada disekitar anda telah mendahului dan meninggalkan anda.

Baca Juga:  Ancam Masyarakat Pakai Sajam? Begini Akhir DPO Pelaku Curas di Medan

Apakah anda masih tetap di tempat tak bergerak, dan berpegang pada pola-pola tidak untuk perubahan yang lebih baik??

“Nilai-nilai dan beberapa aturan dasar tetap kukuh berakar. Semuanya tidak dapat berubah begitu mudah. Akan tetapi, cara dan sarana harus anda ubah jika tidak lagi selaras dengan keadaan dan tuntutan serta tidak ada perubahan yang signifikan”.

Hati-hatilah agar anda tidak jatuh kedalam perangkap rutinitas yang monoton. Jadilah orang yang selalu berada pada barisan pertama dalam inovasi dan mengukir prestasi. Ubahlah cara dan sikap anda tatkala anda merasa harus melakukannya.

Penulis       : Ridwan F.

Sumber      : Karim Asy-Syadzily 

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Polres Sergai Tindak Lokasi Diduga Tempat Perjudian di Kota Pari

21 Juni 2024 - 23:10 WIB

Gegara Narkoba Dua Pria di Labuhanbatu Ditangkap Polisi

21 Juni 2024 - 14:25 WIB

Polres Taput Gelar Bakti Sosial Sambut HUT Bhayangkara ke 78

21 Juni 2024 - 14:02 WIB

Tim PEOJF Klarifikasi Tuduhan Penarikan Mobil Secara Paksa

21 Juni 2024 - 11:15 WIB

Sambut Hari Bhayangkara Ke-78, Polres Pelabuhan Belawan Gelar Donor Darah

21 Juni 2024 - 11:04 WIB

Staf Sosial Kemenkumham RI Tinjau Rutan Kelas I Medan Saat Idul Adha 1445 H

21 Juni 2024 - 10:55 WIB

Trending di Berita Terkini