Menu

Mode Gelap
Qodari Sebut Golkar Partai Brutus? AMPI Sumut : 100 Persen Error! Polgan Medan MoU Kolaborasi Bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi Nekat Curi Handphone, Abdul Diringkus Polsek Medan Baru Pembelian BBM Jenis Pertalite Pakai Jerigen Di Duga Menjadi Ajang Pungli Di SPBU 14.211.212 Lapas Kelas 1 Medan Laksanakan Tes Urine Bagi WBP Yang Ikut Rehabilitasi

Berita Terkini · 16 Nov 2022 00:15 WIB · waktu baca : ·

In House Training : Angkasa Pura Aviasi Tingkatkan Kualitas Personil AVSEC


 In House Training : Angkasa Pura Aviasi Tingkatkan Kualitas Personil AVSEC Perbesar

Director of Human Capital PT. Angkasa Pura Aviasi, Haris bersama peserta kegiatan In House Training. 

Deli Serdang, NET24JAM – Bandar Udara (Bandara) Internasional Kualanamu atau juga dikenal dengan Kualanamu International Airport (KIA) salah satu bandara di Indonesia yang berada di Provinsi Sumatera Utara (Sumut).

Kualanamu International Airport adalah salah satu objek vital nasional dalam bidang transportasi, tentunya mempengaruhi hajat hidup orang banyak setiap harinya.

Bagi pengguna jasa kebandarudaraan tentunya akrab dengan petugas berseragam lengkap yang sering disebut sebagai AVSEC (Aviation Security).

Sebagai terdepan dalam pelayanan di bandara, Aviation Security (AVSEC) mempunyai peran yang besar dalam memberikan kenyamanan dan menjaga keselamatan bagi penumpang serta pengguna jasa bandara.

Baca Juga:  Gudang BBM Ilegal Digerebek, Oknum Polisi Maki Wartawan Saat Liputan

Untuk menjadi seorang AVSEC, seseorang harus mempunyai sertifikat atau lisensi terlebih dahulu, karena masalah pekerjaan yang dihadapi bukan hanya bersifat teknikal, tetapi juga masalah-masalah tentang pelayanan prima kepada penumpang maupun pengguna jasa, maka dari itu petugas AVSEC dibekali juga dengan pendidikan yang bersifat pelayanan. 

Maka dari itu, penting bagi personel Aviation Security (AVSEC) PT. Angkasa Pura Aviasi menjalani training mengenai update peraturan keamanan penerbangan, service excellence dan mindset service, delivery mindset , grooming and insight service, guna meningkatkan pelayanan kepada para penumpang maupun pengguna jasa di Bandara Internasional Kualanamu.

“PT. Angkasa Pura Aviasi Bandara Internasional Kualanamu memiliki 435 personil AVSEC yang bertugas di 2 unit yakni unit Aviation Security dan Unit Public Security. Ruang lingkup pekerjaannya meliputi penerapan pemeriksaan penumpang, awak pesawat dan bagasi. penerapan pengawasan  kargo, akses sisi udara, daerah terbatas, daerah keamanan terbatas dan daerah publik,” jelas Haris selaku Director of Human Capital PT. Angkasa Pura Aviasi, melalui pers rilisnya yang diterima redaksi, Selasa (15/11/2022).

Baca Juga:  Gelar Silaturahmi dengan Jurnalis, DPC KWI Apresiasi Kapolres Tanggamus

Menurutnya, peran AVSEC sebagai frontliner di industri Bandar Udara memiliki tugas yang sangat vital. Selain sebagai pengamanan penerbangan yang bertugas memastikan keamanan dan keselamatan penerbangan, juga sekaligus sebagai frontliner perusahaan yang mencerminkan image perusahaan dimata pelanggan.

Baca Juga:  UUD 1945 Adalah Konstitusi Bernilai Normatif Bukan Nominal

“Maka dari itu kami mengadakan inhouse training yang berjudul Service Excellence Improvement for Airport Security yang berlangsung dari tanggal 15 hingga 18 November 2022 di Gedung Serbaguna Auditorium Danau Toba,” sebut Haris dalam pers rilisnya. 

Oleh karena itu, lanjut Haris, tujuan dari pelatihan tersebut bukan hanya sekedar memberikan knowledge mengenai service excellent, ataupun sekedar meningkatkan skill men-deliver service dengan baik.

“Tapi jauh lebih penting dari itu adalah bagaimana mengaplikasikan knowledge dan skill yang sudah dipelajari dalam pelaksanaan tugas sehari-hari yang dapat mendukung keberlangsungan operasional Bandara,” tandasnya. 

Penulis  : Ridwan

Sumber : Dedi Al Subur (Head Of Corporate Secretary & Legal Angkasa Pura Aviasi).

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Qodari Sebut Golkar Partai Brutus? AMPI Sumut : 100 Persen Error!

22 Mei 2024 - 14:38 WIB

Polgan Medan MoU Kolaborasi Bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi

22 Mei 2024 - 00:25 WIB

Nekat Curi Handphone, Abdul Diringkus Polsek Medan Baru

21 Mei 2024 - 23:09 WIB

Pembelian BBM Jenis Pertalite Pakai Jerigen Di Duga Menjadi Ajang Pungli Di SPBU 14.211.212

21 Mei 2024 - 10:19 WIB

Lapas Kelas 1 Medan Laksanakan Tes Urine Bagi WBP Yang Ikut Rehabilitasi

21 Mei 2024 - 10:10 WIB

Respon Cepat Polisi Tangkap Pelaku Begal di Desa Manunggal

21 Mei 2024 - 01:25 WIB

Trending di Berita Terkini