Menu

Mode Gelap
Lapas Kelas 1 Medan Laksanakan Tes Urine Bagi WBP Yang Ikut Rehabilitasi Respon Cepat Polisi Tangkap Pelaku Begal di Desa Manunggal Jajaran Lapas Narkotika Kelas IIA Pematangsiantar Peringati HKN Ada Kejanggalan Penetapan Tersangka di Polda Sumut Loloskan PPK Titipan Integritas KPU Simalungun Menjadi Sorotan Dan Dinilai Nodai Demokrasi

Berita Terkini · 23 Nov 2023 21:29 WIB · waktu baca : ·

Ini Pesan Bupati Labuhanbatu Saat Hadiri Seminar Nasional Moderasi Beragama


 Ini Pesan Bupati Labuhanbatu Saat Hadiri Seminar Nasional Moderasi Beragama Perbesar

NET24JAM.ID II Labuhanbatu – Bupati Labuhanbatu dr. H. Erik Adtrada Ritonga MKM mengajak semua pihak, yang hadir di acara seminar nasional untuk saling menjaga kerukunan antar umat beragama di NKRI terkhusus di Kabupaten Labuhanbatu.

“Karena yang hadir disini adalah tokoh-tokoh agama, para ulama, ketua-ketua organisasi dan adik-adik mahasiswa, mari kita jaga kerukunan beragama dari isu-isu pemecah belah kerukunan beragama di Kabupaten Labuhanbatu,” pesan Bupati Labuhanbatu saat menghadiri Seminar Nasional yang digelar Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), Rabu (22/11/2023) di rumah dinas Bupati.

Menurutnya, di Labuhanbatu belum pernah terdengar yang namanya radikalisme dan belum pernah juga terdengar perpecahan antar umat beragama.

Baca Juga:  Webinar Senin Seru Tindak Lanjut Transisi Dari Paud ke SD Di Labuhanbatu

“Artinya, sudah 78 tahun kemerdekaan Republik Indonesia, Labuhanbatu ini masih aman, masih adem tidak ada perpecahan. Untuk itu mari kita saling menghargai agama masing-masing,” Erik menuturkan.

Disitu, Bupati juga menyampaikan kepada semua yang hadir untuk mendengarkan apa yang disampaikan nantinya oleh narasumber, bagaimana moderasi beragama dalam bingkai NKRI di bumi Ika Bina En Pabolo. 

“Semoga apa yang disampaikan oleh narasumber, nanti kita bisa pahami, bisa kita ajarkan dan juga bisa kita tangkis apabila nantinya ada mungkin paham dari luar masuk di Kabupaten Labuhanbatu,” ujarnya.

“Kita berharap di Labuhanbatu ini tetap teguh dan satu pendirian bahwasannya Kabupaten Labuhanbatu ini adalah negara NKRI yang tak ingin dipecahkan oleh isu – isu agama,” tutup Bupati. 

Baca Juga:  Inilah Maling Bernasib Naas Saat Beraksi di Tebing Tinggi

Sebelumnya Ketua FKUB Dr.H. Galih Orlando S.Pd.l.,SH., M.Kn menyampaikan bahwa acara seminar Nasional  “Moderasi Beragama Dalam Bingkai NKRI di Bumi Ika Bina En Pabolo”, dilaksanakan sebagai komitmen FKUB sesuai amanah, dimana amanah tersebut dijelaskan dalam peraturan SKB 2 Menteri. Pertama menjaga kerukunan antar umat beragama kemudian menjaga kerukunan intern umat beragama dan kemudian menjaga kerukunan beragama dengan pemerintah.

“Kami pun langsung menghadirkan atau mengundang guru besar Universitas lslam Indonesia Prof. Dr. H. Hasan Bakti Nasution, MA dan Kapolres Labuhanbatu AKBP James H. Hutajulu, SIK.,SH.,MH.,MIK,” ucapnya.

Galih juga mengucapkan terima kasih kepada Bupati Labuhanbatu yang sudah sangat mendukung segala kegiatan yang dilakukan FKUB untuk kerukunan umat beragama di Kabupaten Labuhanbatu.

Baca Juga:  Polsek Sumberejo Identifikasi Korban dan TKP Anak Tenggelam

Di kesempatan itu, Galih juga memberikan plakat kepada Bupati Labuhanbatu dr. H. Erik Adtrada Ritonga, MKM dan Wakil Bupati Labuhanbatu Hj. Ellya Rosa Siregar, S.Pd., MM. 

“Tanda terima kasih kami kepada Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu yang begitu peduli dengan kerukunan umat beragama di Labuhanbatu,” tuturnya.

Acara dilanjutkan dengan mendengarkan materi kerukunan umat beragama oleh narasumber Guru Besar UlN Sumatera Utara Prof. Dr. H. Hasan Bakti Nasution, MA dan Kapolres Labuhanbatu AKBP James H. Hutajulu, SIK.,SH.,MH.,MIK.

(Julip Ependi)

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Lapas Kelas 1 Medan Laksanakan Tes Urine Bagi WBP Yang Ikut Rehabilitasi

21 Mei 2024 - 10:10 WIB

Respon Cepat Polisi Tangkap Pelaku Begal di Desa Manunggal

21 Mei 2024 - 01:25 WIB

Jajaran Lapas Narkotika Kelas IIA Pematangsiantar Peringati HKN

20 Mei 2024 - 20:51 WIB

Ada Kejanggalan Penetapan Tersangka di Polda Sumut

20 Mei 2024 - 20:05 WIB

Loloskan PPK Titipan Integritas KPU Simalungun Menjadi Sorotan Dan Dinilai Nodai Demokrasi

20 Mei 2024 - 09:34 WIB

Jalan Karya Bakti Tak Kunjung Di Perbaiki Warga Kesalkan Pemko Medan

20 Mei 2024 - 08:44 WIB

Trending di Berita Terkini