Menu

Mode Gelap
Qodari Sebut Golkar Partai Brutus? AMPI Sumut : 100 Persen Error! Polgan Medan MoU Kolaborasi Bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi Nekat Curi Handphone, Abdul Diringkus Polsek Medan Baru Pembelian BBM Jenis Pertalite Pakai Jerigen Di Duga Menjadi Ajang Pungli Di SPBU 14.211.212 Lapas Kelas 1 Medan Laksanakan Tes Urine Bagi WBP Yang Ikut Rehabilitasi

Berita Terkini · 6 Mei 2023 00:05 WIB · waktu baca : ·

Jadi LSP Berkelanjutan, TPL Kembali Dukung KTH Siborong-borong


 Jadi LSP Berkelanjutan, TPL Kembali Dukung KTH Siborong-borong Perbesar

Taput, NET24JAM – Untuk mendorong optimalisasi sektor pertanian, Toba Pulp Lestari (TPL) Sektor Habinsaran kembali meningkatkan kontribusi dengan serah terimakan dukungan Pupuk dan pelaksanaan Pelatihan Pemindahan Bibit Kopi dari area semai ke polibag kepada Kelompok Tani Hutan (KTH) Dosroha Onan Harbangan Nagasaribu, Dusun Nagasaribu, Desa Pohan Jae, Kecamatan Siborong-borong, Kabupaten Tapanuli Utara (Taput) Provinsi Sumatera Utara, pada Jumat (5/5/2023).

Program ini merupakan bentuk dukungan TPL terhadap dunia pertanian yang merupakan leading sector pembangunan (LSP) berkelanjutan.

Alexander Sitorus dan Thasya Sirait, Community Development (CD) Officer TPL menjelaskan, pemberian pupuk dan pemindahan bibit kopi ini merupakan bagian dari program pemberdayaan masyarakat pertanian secara terpadu dan berkelanjutan yang bekerjasama dengan perusahaan. 

Baca Juga:  Harga BBM Naik? Satpolairud Polres Karimun Salurkan Bansos Pada Nelayan

“Kegiatan ini juga bertujuan untuk mengedukasi masyarakat tentang metode baru penanaman kopi, yaitu dengan menanam di media pasir terlebih di dalam polibag dahulu agar perakarannya baik dan kemudian dipindahkan ke tanah”, terang Thasya.

Adapun tahapan-tahapan yang perlu dilakukan dalam pelatihan ini, dimulai dengan observasi terlebih dahulu untuk mengetahui kendala yang dihadapi masyarakat di lapangan. Kemudian berlanjut dengan proses penanaman kopi dan persiapan lahan, dimana proses ini juga diarahkan untuk menggunakan pupuk kompos. Dalam kesempatan ini, pelatihan pembuatan pupuk kompos pun diberikan kepada petani agar lebih ramah lingkungan.

Baca Juga:  Seru!! Bupati Labuhanbatu Naik Betor ke Musrenbang Provsu 2023

“Tahap awal program ini telah dilakukan pendampingan bagi petani binaan TPL, mulai dari tata cara pengolahan lahan hingga pemupukan dan penanaman bibit dengan baik. Perawatan dan budidaya yang kita ajarkan akan selalu ada pendampingan dan monitoring bagi para petani, dimana hal ini dilakukan agar menghasilkan biji kopi yang berkualitas. Kedepannya dukungan dapat berlanjut ke metode pelatihan untuk penanaman tanaman pelindung kopi, yaitu pohon Lamtoro,” jelas Thasya lagi.

Ketua KTH Dosroha Onan Harbangan Nagasaribu, Dapot Simanjuntak menyampaikan terima kasih atas dukungan TPL yang telah memberikan dukungan dan pendampingan kelompok tani mereka untuk membangun sektor pertanian di dusun Nagasaribu, sebagai bentuk kerjasama serta pembinaan perusahaan bagi anggota kelompok tani.

Baca Juga:  Konsolidasi Nasional Bawaslu : Ini Empat Arahan Presiden Jokowi

“KTH ini telah mulai menggarap lahan untuk penanaman bibit kopi sesuai pelatihan yang sebelumnya dibekali. Kami sangat mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih atas pendampingan yang diberikan oleh perusahaan sebagai mitra pemberdayaan sektor pertanian masyarakat. Sehingga konsep pertanian presisi bisa mulai kami terapkan dengan baik. Kami harap dengan kesinambungan pembinaan TPL, para petani semakin berdaya dengan hasil yang maksimal,” ujar Dapot.

(Fesny Anwar Manalu)

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Qodari Sebut Golkar Partai Brutus? AMPI Sumut : 100 Persen Error!

22 Mei 2024 - 14:38 WIB

Polgan Medan MoU Kolaborasi Bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi

22 Mei 2024 - 00:25 WIB

Nekat Curi Handphone, Abdul Diringkus Polsek Medan Baru

21 Mei 2024 - 23:09 WIB

Pembelian BBM Jenis Pertalite Pakai Jerigen Di Duga Menjadi Ajang Pungli Di SPBU 14.211.212

21 Mei 2024 - 10:19 WIB

Lapas Kelas 1 Medan Laksanakan Tes Urine Bagi WBP Yang Ikut Rehabilitasi

21 Mei 2024 - 10:10 WIB

Respon Cepat Polisi Tangkap Pelaku Begal di Desa Manunggal

21 Mei 2024 - 01:25 WIB

Trending di Berita Terkini