Menu

Mode Gelap
Polri Mengabdi Untuk Pelayanan Terbaik Ribuan Masyarakat Taput Antusias Ikuti Senam Massal Bersama JTP Saat Memasak Teh Disawah Pria Ini Tewas Tertimpa Longsor Polres Labuhanbatu Tangkap Pencuri Pupuk Dari Gudang PT. Smart Tim Gabungan SFQR Lanal Balikpapan Gagalkan Penyelundupan Kosmetik Ilegal

Berita Terkini · 23 Feb 2023 20:36 WIB · waktu baca : ·

Imigrasi Sibolga Sambut Hangat Studi Tiru Kantor Imigrasi Tanjung Perak


 Imigrasi Sibolga Sambut Hangat Studi Tiru Kantor Imigrasi Tanjung Perak Perbesar

Sibolga, NET24JAM – Kegiatan pendeportasian 7 WN Prancis yang overstay beserta alat angkutnya yang dilaksanakan oleh Kantor Imigrasi Sibolga menjadi perhatian. Ke 7 WNA tersebut terdiri dari 4 wanita dan 3 pria. 

Hal ini dibuktikan dengan hadirnya Kepala Kantor Imigrasi Tanjung Perak Surabaya beserta tim di Kantor Imigrasi Sibolga untuk melihat langsung dan melakukan studi tiru perihal pendeportasian tersebut, Kamis (23/2/2023).

Seperti diketahui Imigrasi Sibolga berhasil melaksanakan kegiatan deportasi 7 orang Warga Negara Prancis yang overstay bersama-sama dengan anggota Tim Pengawasan Orang Asing (Timpora) Kota Sibolga dan Kabupaten Tapanuli Tengah lewat operasi gabungan di Pelabuhan Pelindo pada 11 Februari 2023 yang lalu dan dipimpin langsung Kepala Kantor Imigrasi Sibolga Saroha Manullang.

Hal ini menarik perhatian Kantor Imigrasi Tanjung Perak Surabaya sehingga memutuskan untuk melakukan studi tiru terkait Pengawasan Keberangkatan terhadap Awak Kapal dan/atau Penumpang (Kapal Yacht) yang overstay di Indonesia.

Baca Juga:  Berikan Pemahaman Berlalulintas Polsek Laguboti Dan Satlantas Polres Toba Gelar Sosialisasi Kamseltibcarlantas

“Kegiatan pendeportasian yang dilakukan Kantor Imigrasi Sibolga dengan cara mendeportasi WNA menggunakan alat angkutnya merupakan kasus yang menarik untuk dipelajari” Ujar Verico Sandi Kepala Kantor Imigrasi Tanjung Perak Surabaya.

Kepala Bagian Penindakan Keimigrasian Kantor Imigrasi Sibolga, Amirul Umam, dalam kegiatan studi tiru tersebut memaparkan kronologi, tahapan dan SOP dari pendeportasian ketujuh WNA tersebut. 

“Pengamanan mereka bermula dari laporan kepada petugas kita di UKK Gunungsitoli,” ujar Amirul. 

Kegiatan ini pun terlaksana dengan baik berkat kolaborasi yang harmonis dan humanis yang selama ini terjalin dengan baik seperti yang selalu ditekankan oleh Kepala Kantor terhadap seluruh jajaran di 12 Kota Kabupaten yang menjadi wilayah kerja Imigrasi Sibolga.

Baca Juga:  Sekda Labuhanbatu Buka Rapat Persiapan Panitia Natal Oikumene

“Pendeportasian WNA Prancis dengan menggunakan alat angkutnya yakni Kapal Yacht merupakan yang pertama dilakukan oleh Imigrasi Sibolga semenjak kantor ini berdiri dan mungkin juga di Wilayah Indonesia” tambahnya.

Dalam kegiatan tersebut pihak Kantor Imigrasi Tanjung Perak yang diwakili oleh Kepala Kantor Verico Sandi,  Kepala Seksi Lantaskim Deny Haryadi beserta beberapa orang pegawai. 

Kepala Seksi Lantaskim Kantor Imigrasi Tanjung Perak Deny Haryadi pada kegiatan studi tiru tersebut mengapresiasi kegiatan pendeportasian yang dilakukan oleh Kantor Imigrasi Sibolga. “Kegiatan ini tentunya merupakan suatu tantangan bagi Imigrasi Sibolga dikarenakan harus melakukan deportasi kepada WNA yang menaiki alat angkut tetapi memiliki izin tinggal yang overstay” ujarnya“.

Tentunya kami ingin belajar kepada Imigrasi Sibolga terkait bagaimana penanganan terhadap kejadian seperti itu agar kami memiliki bekal apabila kejadian yang sama terjadi di tempat kami” tambahnya.

Baca Juga:  Ada Apa? Camat Rantau Utara Bagi Card Lebaran Pada Pengusaha

Diakhir kegiatan, Kantor Imigrasi Tanjung Perak yang diwakili oleh Kasi Lantaskim, Deny Haryadi, menyerahkan cinderamata kepada Kasi Lalintalkim Imigrasi Sibolga, Henrikus Mustiko Jati, sebagai perwakilan Imigrasi Sibolga sebagai tanda ucapan terima kasih atas penerimaan studi tiru Kantor Imigrasi Tanjung Perak.

Kegiatan ini berlangsung dalam situasi yang hangat serta berjalan dengan lancar. Turut serta dalam kegiatan pendampingan  studi tiru tersebut adalah para Petugas yang langsung terlibat dalam pendeportasian beberapa waktu yang lalu diantaranya Kasubag TU Bisuk Silaban, Kasi Lalintalkim Henrikus Mustiko Jati, Kasi Tikim Ryanto Napitupulu, Kepala Kepegawaian Widya CF Togatorop beserta pejabat struktural dan pegawai di lingkungan Imigrasi Sibolga.

(Rasyid)

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Polisi Tangkap Pelaku Curanmor di Sergai

17 Juni 2024 - 20:24 WIB

Polri Mengabdi Untuk Pelayanan Terbaik

17 Juni 2024 - 17:53 WIB

Ribuan Masyarakat Taput Antusias Ikuti Senam Massal Bersama JTP

17 Juni 2024 - 14:37 WIB

Kapolres Sergai Tutup Tempat Perjudian di Desa Kota Pari

16 Juni 2024 - 11:47 WIB

Saat Memasak Teh Disawah Pria Ini Tewas Tertimpa Longsor

15 Juni 2024 - 16:30 WIB

Polres Labuhanbatu Tangkap Pencuri Pupuk Dari Gudang PT. Smart

15 Juni 2024 - 16:19 WIB

Trending di News